Ppt kliping Ibu Yunani

953 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
953
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt kliping Ibu Yunani

  1. 1. X www.sejarah-Pendidikan.com Google KUMPULAN KLIPING Cari Welcome to My Presentasion
  2. 2. X Google Nama : Dewi Setyawati NIM : 06111404016 Nama : Deta Septaria NIM : 06111404003 Nama : Muharia NIM : 06111404010 Nama : Betti Karningrum NIM : 06111404015
  3. 3. X Kumpulan Kliping Google Send your e-mail Loading… Ready to use… Choose one of the main menu above ! Collecting status…Please wait… MENU
  4. 4. X Daftar Isi Google 1.Orangtua,Anak,dan Hukuman Berat 2.Jangan Dewasakan IQ Pada Anak Dini Usia 3.Kompetisi Berbahasa di Kalangan Guru Kita (Otonomi Pendidikan) 4.Bergulat dengan Mutu Guru. 5.Jangan Memperkosa Hak Anak 6.Melatih atau Memaksa Anak 7.Menembangkan Diri 8.Bukan Sekedar Pemuas Seks 9.Bila Agama Mengkaji Darwin 10.Sejarah Itu Abadi,Tak Ada Kata Akhir 11.Cita-Citanya Ingin Kuasai Indonesia
  5. 5. X Kumpulan Kliping Google Anak adalah amanah yang harus dijaga dan diperlakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemberi amanah tersebut. Para pengemban amanah,baik orangtua,guru,maupun masyarakat,akan dihadapkan pada pertanggungjawaban mereka tentang apa yang mereka berikan dan bagaimana perlakuan mereka terhadap anak-anak yang telah diamanahkan kepada mereka itu.
  6. 6. X Kumpulan Kliping Google Tetapi............ Banyak orangtua tidak menyadari dan menganggap remeh tugas suci yang harus dipertanggungjawabkan ini. Banyak orangtua yang tidak membekali dirinya dengan ilmu yang memadai tentang anak,sehingga mengakibatkan banyaknya penyimpangan dalam mewujudkan niat baik mereka menjadikan anak-anak sebagai sosok yang berguna.  Tanpa mereka sadari,usaha yang mereka lakukan untuk merelasasikan keinginannnya itu banyak yang menghancurkan niat mereka itu sendiri.
  7. 7. X Kumpulan Kliping Google orangtua otoriter berpandangan bahwa anak adalah hak milik mereka yang bisa diolah sesuai dengan keinginan mereka. Anak disiapkan untuk dijadikan barang kebanggaan yang jelak akan dipajang di etalase-etalase kepentingan orangtuanya,Anak diolah untuk menjadi barang berharga yang dapat menyokong eksistensi orangtua agar dapat berharga.
  8. 8. X Kumpulan Kliping Google Anak dan Hukuman Bila merujuk pada Hadis rasulullah tentang perintah mengajarkan shalat kepada anak sejak umur tujuh tahun dan memukulnya pada usia sepuluh tahun jika anak melanggar perintah itu,maka tersirat didalamnya kapan dam bagaimana cara terbaik menghukum anak.Sedikitnya ada dua hal yang dapat digaris bawahi,yaitu : 1.Masa pra 10 tahun adalah masa optimalisasi pembinaan manusia dilahirkan dengan membawa potensi keingintahuan terhadap semua hal yang belum pernah diketahuinya.
  9. 9. X Kumpulan Kliping Google Orangtua yang arif haruslah merespon kesalahan-kesalahan tersebut secar positif,dengan memperkaya pemahaman anak tentang banyak hal agar anak lebih mengerti dan tidak jatuh pada kesalahan yang sama diwaktu yang lain. Orangtua yang arif akan berusaha memahami kesalahan- kesalahan anak dan terus meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan anaknya. Orangtua yang arif akan berusaha terus mendidik dan melatih anak-anak mereka agar terbiasa pada aturan-aturan yang baik bagi masa depan anaknya,serta berusaha mengevalusi kualitas penerimaan anak terhadap apa yang telah mereka berikan.Bahkan kesalahan anak justru menjadi pada alat ukur evaluasi tersebut.
  10. 10. X Kumpulan Kliping Google 2.Bila harus menghukum anak,orangtua yang baik adalah orangtua yang menjadikan keridhoan Allah dan cinta sebagai landasan pendidikan kepada anaknya.  Orangtua seperti ini tidak akan mudah memberikan hukuman,karena kesadaran mereka bahwa hukuman adalah benar-benar cara terakhir dari beberapa tahapan pen-didikan anak.
  11. 11. X Kumpulan Kliping Google •Kecendrungan orangtua mendewa-dewakan kecerdasan intelektual (IQ) pada anak dini usia bertolak belakang dengan harapan menuju Indonesia baru. • Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, anak-anak lebih memerlukan sentuhan kecerdasan emosional (EQ) ketibangkecerdasan intelektual. •kematangan emosi merupakan modal untuk meraih kecerdasan intelektual setelah memasuki usia sekolah, yakni tujuh tahun.
  12. 12. X Kumpulan Kliping Google Masa eksplorasi usia 16 bulan, anak sudah belajar meniru-niru semua rangsangan yang diterima dari lingkungan. Mereka mengimitasi apa yang didengar, dilihat, dan mencoba menkomunikasikan keinginan dengan sederhana. Usia 2-4 tahun, merupakan masa yang perlu di optimlakan untuk memperkaya eksplorasi dan ekspresi anak. Pada usia 5-6 tahun, sebagai usia taman kanak-kanak (TK) untuk mulai bermain dan bersosialisasi. usia 7-8 tahun, masaberekembangnya nalarlogika yang eksploratif.
  13. 13. X Kumpulan Kliping Google Saat ini orangtua cenderung memasukkan anaknya ke sekolah dasar (SD) saat usia 6 tahun.Ini pertanda kesinambungan pemberdayaan dan pengayaan pda seorang anak dalam usianya yang dini belum mendapatkan perhatian memadai. “Padahal, untuk menciptakan pribadi-pribadi yang cerdik, kreatif, dan antisipatif, fase usia dini hingga masa sekolah harus difasilitasi secara totalitas dan keterpaduan yang dimaksud adalah sinergitas antra lembaga pendidikan, guru dan orangtua.”
  14. 14. X Kumpulan Kliping Google anak dini usia adalah cikal bakal merajut kembali Indonesia yang baru. Penganannya tidak bolehberhenti hanya karena alas an krisis politik dan ekonomi. Jika fase optimalitas pertumbuhan dan perkembangna terlewati, maka anaka-anak banyak kehilangan potensi. “kemampuan kreatif, ketajaman berpikir, dan kepekaan nurani adalah bekal kehidupan anak untuk masa depan,”
  15. 15. X Kumpulan Kliping Google Masih rendahnya penguasaan kompetensi berbahasa merupakan kompetensi berbahasa merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap guru. Karena, setiap guru menyampaikan pelajaran dalam bahasa Indonesia, maka semua guru sebenarnya juga berstatus guru bahasa.karena itu, harus memiliki kompetensi berbahasa.
  16. 16. X Kumpulan Kliping Google Bila kempetensi berbahasa mencakupi kemampuan menyimak, membaca, wicara, dan menulis, maka yang paling dikuasai guru umumnya hanya kompetensi berbicara.Inipun mungkin hanya terbatas pada kemampuan “menjelaskan”.
  17. 17. X Kumpulan Kliping Google Seorang guru biasanya mampu berbicara berjam-jam di depan siswanya. Dengan kata lain, guru sangat mahir medemonstrasikan metode ceramah dalam penyampaian bahan belajar. Akan tetapi, keadaannya jauh berbeda dengan kempetensi membaca dan menulis. Guru masih gagap ketika ditanyakan koneksi bacaannya, apalagi soal tulis- menulis.
  18. 18. X Kumpulan Kliping Google Kurikulum baru nanti (KBK/Kurikulum Berbasis Kompetensi) mempersyaratkan tingkat kompetensi guru yang memadai, sejak sekarang setiap guru, yang diasumsikan juga berstatus guru bahasa, harus mulai meningkatkan kompetensinya. Kongres Bahasa Indonesia III merekomendasikan perlunya menjadikan kemahiran berbahasa Indonesia sebagai salah satu prasyarat keprofesian dan kepegawaian, sebetulnya telah banyak upaya yang dilakukan.  Fasilitas Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang disediakan oleh Pusat Bahasa, serangkaian penataran telah diadakan oleh pemerintahan.
  19. 19. X Kumpulan Kliping Google Karena itu, jika penataran dianggap tidak efektif, maka setiap guru mesti berinisiatif mengembangkandiri secara otodidak. Tampaknya pencapaian kompetensi (berbahasa) lebih banyak ditentukan oleh ketekunan dan kesabaran dalam membangun kebiasaan membaca dan menulis, bukan oleh penataran yang berpola monoton. Ketekunan akan melahirkan keterampilan berbahasa, sedangkan penataran hanya menambah pengetahuan tentang bahasa.
  20. 20. X Kumpulan Kliping Google Dalam UU system Pendidikan Nasional Berfungsi Mengembangkan Kemampuan dan membentuk Watak serta Peradaban Bangsa yang Bermartabat Dalam Rangka Mencerdaskan kehidupan Bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, brtakea kepada Tuhan YME, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertangung jawab.
  21. 21. X Kumpulan Kliping Google Proses pendidikan kini berubah menjadi pengajaran. Guru setiap waktu selalu merasa dikejar-kejar kurikulum sehingga targetnya adalah bagaimana menyelesaikan beban kurikulum. Sebaliknya, jika guru sungguh-sungguh ingin menegmbangkan seluruh potensi yang dimiliki seorang siswa, dia akan berhadapan dengan kenyataan di lapangan. Jika kondisi seperti itu terus berjalan, fungsi pendidikan seperti yang diamanatkan undang-undang Sistem Pendidikan Nasionalnya tidak akan pernah terwujud dan tetap menjadi angan-angan di ruang utopia
  22. 22. X Kumpulan Kliping Google Moto guru Guru kerap menjadi pihak yang di persalahkan ketika pendidikan menunjukan hasil yang mengecewakan. Karena itu, perlu diadakan berbagai upaya serius untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru sehingga hasil pendidikan lebih baik. Satu di antara berbagai upaya yang tengah popular saat ini adalah sertifikasi guru yang pada gilirannya dapat menghasilkan guru professional.
  23. 23. X Kumpulan Kliping Google Guru merupakan ujung tombak yang sangat menentukan bagaimana sebuah pembelajaran dilangsungkan. Guru yang terlatih dan profesional diasumsikan memiliki berbagai cara dan strategi untuk mengelola kelas sehingga tetap berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan sebagaimana yang diamatkan UU Sistem Pendidikan Nasional.
  24. 24. X Kumpulan Kliping Google Jika mutu guru dipandang sebagai sebuah substansi, peningkatan mutu guru harus terfokus pada dua hal. 1.Peningkatan martabat guru, secara sosial budaya dan ekonomi. 2.Peningkatan profesionalisme guru melalui program yang terintegrasi, holistic sesuia dengan hasil pemetaan mutu guru yang jelas dan penguasaannya guru terhadap teknologi informasi serta metode pembelajaran muktahir.
  25. 25. X Kumpulan Kliping Google Banggalah seorang guru yang telah berkesempatan untuk membantu orang lain mengangkat dan melepaskan diri dari kebodohan. Karena itu, guru harus mampu keluar dan melepaskan diri dari aktivitas menyala-nyalahkan terus kebijakan yang mungkin tidak berpIhak pada pendidikan.
  26. 26. X Kumpulan Kliping Google Equity, Equality, dan Efisiensi Pendidikan Kebijakan penyusunan standart nasional pendidikan itu seyogyanya mejadi pendorong untuk mewujudkan konsep equity, equality, dan efisiensi pendidikan. melalui pemetaan standar yang jelas, pemerintah secara sistematis memperbaiki berbagai standar nasional pendidikan. Pemberlakuan standar penilaian tanpa memperhiutngkan standar yang lainnya, yaitu mutu guru, standar mutu sarana dan prasarana, karena untuk seluruh Indonesiadiberlakukan sama.
  27. 27. X Kumpulan Kliping Google Masa kanak-kanak adalah usia yang sangat berharga (golden age) sekaligus masa pertumbuhan. Kendati begitu, setiap pertumbuhan yang terjadi harus sesuai dengan tahap perkembangan (teachable moment). Namun realitasnya banyak dijumpai lembaga pendidikan Taman kanak-kanak (pra-sekolah) membebani, bahkan “memperkosa” hak anak untuk bebas berani dan berinteraksi dengan seusiannya. Hal itu terjadi, lantaran tuntutan lebih dari orangtua.
  28. 28. X Kumpulan Kliping Google Taman kanak-kanak sebagai-bagai dari pendidik pra-sekolah sudah di atur oleh peraturan pemerintah (PP) No 27 Tahun 1990 tentang pendidikan pra-sekolah serta secara khusus juga di atur dalam keputusan mentri pendidikan dan kebudayaan RI No 0486/U/1992 tentang taman kanak-kanak. Menyesuaikan dengan PP itu, maka kurikulum TK 1976 yang disempurnakan perlu dilakukan perubahan dan perbaikan, maka lahirlah kurikulum 1994. Kurikulum 1994 lebih memperhatikan aspek perkembangan mental dan jiwa anak. Artinya, hak-hak anak untuk bermain tetap mendapat porsi yang lebih dari materi pendidikan lain. Bahkan kalau dihitung, 90 persen ke arah bermain.
  29. 29. X Kumpulan Kliping Google Lingkungan Pemerhati masalah Sosial dan Hukum, Herman Fikri, SE SH menilai, kalau pun ditemukan ada lembaga pendidikan pra- sekolah yang menyajikan bermacam-macam program, Tentunya itu didasarkan pada keinginan orangtua dan lembaga pendidikan dasar (SD) karena di SD sendiri, diakui atau tidak, lebih senang menerima anak lulusan TK karena sudah dapat membaca dan menulis sehingga guru SD tidak perlu perlu lagi memeras keringat dan putar otak untuk melatih kesabaran dalam memberi materi pelajaran. Di sini, pelajaran jadinya sifat melanjutkan. Padahal, sampai saat ini belum ada satu aturan yang masyarakatkan ijazah TK untuk masuk SD.
  30. 30. X Kumpulan Kliping Google Materi tambahan di luar kurikulum Diknas hanya bersifat mengenalkan bukan suatu hal yang wajib, tentu tidak jadi persoalan, apalagi tingkat pertumbuhan anak saat ini begitu pesat dan cepat karena pengaruh gizi pada makanan, yang disajikan orang tuanya mencukupi persyratan sempurna. Memperkosa Saat ini ada indikasi penyelengara TK menyimpang dari kurikulum Diknas. Bahkan lebih berkiblat keluar negeri tanpa memperhatikan perkembangan anak dan meyita waktu bermain. Jika itu dilakukan, maka sama halnya dengan “memperkosa” hak anak.
  31. 31. X Kumpulan Kliping Google PERHATIAN khusus memang harus diberikan kepada anak di masa balita (bawah lima tahun). Lima tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa pembentukan berbagai aspek seperti intelektual, emosional maun emosional maupun hubungan sosial. Bicara merupakan salah satu alat komunikasi. Melalui berbicara anak dapat mengungkapkan keingginan dan perasaan. Seperti halnya keterampilan lain, untuk lancar berbicara harus belajar terlebih dahulu.
  32. 32. X Kumpulan Kliping Google Ada 4 hal penting dalam belajar berbicara. 1.Kesiapan untuk belajar. Kesiapan ini ditunjang oleh kematangan alat-alat bicara anak dan kematangan otak.Biasanya mulai berkembang sekitar 12 sampai 18 bulan, masa ini disebut teachable moment dari perkembangan berbicara. 2. Kesempatan berlatih. Orang tua harus menyediakan waktu untuk mengajak anak berbicara dan membantu mengucapkan kata-kata dengan waktu untuk mengajak anak berbicara dan membantu mengucapkan kata-kata dengan benar.
  33. 33. X Kumpulan Kliping Google 3.Motivasi atau dorongan. motivasi dalam diri anak akan mendorong anak berusaha belajar berbicara. 4.Bimbingan orang tua. Pada awalnya, orang tua lah yang ditiru anak saat ia belajar bicara oleh sebab itu orang tua harus menjadi contoh yang benar.
  34. 34. X Kumpulan Kliping Google KEGIATAN belajar di Taman kanak-kanak pada prinsip- nya membantu meletakan dasar kemampuan anak kearah perkembangan sikap, Pengetahuan, Keterampilan  Daya cipta yang diperlukan dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya  Pertumbuhan serta perkembangan berikutnya
  35. 35. X Kumpulan Kliping Google Di TK, guru hanya mengenal peraturan dan menampakan disiplin pada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya. Cara membaca dan belajar anak TK tidak sama dengan cara membaca anak di tingkat SD. di TK anak membaca gambar dan dilekpresikan sesuai dengan bahasanya dan tatacaralah yang menyampaikannya.  Di SD membaca harus sesuai dengan teks atau huruf yang tertulis.
  36. 36. X Kumpulan Kliping Google Menurut Dr. Suyatno Kartodirdjo,57 tahun,Kepala Lembaga Penelitian Universitas Sebelas Maret (UNS),Surakarta,Jawa Tengah,peranan selir itu tidak hanya sebagai pelayan di ranjang bagi sang tuan. Doktor bidang sejarah Alumnus Australia National University tahun 1982 itu justru menegaskan,wanita yang mau menjadi selir raja,bangsawan,atau priayi secara langsung merupakan salah satu merupakan salah satu kunci dalam sosialisasi budaya Jawa.
  37. 37. X Kumpulan Kliping Google Para mantan selir bangsawan dan orang yang dekat dengan selir,ternyata bukan sembarang wanita yang bisa meraih kedudukan sebagai selir raja,bangsawan,atau priayi Jawa. Syarat Menjadi Selir : 1.Seorang selir memang harus masih perawan dan cantik. 2.Seorang selir harus pandai merawat tubuh,terutama bagian tubuh yang paling pribadi. 3.Seorang selir juga harus menguasai pengetahuan tentang obat –obatan yang bisa menjaga kebugaran tubuh mereka sedari muda.
  38. 38. X Kumpulan Kliping Google Peranan selir sebagai media sosialisasi budaya Jawa justru terjadi ketika seorang wanita tengah mempersiapkan untuk menjadi selir. Untuk menjadi selir,seseorang terlebih dahulu harus menguasai dan dapat menguasai seni tari dan batik serta sopan-santun dan etika Jawa-termasuk soal ngadi salira,merawat tubuh dan berbusana sesuai dengan adat budaya Jawa. Sebelum menjadi selir,gadis kecil itu mengabdi dulu sebagai penari,atau istilahnya bedhaya
  39. 39. X Kumpulan Kliping Google Berbeda dengan istri resmi,seorang selir melayani kebutuhan ranjang suaminya pada siang hari.Sedangkan malam hari sepenuhnya milik istri resmi. Tentang status perkawinan selir,Suyatno mengatakan,bila seorang pria bangsawan itu hanya mempunyai seorang istri dan tiga selir – yang berarti jumlah totalnya empat orang – maka kesemuanya dinikahi secara resmi.Itu dilakukan sesuai hukum Islam.
  40. 40. X Kumpulan Kliping Google Teori Darwin menyebutkan nenek moyang manusia berasal dari Kera. Hal ini telah menimbulkan hasrat para ilmuwan dan agamawan untuk mengkaji kembali teori evolusi tersebut dari sudut pandang agama. Kalangan ulama Islam boleh dikatakan tak banyak mempersoalkan teori Darwin, seperti sesemarak dalam agama Kristen dan Yahudi. Sebab,sekalipun Qur’an dengan jelas menyebutkan alam raya ini sebagai ciptaan Tuhan,
  41. 41. X Kumpulan Kliping Google Ayat Qur’an mengungkap, Tuhan menciptakan alam semesta dalam enam hari (Al-A’raf:54). Tapi dalam ayat lain ada keterangan, satu hari Tuhan sama dengan seribu tahun manusia (Al-Hajj : 47) dan bahkan lima puluh ribu tahun )Al-Ma’arij : 4). “Bisa saja dalam rentang waktu itu berlangsung proses evolusi, “ Untuk memahami ayat-ayat tu diperlukan kemampuan I’tibar (menyeberangi) ungkapan harfiah menuju makna yang tersembunyi. Tapi karena keterbatasan akal manusia, pemahaman dan penafsiran tak akan bersifat final.
  42. 42. X Kumpulan Kliping Google Ajaran Hindu lebih mendekatkan teori evolusi Darwin, menurut Ida Bagus Gunadha, dalam kitab-kitab Purana, misalnya, disebutkan bahwa setelah penciptaan matahari, bulan, bintang, gunung, lembah air, dan udara. Kemudian diciptakan tiga jenis makhluk hidup; tumbuhan, binatang, dan manusia. “Teori Awatara ini mirip dengan teori evolusi Darwin.
  43. 43. X Kumpulan Kliping Google Dalam Agama Budha : Proses kejadian bumi dan manusia berlangsung secara evolutif. Dalam Anggana Sutta, misalnya, disebutkan bahwa bumi ini pada awalnya terdiri dari air, dan gelap gulita. Lalu tanah dan sarinya muncul dari air seperti buih di permukaan nasi, kemudian muncul tumbuhan dan makhluk hidup lain, termasuk manusia. Manusia pertama bukan seorang, melainkan banyak. “Dalam agama Budha, itu disebut sebagai manusia – manusia mula. “
  44. 44. X Kumpulan Kliping Google Dalam ajaran agama samawi (Yahudi, Kristen, dan Islam), Bapak manusia adalah Adam. Tapi persoalan timbul ketika doktrin itu berhadapan dengan teori ilmu pengetahuan, yang menyebutkan bahwa fosil – fosil berbentuk manusia paling awal ditemukan telah berusia jutaan tahun, sementara Adam – khususnya menurut agama Yahudi – baru berusia sekitar 6.000 tahun. Bisa jadi, Adam adalah manusia beradab pertama yang diberi kewenangan menjadi khalifah di bumi.
  45. 45. X Kumpulan Kliping Google “Kata akhir tidak akan ditemukan, dan sejarah jarang menemukan ini, sejarah itu abadi” Kontroversi yang menyelimuti peristiwa kelam G – 30 S 38 tahun silam tak pernah habis diperdebatkan. Pemerintah kemudian merespon dengan membentuk tim independen penulisan ulang sejarah nasional. Sejarawan kondang LIPI, Taufik Abdullah dipercaya memimpin tim ini.
  46. 46. X Kumpulan Kliping Google Bagaimana anda akan menulis sejarah tentang G 30 S, Bagaimana konsepnya ? Pada peristiwa 65 ini ada 4 cerita yang berkaitan. Bisa menjadi satu kesatuan dan 30 September atau 1 Oktober 1965 hingga 11 Maret 1967. Apa empat peristiwa yang saling berkaitan tersebut ? 1.peristiwa 30 September dan 1 Oktober itu. 2.Akan ada cerita bunuh – bunuhan. 3.Pada waktu yang hampir sama adalah cerita yang demonstrasi mahasiswa, pemikiran mau kemana jadi yang bersifat intelektual history. 4.Permainan politik, kok Soeharto bisa jadi seperti itu dan Soekarno kok mau mengeluarkan Supersemar.
  47. 47. X Kumpulan Kliping Google Kapan akan selesai ? Ya sudah diancar-ancar 1 Oktober Tahun depan, tapi kalau mau serius ya lama lah. Banyak bahan yang harus dikumpulkan, yaitu studi-studi yang ada. Pengadilan Mahmilub yang belum dipelajari. Kan baru orang diadili lalu dihukum hanya mencari kesalahan. Apa yang menjadi masalah dalam menulis sejarah ? Sejarah dibagi 6 pertanyaan pokok. Empat pertanyaan awal tidak akan sulit tapi sulit bagi sejarah kuno. Empat pertanyaan awal itu adalah apa, siapa, dimana, dan apabila.
  48. 48. X Kumpulan Kliping Google Sebagai seorang sejarawan, DR Taufik Abdullah kini mempunyai pekerjaan rumah yang besar. Selain menjadi Ketua Tim yang penulisan sejarah Indonesia dari Prasejarah hingga sekarang, mantan Ketua LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ini, dipercaya pemerintah menggarap sejarah peristiwa G 30 S.
  49. 49. X Kumpulan Kliping Google Menjadi seorang sejarawan bukanlah menjadi cita-cita awal Taufik Abdullah. Cita-cita itu baru muncul ketika Taufik merantau dari Bukit Tinggi, Medan ke Jogjakarta bersama teman-temannya pasca lulus SMA Taufik menjatuhkan pilihan pada bidang sejarah dan masuk ke Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada. Jogjakarta. Taufik dan teman- temannya memilih cita-cita yang ada dalam pikiran Taufik dkk, seolah Indonesia bakal mereka kuasai. Selama kuliah, prestasi Taufik memang cukup lumayan. Karenanya, setelah lulus dari UGM Taufik diangkat menjadi asisten dosen untuk Eropa. Hal ini berkaitan dengan skripsi yang ditulis oleh Taufik menggunakan bahasa Inggris.
  50. 50. X Kumpulan Kliping Google Karena prestasinya itu pula, sebelum mendapat gelar Drs bahkan sebelum meraih gelar BA (Setingkat D3). Taufik dipromosikan untuk belajar ke Amerika Serikat. Meski akhirnya teman Taufik yang sudah meraih gelar BA yang terangkat. Saat itu, Prof. Sartono yang baru mendapat gelar Drs, emnasehati Taufik agar pergi ke Jakarta. Sebab, jika terus di Jogjakarta Taufik tidak akan bisa ke Amerika Serikat. Akhirnya, Taufik pun memutuskan hijrah ke Jakarta setelah lulus dari UGM, “Mulai Januari 1962 saya di Jakarta, Taufik berkarya di MIPI (Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia) cikal bakal LIPI
  51. 51. Do you want to exit now? Yes No X Kumpulan Kliping Google

×