Mpi powerpoint

1,556 views
1,396 views

Published on

Teknologi Informasi

Published in: Education
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
1,556
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
142
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mpi powerpoint

  1. 1. MEDIAPEMBELAJARAN INTERAKTIF
  2. 2. STANDAR KOMPETENSI :1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar PowerPoint2. Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi dengan PowerpointKOMPETENSI DASAR : Membuat presentasi teks dengan slide master dan tombol hiperlink Manfaat Presentasi dengan Menu-Menu: • Yang melihat Presentasi kita akan tahu dan bisa mengira-ngira materi- materi apa saja yang akan kita sajikan nantinya. • Kita juga akan mudah lompat dari menu satu ke menu lainnya. • Kita bisa memilih materi-materi mana saja yang disajikan atau tidak.
  3. 3. INDIKATOR PEMBELAJARAN :1. Konsep dasar PowerPoint2. Slide Master3. Tombol Hyperlink
  4. 4. APERSEPSI :1. Kejelasan : sesuatu diperlihatkan untuk memperdalam pengertian2. Asosiasi : peserta didik di beri kesempatan untuk menghubungkan pengertian baru dengan pengalaman-pengalaman lama.3. Sistem: disini bahan baru itu ditempatkan dalam hubunganya dengan hal-hal lain4. Metode: peserta didik mendapat tugas untuk dikerjakan. Pengajar memperbaiki dan memberi petunjuk dimana perlu
  5. 5. Powerpoint adalah program presentasi yang digunakan untuk menampilkan presentasiyang dapat berupa gambar, tulisan, grafik, dll. Pembuatan desain frame Media Pembelajaran Interaktif : Buatlah slide baru di Ms.Power Point. Buat gambar desain (misal seperti presentasi ini).
  6. 6.  Mengatur Master Slide. klik View  Slide Master
  7. 7.  Mengembalikan tampilan ke Normal. klik View  Normal
  8. 8.  Meletakkan desain frame Media Pembelajaran Interaktif pada Master Slide 1. Pastikan anda pada posisi view NORMAL, jangan MASTER SLIDE. 2. Tekan keyboard CTRL + A ( untuk menyeleksi semua gambar desain frame anda ). 3. Kemudian tekan keyboard CTRL + X atau Cut. 4. Masuklah pada mode View Slide Master. 5. Tekan pada keyboard CTRL + V atau Paste. 6. Kembali ke posisi View Normal. 7. Pada posisi view normal, buatlah 7 buah slide dengan cara : 8. Klik kanan pada Slide Preview (sebelah kiri slide), klik New Slide
  9. 9. Ulangi langkah ini sampai ada 7 buah slide yang anda miliki.
  10. 10.  Mengisi Content Slide. 1. Pada slide 1, isilah dengan content JUDUL MATERI ANDA.
  11. 11. 2. Pada slide 2, isilah dengan content STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR.
  12. 12. 3. Pada slide 3, isilah dengan content INDIKATOR.
  13. 13. 4. Pada slide 4, isilah dengan content APERSEPSI.5. Pada slide 5 hingga slide 7 isilah dengan content MATERI.6. Cobalah dengan tekan F5, atau Slide Show  View Show7. slide presentasi ini belum sempurna, karena dengan sembarang klik slide sudah dapat berpindah, tidak dapat diatur.
  14. 14.  Mengatur supaya Slide tidak berpindah ke Slide jika sembarang diklik mouse. 1. Klik SLIDE SHOW  SETUP SHOW. 2. Beri centang pada BROWSED AT A KIOSK ( Full Screen )
  15. 15.  Memberi Action pada Menu. 1. Masuk ke Slide Master. 2. Klik menu SK/KD  klik insert  klik Action
  16. 16. 3. Pilih Hyperlink to  Slide... (... Pilihlah sesuai dengan urutan slide diatas, yaitu slide2)  OK
  17. 17. 4. Ulangi untuk menu-menu berikutnya.5. Pada menu HOME  action setting hyperlink to  First Slide6. Pada menu EXIT  action setting hyperlink to  End Show7. Pada menu NEXT dan PREVI0US  action setting hyperlink to  Next Slide dan Previous Slide8. Kalau sudah semua, keluar dari Slide Master kembali ke Normal9. Cobalah dengan tekan F5, atau dengan Slide Show  From beginning10. Coba anda klik menu yang sudah anda buat.
  18. 18. EVALUASI : Buatlah presentasi dengan powerpoint dengan menggunakan Slide Master dan tombol Hyperlink seperti yang telah dijelaskan!!!

×