Bab i pendahuluan

1,062 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,062
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
29
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab i pendahuluan

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANG Teknologi informasi yang berkembang sangat cepat telah merambahmasuk hampir ke seluruh segmentasi kehidupan. Bisa dikatakan seluruh sektoryang menyangkut kehidupan manusia terutama dalam dunia industri dan lapangankerja telah mengadopsi teknologi informasi sebagai instrument dan tools dalammenjalankan rutinitas aktifitasnya. GDLN Indonesia khususnya GDLN Universitas Riau adalah tempat pusatpembelajaran bagi rakyat Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan melaluisharing knowledge and experience dengan yang lain. Beberapa program telahdijalankan, khususnya pembahasan tentang isu saat ini, antara lain kesehatan,pertanian, pendidikan, ekonomi, teknologi, lingkungan hidup, wisata, isu sosialdan sebagainya. Dalam menjalankan seluruh program ini, GDLN Universitas Riaudidukung dengan fasilitas jaringan internet, sehingga diharapkan dapatmendukung seluruh kegiatan tersebut. Selain memiliki peran kerja seperti yang telah disebutkan, GDLNUniversitas Riau juga memiliki usaha yang bergerak di bidang penyewaanfasilitas seperti gedung, video conference, Warnet (warung internet), dan WiFi(wireless fidelity). Semua kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta karyawan yang berkerjapada bidangnya masing-masing, Untuk tercapainya pelayanan yang maksimalperlu kerjasama dan komunikasi yang baik antar karyawan dan pimpinan. Tersedianya perangkat teknologi yang memadai dapat menimbulkanpemikiran mengenai bagaimana cara menciptakan komunikasi cepat dan praktisyang dapat menghemat waktu karyawan terutama dalam pengiriman laporan. Salah satu media sarana komunikasi yang ada di internet adalah electronicemail (email). Email merupakan sarana komunikasi yang bersifat pengirimansurat elektronik melalui internet. Dengan menggunakan email, dapat menghemat I-1
  2. 2. I-2waktu pengiriman surat. Saat ini telah berkembang suatu teknologi berbasisLinux dalam bidang Email Server yaitu Zimbra. Teknologi ini berbasiskan opensource sehingga siapa saja dapat menggunakannya untuk dikembangkan sesuaidengan kebutuhan. Teknologi ini cocok sekali dengan perusahaan yang memilikikeinginan untuk meningkatkan citra dengan membangun sebuah email server. Alasan yang mempengaruhi pelaksana kerja praktek dalam menggunakanLinux sebagai operating system email server adalah lisensi gratis yang dapatmenghindari terjadinya sweeping operating system dan juga selain itu sebagiankaryawan sudah pernah menggunakan aplikasi Email Server Zimbra inisebelumnya, sehingga kesulitan yang akan dialami dalam pelaksanaan fungsionalsistem email server tidak terlalu besar1.2RUMUSAN MASALAH Rumusan masalah yang akan dipelajari selama kerja praktek ini yaitu: “Bagaimana membangun sistem email server dengan menggunakanZimbra agar kebutuhan komunikasi dapat terpenuhi dengan lebih efisien(menghemat waktu) dan efektif.”1.3 BATASAN MASALAH Batasan masalah dari kerja praktek ini adalah: 1. Implementasi hanya terbatas pada pembangunan email server dalam jaringan lokal GDLN. 2. Aplikasi email server hanya melakukan proses pengiriman dan peneri- maan pesan yang memiliki file attachment dengan ukuran maksimal 25 Mb untuk semua jenis file.
  3. 3. I-31.4 TUJUAN KERJA PRAKTEK Tujuan Umum: 1. Mengetahui secara global mengenai perusahaan, manajemen dan teknologi yang digunakan 2. Mengetahui dan melihat secara langsung penerapan teknologi yang diterapkan dalam perusahaan 3. Memberikan umpan balik yaitu memperoleh wawasan yang luas mengenai perkembangan teknologi serta lingkungan kerja sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja Tujuan Khusus: 1. Membangun dan mengimplementasikan Email server. 2. Menyelesaikan tugas kerja peraktek.1.5 WAKTU DAN TEMPAT KERJA PRAKTEK Kerja praktek akan dilaksanakan pada: Waktu : 7 September 2010 - 27 Januari 2011. Tempat : Gedung GDLN Universitas Riau.1.6 SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN Sistematika penulisan laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut:1. BAB I PENDAHULUAN ; berisi uraian latar belakang, rumusan masalah, tujuan kerja praktek, waktu dan tempat pengerjaan kerja praktek, sistematika penulisan.2. BAB II PROFIL GDLN UNIVERSITAS RIAU ; berisi gambaran umum lembaga, agenda lembaga, visi GDLN UR 2009-2014, misi GDLN UR 2009-20014, struktur lembaga.3. BAB III TUGAS KERJA PRAKTEK ; berisi uraian tugas kerja praktek, analisa permasalahan, metode pengerjaan kerja praktek, jadwal pengerjaan.
  4. 4. I-44. BAB IV LANDASAN TEORI; berisi komputer, server , definisi email, jenis protokol yang digunakan oleh email.5. BAB V ANALISA DAN PERANCANGAN ; berisi hasil analisis email server dengan sub bab (fitur, user/pengguna, koneksi), perangkat yang dibutuhkan.6. BAB VI IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN; berisi implementasi email server dengan sub bab (configurasi pada ubuntu 8.04 LTS, lakukan install Zimbra) pengujian email server, tabel pengujian.7. BAB VII PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran.

×