Nama Kelompok :
PM -IIC
 Destaria
 Heni Sundari Maya Sari
 Lisda Erika Br. Keliat
 Ketrin Agustina Br. Tarigan
 Vroni...
FLOWCHART
PENGERTIAN DAN DEFENISI
FLOWCHART
Flowchart atau Bagan alir adalah
bagan ( chart ) yang menunjukkan alir ( flow )
di dalam...
Jenis-Jenis Flowchart
1. Bagan alir sistem (systems flowchart).
2. Bagan alir dokumen (document flowchart).
3. Bagan alir ...
1. System Flowchart
System flowchart dapat
didefinisikan sebagai bagan yang
menunjukkan arus pekerjaan secara
keseluruhan ...
2. Document Flowchart
Bagan alir dokumen (document
flowchart) atau disebut juga bagan alir
formulir (form flowchart) atau ...
3. Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic
flowchart) merupakan bagan alir
yang mirip dengan bagan alir sistem,...
4. Program Flowchart
Bagan alir program (program
flowchart) merupakan bagan yang
menjelaskan secara rinci langkah-langkah ...
5. Process Flowchart
Bagan alir proses (process
flowchart) merupakan bagan alir
yang banyak digunakan di teknik
industri.
Simbol Dan Notasi Flowchart
♦ Flow Direction Symbols ♦
1. Symbol Off-line Connector ( Simbol untuk
keluar/masuk prosedure ...
♦ Processing symbols ♦
1. Symbol Process (Simbol yang
menunjukkan pengolahan yang
dilakukan oleh komputer)
2. Symbol Manua...
♦ Input-output symbols ♦
1. Symbol magnetic-tape unit
(Symbol yang menyatakan input
berasal pita magnetic atau output
disi...
Pedoman Membuat Flowchart
1. Flowchart digambarkan dari halaman atas
ke bawah dan dari kiri kekanan.
2. Aktivitas yang dig...
5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada
urutan yang benar.
6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang
diga...
Contoh Flowchart
Proses Mengoreng Telur Dadar :
Pertama, kita masukan telur ke
dalam mangkuk, kemudian
mengocoknya dengan ...
Flowchart
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Flowchart

360 views

Published on

Flowchart atau Bagan alir adalah bagan  ( chart ) yang menunjukkan alir ( flow ) di dalam program atau prosedur sistem secara logika.

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
360
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Flowchart

  1. 1. Nama Kelompok : PM -IIC  Destaria  Heni Sundari Maya Sari  Lisda Erika Br. Keliat  Ketrin Agustina Br. Tarigan  Vronika Kristiani Br. Manullang
  2. 2. FLOWCHART
  3. 3. PENGERTIAN DAN DEFENISI FLOWCHART Flowchart atau Bagan alir adalah bagan ( chart ) yang menunjukkan alir ( flow ) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
  4. 4. Jenis-Jenis Flowchart 1. Bagan alir sistem (systems flowchart). 2. Bagan alir dokumen (document flowchart). 3. Bagan alir skematik (schematic flowchart). 4. Bagan alir program (program flowchart). 5. Bagan alir proses (process flowchart).
  5. 5. 1. System Flowchart System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
  6. 6. 2. Document Flowchart Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
  7. 7. 3. Schematic Flowchart Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem.
  8. 8. 4. Program Flowchart Bagan alir program (program flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart).
  9. 9. 5. Process Flowchart Bagan alir proses (process flowchart) merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri.
  10. 10. Simbol Dan Notasi Flowchart ♦ Flow Direction Symbols ♦ 1. Symbol Off-line Connector ( Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain) 2. Symbol Connector (Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama)
  11. 11. ♦ Processing symbols ♦ 1. Symbol Process (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer) 2. Symbol Manual Operation (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh komputer) 3. Symbol Decision (Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi)
  12. 12. ♦ Input-output symbols ♦ 1. Symbol magnetic-tape unit (Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic) 2. Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)
  13. 13. Pedoman Membuat Flowchart 1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan. 2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya. 3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas. 4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja.
  14. 14. 5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar. 6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem. 7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
  15. 15. Contoh Flowchart Proses Mengoreng Telur Dadar : Pertama, kita masukan telur ke dalam mangkuk, kemudian mengocoknya dengan rata. Setelah itu, masukkan minyak goreng dalam wajan dan memasukkan telur tersebut. Telur di goreng dan di bolak-balik sampai matang. Telurpun siap disajikan.

×