Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Geografi

839 views

Published on

Ini adalah presentasi mengenai sejarah bumi pada Zaman Senozoik

Published in: Education
  • Be the first to comment

Geografi

  1. 1. Era Senozoik Kelompok IV Kelas XI IPS 3
  2. 2. Vina Aulia Hafizhah Mayang Sari Putri Annisa Maharani Fadly Siti Aisyah
  3. 3. Era Senozoik ini terbagi kedalam 2 periode, yaitu :1. Periode Tersier Dalam periode ini terbagi atas 5 epok. Epok Paleosen Epok ini dimulai sejak 65 tahun juta yang lalu dan berlangsung selama 10 juta tahun. Epok ini ditandai dengan melimpahnya tumbuhan berbunga serta mulai lazimnya binatang tak bertulang, ikan, amfibi, reptil, dan binatang kecil menyusui. Sementara itu di daratan terbentuk tanah, khususnya di daerah hujan dan panas, sedangkan gunung masih menjulang tinggi karena belum tererosi
  4. 4. Epok EosenEpok ini dimulai sejak 55 juta tahun yang lalu danberlangsung selama 15 juta tahun. Epok ini ditandaidengan mulai berkembangnya buah, biji-bijian, danrerumputan. Melimpahnya burung, amfibi, reptil kecil,dan ikan, serta mulai munculnya kelelawar, unta, kuda,monyet, dan badakSementara itu laut, mulai mengenai daratan.
  5. 5. Epok OligosenEpok ini dimulai sejak 40 juta tahun yang lalu danberlangsung selama 14 juta tahun. Epok ini ditandaidengan munculnya kera primitif dan berkembangnyaberbagai binatang pengerat.Pada akhir epok ini, hewan raksasa yang mirip badakmulai musnah
  6. 6. Epok MiosenEpok ini dimulai sejak 26 juta tahun yang lalu danberlangsung selama 12 juta tahun. Epok ini ditandaidengan kemunculan kerea di Asia dan Eropa.Selain itu juga muncul jenis-jenis binatang yang lain,misalnya kelelawar, monyet, dan beruang primitif.
  7. 7. Epok PliosenEpok ini dimulai sejak 14 juta tahun yang lalu danberlangsung selama 12,5 juta tahun. Epok ini ditandaioleh kemiripan kehidupan laut dengan yang ada pada saatsekarang.Burung dan binatang menyusui mirip dengan burung padazaman modern dan menyebar ke seluruh penjuru dunia.Pada akhir epok inilah manusia mulai muncul.
  8. 8. 2. Periode Kuarter Dalam periode ini terbagi atas 2 epok. Epok Pleistosen Epok ini dimulai sejak 1,75 tahun juta yang lalu. Epok ini ditandai dengan munculnya manusia purba (Homo Erectus atau Pithecanthropus erectus). Mamoot, badak berbulu, dan banyak binatang lain berkembang, tetapi musnah menjelang akhir epok ini karena kedinginan. Pada epok ini sebagian besar Eropa, Amerika Utara, dan Asia bagian utara tertutup es, tidak terkecuali Pegunungan Alpen, Cherpatia, dan Himalaya. Namun, meskipun tertutup es, masih banyak gunung berapi yang meletus.
  9. 9. Epok HolosenEpok ini dimulai sejak 10 ribu tahun yang lalu. Epok iniditandai dengan berkembangnya manusia modern daribentuk premitif. Manusia mulai memiliki peradaban.Manusia mulai memanfaatkan tenaga angin dan air.Kekuatan sungai, gletser, dan ombak mulai mengikisdaratan. Pantai dan delta mulai terbentuk. Gletser zamanes meleleh dan membentuk danau-danau.
  10. 10. SekianTerimakasih

×