Ppt. panca indra

20,962 views

Published on

Materi Panca indra

Published in: Education
3 Comments
9 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
20,962
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
13
Actions
Shares
0
Downloads
1,145
Comments
3
Likes
9
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt. panca indra

  1. 1. Sistem Panca Indra Oleh : Agus leo firdaus
  2. 2. Jenis jenis Panca Indra• Mata• Hidung• Telinga• Kulit• Lidah
  3. 3. Mata
  4. 4. Bola mata dibagi menjadi 3 lapisan dari luar ke dalam• Tunica fibrosa,• Tunica vasculosa,• dan Tunica nervosa.
  5. 5. Alat-alat tambahan mata• Alis• Kelopak Mata• Bulu Mata• Apparatus lacrimalis
  6. 6. Apparatus lacrimalis
  7. 7. LidahLidah terdiri atas dua kelompok otot yaitu ototintrinsik yang berfungsi untuk melakukan semuagerakan lidah dan otot ekstrinsik. Otot ekstrinsik inimengaitkan lidah pada bagian-bagian sekitarnyaserta melakukan gerakan-gerakan kasar yang sangatmenekannya pada langit-langit dan gigi, kemudianmendorongnya masuk ke faring.
  8. 8. • Kuncup pengecap untuk masing-masing indra tersebut terletak di daerah yang berbeda- beda pada lidah kita. Untuk citarasa manis berada di bagian ujung lidah, juga untuk rasa asin. Kuncup pengecap untuk rasa masam ada di sisi lidah.
  9. 9. • Sedangkan kuncup pengecap untuk citarasa pahit berada di bagian belakang lidah. Inilah sebabnya apabila kamu makan makanan yang mempunyai rasa manis dan pahit sekaligus, maka yang terasa lebih awal adalah rasa manis barulah kemudian rasa pahit
  10. 10. TelingaTelinga manusia terdiri atas tiga bagian, yaitutelinga luar, telinga tengah dan telinga bagiandalam.a. Telinga luar (outer ear) Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga. Rangka daun telinga ini terdiri dari tulang rawan elastis yang berfungsi untuk mengumpulkan getaran suara menuju saluran telinga luar.
  11. 11. b. Telinga tengah (middle ear)Telinga bagian tengah ini dibatasi dan dimulaidari membran timpani (gendang telinga) yangdidalamnya terdapat rongga kecil berisi udarayang terdiri atas tulang-tulang pendengaranyang terdiri atas maleus (martil), inkus(landasan) dan stapes (sanggurdi).
  12. 12. c. Telinga dalam (inner ear) Bagian dalam telinga ini terdapat organpendengaran yang terdiri atas koklea (rumahsiput) dan organ keseimbangan yang terdiri ataskanalis semi sirkularis, sakulus dan ultrikulus
  13. 13. Lapisan kulit manusia terdiri atas beberapa lapisan, yaitu :1. Epidermis (Kutikula)Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit2. DermisLapisan dermis terdiri atas beberapa bagian, yaitua)Akar Rambutb)Pembuluh Darahc)Kelenjar Minyak (glandula sebasea)d)Kelenjar Keringat (glandula sudorifera) dane)Serabut Saraf
  14. 14. Hidung Rongga hidung mempunyai tiga lapisan yangdipisahkan oleh tulang. Rongga atas berisi ujung-ujungcabang saraf cranial, yaitu saraf olfaktori (saraf pembau).Hidung terlindung dari lapisan tulang rawan dan bagianrongga dalam mengandung sel-sel epitel yang berfungsiuntuk menerima rangsang kimia.Bagian tersebut dilengkapi lendir dan rambut-rambutpembau
  15. 15. Bulu hidung di dalam kaviti hidung menapis debu danmikroorganisma dari udara yang masuk dan lapisanmukus yang memerangkapnya. Bekalan darah yangbanyak ke membran mukus membantu mengawaludara yang masuk menjadi hampir sama dengan suhubadan di samping melembabkannya. Selain itu hidungjuga berfungsi sebagai organ untuk membau keranareseptor bau terletak di mukosa bahagian atas hidung.Hidung juga membantu menghasilkan dengungan(fonasi).
  16. 16. Apabila dibagi ke dalam kelompok alat indera, makadapat kita bagi ke dalam tiga grup kelompok, yakni :1. Kemoreseptor Kemoreseptor adalah alat indera yang merespon terhadap rangsangan zat kimia yaitu indra pembau (idung) dan indra pengecap (lidah).2. MekanoreseptorMekanoreseptor adalah alat indera yang meresponterhadap rangsangan gaya berat, tegangan suaradan tekanan yakni indra peraba (kulit) dan indrapendengaran (kuping).
  17. 17. 3. Photoreseptor / FotoreseptorPhotoreseptor adalah alat indera yangmerespon terhadap rangsangan cahaya sepertiindra penglihatan atau mata.
  18. 18. Alat indra kita merupakan aset terpentingtubuh kita oleh sebab itu jagalah kesehatan alatindera kita agar tetap sehat dan berfungsidengan baik Oke?
  19. 19. Makasiii..

×