Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2017

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2017

  • Be the first to comment

Pelajaran sekolah sabat ke 8 triwulan 1 2017

  1. 1. Pelajaran 8 untuk 25 Fenruari 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 1 Korintus 12:4-6 “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.”
  2. 2.  Karunia-karunia Roh dan kasih.  Sang Pemberi Karunia-karunia Roh.  Tujuan Karunia-karunia Roh.  Karunia-karunia pada masanya  Karunia-karunia yang mula-mula.  Karunia-karunia pada zaman ini.  Karunia untuk membedakan bermacam-macam Roh. Karunia-karunia Roh berbeda dengan buah-buah roh. Karunia-karunia Roh adalah kemampuan khusus yang dikaruniakan secara supranatural oleh ROH KUDUS kepada seseorang sehingga ia dapat melayani dalam cara yang istimewa. Setiap umat percaya harus menghasilkan buah Roh, namun tidak setiap orang memiliki karunia-karunia Roh yang sama. ROH KUDUS-lah Yang menentukan karunia apa yang harus diberikan kepada masing-masing orang.
  3. 3. KARUNIA-KARUNIA ROH & KASIH “Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi. Sekalipun aku dapat berkata- kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.” (1 Korintus 12:31-13:1) Rasul Paulus mengajarkan bahwa penggunaan karunia-karunia Roh dengan kasih adalah 2 hal yang tak dapat dipisahkan. Rasul Paulus menghubungkan “KARUNIA-KARUNIA ROH” dengan “KASIH” setiap kali ia menuliskannya: “Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, … di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal …” (Efesus 4:11, 15). “Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan […] Hendaklah kasih itu jangan pura-pura” (Roma 12:6, 9). Ketika Paulus menulis ayat-ayat tersebut, ia tidak mencantumkan pasal dan ayat berapakah itu (Pembagian pasal dan ayat dibuat oleh para ahli alkitab berabad-abad kemudian). Aslinya, pasal 12 dan 13 kitab 1 Korintus ini adalah tidak terpisah.
  4. 4. SANG PEMBERI KARUNIA-KARUNIA ROHANI “Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.’” (Efesus 4:7-8) Ketika YESUS naik ke surga, Ia mengirim ROH KUDUS dan Ia memberikan karunia-karunia Rohani kepada manusia. ROH KUDUS-lah Yang berwewenang untuk membagikan karunia- karunia Roh tersebut sesuai dengan kehendak- Nya. Oleh karena itulah, Karunia-karunia Rohani tersebut diberikan melalui cara yang supranatural. Kita juga harus dapat membedakan mana yang merupakan karunia Rohani dan mana yang merupakan bakat/talenta alami kita. Bakat/talenta alami kita dapat menjadi Karunia Rohani ketika ia digunakan demi kepentingan pelayanan bagi TUHAN dan gereja-Nya.
  5. 5. TUJUAN KARUNIA ROHANI Apakah tujuan Karunia-karunia Rohani itu diberikan? “untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan” (Efesus 4:12). “bagi pembangunan tubuh Kristus” (Efesus 4:12). Untuk pelayanan bagi Jemaat, “Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala- gembala dan pengajar-pengajar…”(Efesus 4:11). “sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” (1 Peter 4:10). “untuk membangun Jemaat” (1 Korintus 14:12). “supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus” (1 Petrus 4:11). Karunia-karunia Rohani tersebut memampukan umat percaya melayani sesamanya yang membutuhkan; membangun gereja dan memajukan pekerjaan kerajaan ALLAH di muka bumi ini. “Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.” (1 Korintus 12:7)
  6. 6. KARUNIA ROHANI YANG MULA-MULA Daftar Karunia-karunia Rohani yang diberikan ALLAH kepada Jemaat yang mula-mula dapat kita ketahui melalui: 1 Korintus 12:7-11, 27-31; Roma 12:3-8; Efesus 4:11-12. 1. Berkata-kata dengan hikmat. 2. Berkata-kata dengan pengetahuan. 3. Iman. 4. Menyembuhkan yang sakit. 5. Mengadakan mujizat. 6. Bernubuat. 7. Membedakan bermacam-macam roh. 8. Berkata-kata dengan bahasa roh. 9. Menafsirkan bahasa roh. 10.Para rasul. “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.” (1 Korintus 12:4) 11.Para nabi. 12.Para pengajar. 13.Memimpin. 14.Melayani . 15.menasehati. 16.Menunjukkan kemurahan. 17.Mengampuni. 18.Para penginjil. 19.Para pendeta.
  7. 7. KARUNIA-KARUNIA PADA ZAMAN INI Semua karunia masih sangat penting bagi kemajuan pekerjaan TUHAN di zaman ini. Akan datang waktu bilamana semua karunia itu akan berhenti. Waktu itu adalah “jika yang sempurna tiba” (1Kor. 13:10); yaitu ketika YESUS datang untuk kali yang ke-2. Hingga saat itu tiba, gereja harus terus bergerak maju, anggota-anggota jemaat harus bersatu dan bertumbuh bersama dalam Kristus. Pekerjaan ALLAH harus terus dijalankan, baik di dalam maupun di luar lingkup gereja. “Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.” (1 Korintus 13:8) Kita harus diperlengkapi dengan Karunia-karunia Rohani agar dapat mempersiapkan dunia untuk kedatangan YESUS kali ke-2.
  8. 8. E.G.W. (This Day with God, January 18)
  9. 9. KARUNIA UNTUK MEMBEDAKAN BERMACAM ROH “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.” (1 Yohanes 4:1) Tidak semua manifestasi karunia Roh berasal dari ROH KUDUS. Setan dapat memalsukan karunia tersebut untuk menipu banyak orang. (Wahyu 13:14). Untuk memelihara gereja dalam kebenaran dan persatuan serta untuk melindungi anggota-anggotanya dari mengikuti nabi-nabi palsu dan diperdaya oleh tanda-tanda dan mujizat palsu, ALLAH memberikan: “KARUNIA UNTUK MEMBEDAKAN BERMACAM-MACAM ROH” kepada gereja-Nya. Karunia tersebut menyediakan suatu kamampuan untuk membedakan antara karunia Roh yang benar dengan yang palsu. Namunpun demikian, setiap umat percaya dapat menggunakan Firman ALLAH untuk membedakan doktrin yang benar dari yang palsu.
  10. 10. E.G.W. (The Upward Look, December 31)

×