Maliana safitri (xii ips 1)

307 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
307
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Maliana safitri (xii ips 1)

  1. 1. EkonomiBy : Muliana Safitri
  2. 2. MANAJEMEN BADAN USAHA
  3. 3. Pengertian Badan UsahaManajemen merupakan aktivitasmanusia dalam organisasi denganbantuan sumber-sumber daya danfasilitas untuk mencapai tujuan.
  4. 4. UNSUR-UNSUR MANAJEMEN1. Manusia (man)2. Uang (money)3. Bahan baku (material)4. Mesin (machine)5. Metode (method)6. Pasar (market)
  5. 5. BIDANG-BIDANG MANAJEMEN1. Manajemen perkantoran2. Manajemen produksi3. Manajeme pemasaran4. Manajeme keuangan5. Manajemen personali
  6. 6. Jenjang atau tingkatan manajemen padabadan usaha besar terdapat 3 jenjang :1. Manajemen puncak atau manajersenior (top management)2. Manajemen menengah (middlemanagement)3. Manajemen pengawasan atausupervisor garis pertama (lowermanagement)
  7. 7. FUNGSI MANAJEMEN MENURUT JAMESSTONERPERENCANAAN (PLANNING)Fungsi perencanaan merupakan fungsi terpenting darifungsi manajemen sehingga harus dilakukan terlebihdahulu sebelum fungsi-fungsi lainnya.Dalam perencanaan dilakukan pengambilan keputusanmengenai :Apa yang akan dikerjakan Bagaimana pembagian kerjanyaKapan mengerjakannya Siapa yang akan mengerjakannya.
  8. 8. FUNGSI MANAJEMEN MENURUT JAMESSTONERPENGORGANISASIAN (PLANNING)Fungsi pengorganisasian adalah kegiatan pengaturan parakaryawan dan sumber-sumber lain dengan cara yangkonsisten agar semua pekerjaan yang dilakukan terarahpada satu tujuan.Jadi , pengorganisasian adalah usaha untuk menentukanstruktur tugas dan wewenang, menentukan pekerjaanyang harus dilakukan, menentukan garis kegiatan,membentuk sejumlah hubungan di dalam organisasi,serta memilih, menempatkan, dan melatih karyawan.
  9. 9. FUNGSI MANAJEMEN MENURUT JAMESSTONERKEPIPIMPINAN ( LEADERSHIP)Fungsi kepemimpinan merupakan suatu prosesmemengaruhi kebiasaan-kebiasaan karyawan untukmencapai sasaran yang telah ditetapkan.Gaya kepemimpinan manajer dibagi menjadi 3 :1. Otokratis ( authoritarian)2. Bebas (laissez faire)3. Demokratis (democratic)
  10. 10. FUNGSI MANAJEMEN MENURUT JAMESSTONERPENGAWASAN (CONTROLLING)Fungsi pengawasan merupakan kegiatan yang dilakukanoleh para manajer dalammengawasi dan mengevaluasihasil yang telah dicapai. Jadi, melalui fungsi pengawasandapat diukur seberapa besar hasil yang telah dicapaidibandingkan dengan hasil yang telah direncanakan.Fungsi pengawasan dapat membantu meningkatkankinerja perusahaan.
  11. 11. PERAN BADAN USAHA DALAMPEREKONOMIAN INDONESIAPengertian badan usaha dan perusahaanBadan usaha adalah satu kesatuan organisasi yang melakukanproses produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia dengantujuan untuk mencari laba, yaitu laba maksimum. Perusahaanadalah sebagai tempat kegitan untuk menghasilkan barang danjasa.
  12. 12. PERBEDAAN BADAN USAHA DANPERUSAHAAN1. Badan usaha merupakan tempat berlangsungnya prosesorganisasi ekonomi, sedangkan perusahaan merupakantempat kegiatan teknis untuk menghasilkan barang dan jasa.2. Badan usaha didirikan dengan tujuan mencari laba,sedangkan perusahaan memiliki tujuan untuk melakukanproses produksi3. Dalam mencapai tujuannya, suatu badan usaha dapatmemiliki lebih dari satu perusahaan.
  13. 13. BENTUK BADAN USAHABerdasarkan tanggung jawab dari pemiliknya, badan usahadikelompokkan menjadi :1. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)a. Firma (Fa)b. Persekutuan komanditer (commanditaire vennootschap (CV))c. Perseroan terbatas (naamloze vennootschap (PT))d. Perusahaan perseorangan2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 17a) Perusahaan jawatan (perjan)b) Perusahaan umum (perum)c) Perusahaan perseroan (persero)d) Koperasi
  14. 14. Contoh Soal1. Cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuantermasuk unsur manajemen berupa . . .a. Manb. Materialc. Machined. Methode. MarketJawabannya : d. Method
  15. 15. Soal1.Apakah yang dimaksuddengan planning ?
  16. 16. Soal2. Apa pengertian darimanagement ?
  17. 17. Daftar PustakaBuku ekonomi TUNTAS Program IPS Tahunajaran 2012/2013

×