Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tabligh

2,922 views

Published on

PPT Tabligh materi pembelajaran Agama Islam kelas XI SMA

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

Tabligh

  1. 1. Tabligh Nama Kelompok : 1. Aisyah Nabila R. (XI A4/ 03) 2. M. Nafi’ul Khoir (XI A4/ 16) 3. Naufal Abdillah (XI A4/ 21) 4. Maylina Ayu L. (XI A4/ 17) 5. Nola Dwi O. (XI A4/ 22) ‫التبليغ‬
  2. 2. Pengertian ‫التبليغ‬ Secara bahasa, Tabligh berasal dari kata balagha, yuballighu, tablighan, yang berarti menyampaikan. Sedangkan menurut istilah tabligh adalah menyampaikan ajaran-ajaran Islam yang diterima dari Allah, SWT kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup supaya memperoleh kebahagian didunia dan ahirat.
  3. 3. Pelaksanaan ‫التبليغ‬ • Waktunya bebas dan semua orang dapat melakukannya • Dapat dilakukan secara kreatif dan inovatif, disesuaikan dengan zaman. • Yang menyampaikannya jika laki-laki disebut Mubaligh, dan Mubalighah jika perempuan. • Tidak ada tata cara rukun tertentu dalam pelaksanannya.
  4. 4. Sumber Ilmu ‫التبليغ‬ Sumber ilmu tabligh adalah Al-Quran, As-sunah, dan sejarah hidup para sahabat, pendapat para fuqoa dan pengalaman para muballigh. Al-quran disebut sumber ilmu Tabligh karena al-quran menjelaskan mengenai apa, bagaimana, dan untuk apa tabligh. Al-quran sebagai sumber ilmu pertama dan As-sunah sebagi sumber kedua. Sedangkan sejarah hidup para sahabat,fukoha, dan pengalaman para mubaligh merupakan sumber ketiga setelah Al-quran dan As-sunah.
  5. 5. Hukum Tabligh menurut Al-Qur’an Hukum tabligh menurut Al-quran adalah wajib, sebagaimana surat Al Maidah:67 “Wahai Rasul, sampaikan apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan jika kamu tidak melakukan berarti kamu tidak menyampaikan risalah-Nya. Allah menjagamu dari bahaya manusia, sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”
  6. 6. ‫وا‬ُ‫غ‬ِّ‫ل‬َ‫ب‬ْ‫و‬َ‫ل‬ َ‫و‬ ‫ى‬ِّ‫ن‬َ‫ع‬َ‫ي‬‫آ‬‫ة‬ “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)
  7. 7. Syarat Muballigh/ Muballighah • Islam • Balligh • Berakal • Mendalami ajaran Islam
  8. 8. Pentingnya Tabligh Tugas tabligh tidak hanya tugas bagi alim ulama saja, namun setiap orang yang mengetahui kemungkaran yang terjadi di hadapannya, ia wajib mencegahnya atau menghentikannya, baik dengan tangannya (kekuasaanya), mulutnya (nasihat), atau dengan hatinya (bahwa ia tidak ikut dalam kemungkaran tersebut). Bagi yang mengerti suatu permasalahan agama, ia mesti menyampaikannya kepada orang lain, siapapun mereka.
  9. 9. Sebagaimana hadis Rasulullah saw. Yang mengandung arti : Dari Abi Said al-Khudri ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: barang siapa yang melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka ubahlah dengan lisannya. Apabila tidak mampu maka dengan hatinya (tidak mengikuti kemungkaran tersebut), dan itu selemah- lemahnya iman. (HR. Muslim)
  10. 10. Tujuan ‫التبليغ‬ Salah satu tujuan tabligh adalah untuk mengubah pandangan hidup. Dalam Al-Qur’an Allah swt telah mengisyaratkan bahwa tujuan tabligh adalah untuk menyadarkan manusia terhadap arti hidup yang sebenarnya. Hidup bukan hanya untuk makan, minum atau tidur, melainkan manusia dituntut untuk mampu memaknai kehidupannya dalam pengertian yang positif. Selain untuk menyadarkan manusia akan arti hidupnya, tabligh juga bertujuan untuk mengeluarkan manusia dan kegelapan menuju cahaya yang terang-benderang.
  11. 11. Etika dalam menyampaikan tabligh • Bersikap lemah lembut, tidak kasar, dan tidak merusak. • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. • Mengutamakan musyawarah dan berdiskusi untuk memperoleh kesepakatan bersama. • Materi dakwah yang disampaikan harus mempunyai dasar hukum yang kuat dan jelas sumbernya. • Menyampaikan dengan ikhlas dan sabar, sesuai dengan kondisi, psikologis dan sosiologis para pendengarnya atau penerimanya • Tidak menghasut orang lain untuk bermusuhan, merusak, berselisih, dan mencari-cari kesalahan orang lain.
  12. 12. Terimakasih.. Wassalamualaikum wr. Wb. 

×