PPT Agama Jumlah Rasul dan Nabi

2,050 views

Published on

ini tugas AgS jaman semester 1 kelas 2 SMA. Alhamdulillah puas hasilnya, Kalau PPT agama entah kenapa karena saking seringnya tugas ppt di mapel ini jadi mau gak mau alhamdulillah enjoy bgt ngerjainnya :)

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,050
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
49
Actions
Shares
0
Downloads
33
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

PPT Agama Jumlah Rasul dan Nabi

  1. 1. mareta.kartika@ymail. ******** Log In
  2. 2. Uztadzah gaul’sssUztadzah gaul’sssUztadzah gaul’sss
  3. 3. Uztadzah gaul’sss
  4. 4. Uztadzah gaul’sss
  5. 5. Setelah percakapan @ wall sh4re / tanya jawab islam kemarin aku mesej uzdadahnya uztadahnnya bilang sedikit telat.. Btw eh btw lo ya, uztadah yowes tunggu nya mana e? wae..lah
  6. 6. 15 menit kemudian .. wa’alaikumussalam assalamualaikum..
  7. 7. Jadi uztadah kenapa rasululahsaallahualaihiwassa lam belum bisa baca tulis tapi kita semua tau nabi dan rasul itu sifat wajibnya fathonah.. Dan untuk ke- 3 sifat lain bagaimana uz?
  8. 8. Ambil hikmahnya dulu dek, dengan begitu pertamakita bisa tahu kalau al-quran itu murni kitabullahyang jelas dari Allah, bukan dari rasulnya.. keduafathonah yang dimaksud bukan saja bisa bacatulis, fathonah kan luas sekali tidak mungkin kitahanya mengukurnya lewat sudut itu saja..Begini ingat surah azzukruf ukh? “mereka bertanyamengapa mereka tidak menurunkan al-quran pada 2orang besar di 2 negeri?” ayat 33Maka Alloh menjawabnya“… Alloh lebih mengetahui dimana Ia menempatkantugas kerasulan” Al an’am 124Padahal yang dimaksud 2 orang besar itu 2cendikiawan dari makah dan thaif.
  9. 9. Shiddiq artinya benar, mustahil iakizibatau dusta. Artinya nabi danrasul bersiafat benar, baik dalamtutur kata maupunperbuatannya, yakni sesuai denganajaran Allah SWT. “Dan Kamimenganugrahkan kepada merekasebagian rahmat Kami, dan Kamijadikan mereka buah tutur yang baiklagi mulia.” (QS. Maryam : 50).
  10. 10. Amanah (dapat dipercaya), mustahilkhianat (curang). Artinya, para nabidan rasul itu bersifat jujur dalammenerima ajaran Allah SWT, sertamemelihara keutuhannya danmenyampaikannya kepada umatmanusia sesuai dengan kehendak-Nya.Mustahil mereka menyelewengkan atauberbuat curang atas ajaran AllahSWT
  11. 11. Tabligh (menyampaikan wahyu kepadaumatnya), mustahil kitman (menyembunyikanwahyu). Artinya para nabi dan rasul itu pastimenyampaikan seluruh ajaran Allah SWTsekalipun mengakibatkan jiwanya terancam.“Dan katakanlah kepada orang-orang yangtelah diberi Alkitab dan orang-orang yangummi (buta huruf), sudahkah kamu masukIslam? Jika mereka telah masuk Islamniscaya mereka mendapat petunjuk, dan jikamereka berpaling, maka kewajibanmuhanyalah menyampaikan (ayat-ayat AllahSWT). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Ali Imron : 20).
  12. 12. Fathonah (cerdas), mustahil jahlun(bodoh). Artinya para nabi dan rasul itubijaksana dalam semua sikap, perkataandan perbuatannya atas dasarkecerdasannya. Dengan demikianmustahil mereka dapat dipengaruhi olehorang lain.Satu sifat jaiz para nabi danrasul, yaitu arodhul basyariyah, artinyamereka juga memiliki sifat-sifatsebagaimana manusia pada umumnyaseperti makan, minum, tidur, sakit danlain sebagainya.
  13. 13. Saya mempunyaibeberapa DaftarDalilnya.
  14. 14. SHIDIQ: Maryam 4141. Ceritakanlah (hai Muhammad) kisahIbrahim di dalam Al Kitab (Al Quran) ini.Sesungguhnya ia adalah seorang yangsangat membenarkan lagi seorang nabi.
  15. 15. SHIDIQ: Maryam 5050. Dan Kami anugerahkan kepada merekasebagian dari rahmat Kami dan Kamijadikan mereka buah tutur yang baik lagitinggi.
  16. 16. TABLIGH : AL MAIDAH 67 67. Hai Rasul, sampaikanlah apa yangditurunkan kepadamu dari Tuhanmu. Danjika tidak kamu kerjakan (apa yangdiperintahkan itu, berarti) kamu tidakmenyampaikan amanat-Nya. Allahmemelihara kamu dari (gangguan) manusia.Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjukkepada orang-orang yang kafir.
  17. 17. AMANAH: ALI IMRAN 79 79. Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allahberikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu diaberkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadipenyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." Akantetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orangrabbani[208], karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dandisebabkan kamu tetap mempelajarinya.
  18. 18. FATHONAH: AL BAQOROH 258
  19. 19. FATHONAH: AL BAQOROH 258258. Apakah kamu tidak memperhatikan orang[163]yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah)karena Allah telah memberikan kepada orang itupemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahimmengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkandan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapatmenghidupkan dan mematikan."[164]Ibrahimberkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkanmatahari dari timur, maka terbitkanlah dia daribarat," lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allahtidak memberi petunjuk kepada orang-orang yangzalim. kamu tetap mempelajarinya.
  20. 20. 15 menit kemudian .. Terimakasih Ma sama ya… uztadzah Maaf kalau saya banyak salah…
  21. 21. Anda dan 2000 orang lainnya menyukai ini

×