Power point kelompok saraf spinal
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Power point kelompok saraf spinal

on

  • 3,827 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,827
Views on SlideShare
3,827
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
34
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Power point kelompok saraf spinal Power point kelompok saraf spinal Presentation Transcript

  • Sejarah Penemuan Pertamakali Spinal AnestesiSpinal Anestesi pertama kali ditemukan pada tahun1885 oleh Leonard Corning, seorang ahli saraf di NewYork. Beliau bereksperimen dengan memasukan kokainpada saraf tulang belakang Anjing, kemudian ia melihatAnjing tersebut kehilangan rasa sakit, meskipun disayatdengan pisau.Eksperimen awal Leonard Corning,membawa perubahanpenting di bidang Kedokteran Anestesi dan sampai saatini teknik Spinal Anestesi sangat bermamfaat di duniakesehatan untuk menolong pasien di kamar operasi.
  •  Gambaran penampang medula spinalis memperlihatkan bagian-bagian substansia grissea dan substansia alba. Substansia grisea ini mengelilingi canalis centralis sehingga membentuk columna dorsalis, columna lateralis dan columna ventralis. Massa grisea dikelilingi oleh substansia alba atau badan putih yang mengandung serabut-serabut saraf yang diselubungi oleh myelin. Substansi alba berisi berkas-berkas saraf yang membawa impuls sensorik dari SST menuju SSP dan impuls motorik dari SSP menuju SST.
  •  Refleks-refleks yang berpusat di sistem saraf pusat yang bukan medula spinalis, pusat koordinasinya tidak di substansia grisea medula spinalis. Pada umumnya penghantaran impuls sensorik di substansia alba medula spinalis berjalan menyilang garis tengah. Impuls sensorik dari tubuh sisi kiri akan dihantarkan ke otak sisi kanan dan sebaliknya. Demikian juga dengan impuls motorik. Seluruh impuls motorik dari otak yang dihantarkan ke saraf tepi melalui medula spinalis akan menyilang.
  •  Setiap saraf spinal keluar dari sumsum tulang belakang dengan dua buah akar, yaitu akar depan (anterior) dan akar belakang (posterior). Setiap akar anterior dibentuk oleh beberapa benang akar yang meninggalkan sumsum tulang belakang pada satu alur membujur dan teratur dalam satu baris. Tempat alur tersebut sesuai dengan tempat tanduk depan terletak paling dekat di bawah permukaan sumsum tulang belakang. Benang-benang akar dari satu segmen berhimpun untuk membentuk satu akar depan
  •  Akar posterior pun terdiri atas benang-benang akar serupa, yang mencapai sumsum tulang belakang pada satu alur di permukaan belakang sumsum tulang belakang. Setiap akar belakang mempunyai sebuah kumpulan sel saraf yang dinamakan simpul saraf spinal. Akar anterior dan posterior bertaut satu sama lain membentuk saraf spinal yang meninggalkan terusan tulang belakang melalui sebuah lubang antar ruas tulang belakang dan kemudian segera bercabang menjadi sebuah cabang belakang, cabang depan, dan cabang penghubung.
  •  Cabang-cabang belakang saraf spinal mempersarafi otot-otot punggung sejati dan sebagian kecil kulit punggung. Cabang-cabang depan mempersarafi semua otot kerangka batang badan dan anggota- anggota gerak serta kulit tubuh kecuali kulit punggung. Cabang-cabang depan untuk persarafan lengan membentuk suatu anyaman (plexus), yaitu anyaman lengan (plexus brachialis). Dari anyaman inilah dilepaskan beberapa cabang pendek ke arah bahu dan ketiak, dan beberapa cabang panjang untuk lengan dan tangan.
  •  Demikian pula dibentuk oleh cabang-cabang depan untuk anggota-anggota gerak bawah dan untuk panggul sebuah anyaman yang disebut plexus lumbosakralis, yang juga mengirimkan beberapa cabang pendek ke arah pangkal paha dan bokong, serta beberapa cabang panjang untuk tungkai atas dan tungkai bawah. Yang terbesar adalah saraf tulang duduk. Saraf ini terletak di bidangpostertulangpaha.
  • 1. Pusat gerakan otot tubuh terbesar yaitu dikornu motorik atau kornu ventralis.2. Sebagai pusat gerak refleks. contoh: Mengurus kegiatan refleks spinalis dan refleks tungkai3. Menghantarkan rangsangan koordinasi otot dan sendi menuju cerebellum.4. Mengadakan komunikasi antara otak dengan semua bagian tubuh.5. Pusat penyaluran hasil pengolahan yaitu berbagai urat-urat saraf.
  •  Salah satu fungsi saraf spinalis sebagai sistem saraf pusat adalah sebagai pusat refleks. Fungsi tersebut diselenggarakan oleh substansia grisea saraf spinalis. Refleks adalah jawaban individu terhadap rangsang, melindungi tubuh terhadap berbagai perubahan yang terjadi baik dilingkungan internal maupun di lingkungan eksternal. Kegiatan refleks terjadi melalui suatu jalur tertentu yang disebut lengkung refleks
  • • Gabungan antara saraf sensorik dari akar dorsal dan saraf motorik dari akar ventral• Merupakan lanjutan dari sumsum tulang belakang• Berasal dari sumsum tulang belakang yang berwarna kelabu(substansi girissea)• Bersifat sensorik• Diikat oleh pleksus(gabungan dari beberapa saraf)
  •  Pleksus servikalis(gabungan urat saraf leher) Pleksus lumbo sakralis(gabungan urat saraf punggung dan pinggang) Pleksus branchialis(gabungan urat saraf lengan)