Iman kepada malaikat

34,590 views

Published on

Iman Kepada Mailaikat

0 Comments
8 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
34,590
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
199
Actions
Shares
0
Downloads
831
Comments
0
Likes
8
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Iman kepada malaikat

  1. 1. KELOMPOK 1 :1. YENNI NOOR FAHRIDHA2. ERLIYANI3. FARIDA MISDIYANOR4. DINA MAULIDA5. NURUL LINDA6. M. RIFIANNOR7. M. YUDHA FANSHORI DAUD KELAS : X7 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
  2. 2. SIAPA MALAIKAT ITU ?????
  3. 3. SIFAT – SIFAT MALAIKATTentang sifat – sifat malaikat, Al-Qur‟anmenerangkan bahwa mereka adalah :a. Hamba ALLAH yang paling mulia, yang selalu taat tidak pernah durhaka, tidak pernah berbuat maksiat dan tidak pernah menentang perintah ALLAH.b. Malaikat bukan laki – laki dan bukan pula berjenis perempuan.c. Malaikat tidak makan dan minumd. Malaikat dinyatakan sebagai makhluk ALLAH SWT yang memiliki sayap yang banyak .
  4. 4. Jumlah malaikat sangat banyak, tidak ada yangdapat mengetahui jumlah sesungguhnya kecualiALLAH, mereka mengemban tugas dengan fungsi yangberbeda – beda. Mereka menjalankannya secaraprofesional, mereka tidak pernah mengingkari tugas dantidak pernah istirahat dalam menjalankan tugas yangdibebankan kepadanya, dilakukannya dengan penuhketundukan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Olehkarena itu, Allah SWT memberiakn tugas – tugas tertentukepada setiap mereka diantaranya, yaitu :a.Tugas Malaikat Di Alam Roh - bertasbih, serta patuh dan tunduk kepada ALLAH - Memikul Arsy - Memberi salam kepada ahli surga -Meyiksa kepada ahli neraka
  5. 5. b. Nama dan Tugas Malaikat secara Khusus1. Jibril : menyampaikan wahyu2. Mikail : memberikan rezeki (menurunkan hujan)3. Israfil : meniup sangkakala4. Izrail : mencabut nyawa5. Munkar6. Nakir : keduanya (malaikat munkar dan nakir) bertugas menanya perbuatan baik dan jahat manusia dalam kubur.7. Rakib : mencatat perbuatan baik8. Atid : mencatat perbuatan buruk9. Malik : menjaga neraka10. Ridhwan : menjaga surga
  6. 6. 3. FUNGSI IMAN KEPADA MALAIKAT Beriman kepada malaikat memiliki pengaruh yangagung dalam kehidupan setiap mukmin, yaitu :1. Mengetahui keagungan, kekuatan serta kesempurnaan kekuasaan-Nya. Sebab keagungan (sesuatu) yang diciptakan (makhluk) menunjukkan keagungan yang menciptakan (al-Khaliq). Dengan demikian akan menambah pengagungan dan pemuliaan seorang mukmin kepada Allah, di mana Allah menciptakan para malaikat dari cahaya dan diberiNya sayap-sayap.2. Senantiasa istiqomah (meneguhkan pendirian) dalam menaati Allah ta‟ala. Karena barangsiapa beriman bahwa para malaikat itu mencatat semua amal perbuatannya, maka ini menjadikannya semakin takut kepada Allah, sehingga ia tidak akan berbuat maksiat kepada-Nya, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi.
  7. 7. 3. Bersabar dalam menaati Allah serta merasakan ketenangan dan kedamaian. Karena sebagai seorang mukmin ia yakin bahwa bersamanya dalam alam yang luas ini ada ribuan malaikat yang menaati Allah dengan sebaik-baiknya dan sesempurna-sempurnanya.4. Bersyukur kepada Allah atas perlindungan-Nya kepada anak Adam, dimana ia menjadikan sebagian dari para malaikat sebagai penjaga mereka.5. Waspada bahwa dunia ini adalah fana dan tidak kekal, yakni ketika ia ingat Malaikat Maut yang suatu ketika akan diperintahkan untuk mencabut nyawanya. Karena itu, ia akan semakin rajin mempersiapkan diri menghadapi hari Akhir dengan beriman dan beramal shalih.
  8. 8. Iman kepada malaikat adalah percaya danmembenarkan dengan sepenuh hati bahwa malaikatAllah SWT benar-benar ada. Keberadaan malaikat bersifatgaib, artinya tidak dapat dilihat oleh mata, tetapikeberadaannya dapat diketahui dan dipahami, sepertiadanya wahyu yang diterima oleh para nabi dan rasul.Para nabi dan rasul tersebut menerima wahyu melaluiperantara malaikat Allah SWT. Iman kepada malaikat adalah rukun iman yang ke-2. Rukun iman yang jumlahnya ada 6 merupakan satukesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan, juga tidakdapat dipilih-pilih. Sehingga tidak disebut orang berimanjika tidak meyakini salah satu dari rukun iman tersebut.
  9. 9. Pertama: Mengimani adanya mereka.Yaitu kepercayaan yang pasti tentang keberadaanpara malaikat. Tidak seperti yang dipahami olehsebagian orang bahwa malaikat adalah hanyasebuah „kata‟ yang bermakna konotasi yang berartikebaikan atau semacamnya. Allah Ta‟ala telahmenyatakan keberadaan mereka dalam firman-Nyayang artinya: “Sebenarnya (malaikat-malaikat itu)adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itutidak mendahului-Nya dengan perkataan dan merekamengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS. Al-Anbiyaa‟: 26-27)
  10. 10. Kedua: Mengimani nama-nama malaikat yangtelah kita ketahui, sedangkan malaikat yang tidakdiketahui namanya wajib kita imani secara global.Di antara dalil yang menunjukkan banyaknyabilangan malaikat dan tidak ada yang dapatmenghitungnya kecuali Allah Ta‟ala adalahsebuah hadits shahih yang berkaitan denganbaitul makmur. Di dalam hadits tersebut Rasulullahshallallahu „alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya baitul makmur berada di langityang ketujuh setentang dengan Ka‟bah dibumi, setiap hari ada 70 ribu malaikat yang shalatdi dalamnya kemudian apabila mereka telahkeluar maka tidak akan kembali lagi.” (HR. Bukhari& Muslim)
  11. 11. Ketiga: Mengimani sifat-sifat malaikat yang kita ketahui.Seperti misalnya sifat Jibril, dimana Nabi mengabarkanbahwa beliau shallallahu‟alaihi wa sallam pernah melihatJibril dalam sifat yang asli, yang ternyata mempunyai enamratus sayap yang dapat menutupi cakrawala (HR. Bukhari).Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmaddalam musnadnya dari Abdullah bin Mas‟ud radhiyallahu„anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallampernah melihat malaikat Jibril dalam bentuk aslinya yangmempunyai enam ratus sayap, setiap sayap menutupufuk, dari sayapnya berjatuhan berbagai warna, mutiaradan permata yang hanya Allah sajalah yang mengetahuikeindahannya.” (Ibnu Katsir berkata dalam Bidayah WanNihayah bahwa sanad hadits ini bagus dan kuat, sedangkanSyaikh Ahmad Syakir rahimahullah berkata dalam Al-Musnadbahwa sanad hadits ini shahih)
  12. 12. Keempat, mengimani dengan apa yang kita ketahuitentang pekerjaan-pekerjaan merekaKita mengimani dengan apa yang kita ketahui tentangpekerjaan-pekerjaan mereka yang mereka tunaikanberdasarkan perintah Allah Ta‟ala, seperti bertasbih(mensucikan Allah) dan beribadah kepada-Nya tanpakenal lelah dan tanpa pernah berhenti.
  13. 13. Tanda - tanda orang berimanantara lain, yaitu :1.Berhati – hati dalam berbuat2. Terdorong untuk selalu berbuat positif3. Disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban4. Hidup tenang dan tentram
  14. 14. Sesunggugnya malaikat memenuhi alamsemesta ini, sampai tidak ada satu jengkal pun didunia ini kecuali mereka ada disana. Sebab itulahRasulullah melarang kita untuk menghadap kiblatatau membelakanginya ketika buang air kecil ataubuang air besar. Untuk menghormati para malaikatyang sedang melakukan shalat dan menghadapkiblat. Oleh karena itu, iman kepada merekahukumnya wajib.Contoh – contoh perilaku beriman kepada malaikat:1. Berkata jujur, menepati janji, dan menjaga amanah.2. Sabar, syukur, ikhlas, tawaqal.3. Selalu mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
  15. 15. 1. Sifat marah dan kesenangan Kemarahan adalah bencana yang merusak akal. Apabila akal sedang lemah, menyeranglah bala tentara syaitan itu, lagi pula setiap manusia yang marah, syaitan selalu mempermainkannya, sebagaimana seorang anak kecil yang mempermainkan bola. Dan benar – benar telah disebutkan bahwa sementara wali – wali Allah berkata pada iblis : “perlihatkanlah padaku bagaimana cara engkau menguasai anak cucu Adam”. Dia berkata “aku menangkapnya ketika marah dan senang”.
  16. 16. 2. Sifat Tama‟ (mengharap) Manusia Benar – benar telah diriwayatkan dari Sofwan binSalim, sesungguhnya iblis menjelma kepada Abdullah binHadholah dan berkata kepadanya “Hi ibnu Hadholah, hafalkanlah sesuatu dariku, akuakan mengajarkannya kepadamu”. Berkatalah Abdullah padanya : “aku tidak butuh itu”. Iblis berkata :”perhatikanlah, kalau dia baik bisa kauambil dan kalau buruk kau bisa menolaknya. Hai, IbnuHadholah, janganlah kau meminta kepada manusia denganperintah mengharap dan perhatikan bagaimana engkauwaktu marah, karena kalau aku menguasaimu ketika engkaumarah”. Dari contoh tersebut , kita dapat menyimpulkanbahwa, jangan sekali – kali kita melakukan perbuatan yangtidak sesuai syariat. Karena malaikat selalu bersamakita, untuk mencatat segala amal perbuatan kita.

×