Successfully reported this slideshow.

phisycal model datawarehouse using uml

274 views

Published on

Published in: Data & Analytics
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

phisycal model datawarehouse using uml

  1. 1. Physical Modeling of Data Warehouse using Unified Modeling Language (UML)
  2. 2. Data Warehouse Design Framework Arsitektur dari sebuah data warehouse biasanya digambarkan dengan beberapa layer dimana layer yang satu didapat dari layer sebelumnya. Dalam pendekatan yang kami lakukan, kami melakukan pengembangan sebuah data warehouse melalui sebuah framework yang terintegrasi dimana terdapat lima tahapan (stages) dan tiga tingkat (level) yang menggambarkan diagram-diagram yang memodelkan data warehouse, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
  3. 3. Data warehouse design framework ….
  4. 4. Data warehouse design framework …. Dari gambar di atas dapat dijelaskan bahwa:  Tahapan/stages: kami membedakan lima tahapan dalam mendefinisikan sebuah data warehouse: • Source, yang merupakan sumber data dari data warehouse (DW) seperti OLTP (online transaction processing) sistem, dan sumber data eksternal yang lain (seperti syndicated data dan census data)
  5. 5. Data warehouse design framework ….  Integration, yang mendefinisikan mapping antara data sumber dengan DW  Data Warehouse, yang mendefinisikan struktur dari DW.  Customization, yang mendefinisikan mapping antara DW dan struktur dari client  Client, yang mendefinisikan struktur yang digunakan oleh client untuk mengakses DW seperti data marts atau aplikasi OLAP (online analytical processing)
  6. 6. Data warehouse design framework ….  Tingkat/level: setiap tahapan dapat di analisa melalui tiga tingkat atau persfektif:  Konseptual  Logical  Physical
  7. 7. Data warehouse design framework …. Di gambar 2, kami menunjukkan diagram yang akan menunjukkan hubungan antara diagram DWCS, DWLS dan DWPS:
  8. 8. Data warehouse design framework ….
  9. 9. UML Component and Deployment Diagrams Diagram implementasi menunjukkan aspek dari implementasi dari sis fisik, termasuk struktur dari komponen-komponen yang digunakan dan deployment sistem saat digunakan. Diagram implementasi terdiri dari dua bagian: 1. komponen diagram yang menunjukkan struktur dari komponen-komponen yang digunakan, termasuk classifiers yang mendefinisikan mereka dan artifact yang mengimplementasikan mereka.
  10. 10. UML Component and Deployment Diagrams …......... 2. Deployment diagram yang menunjukkan struktur dari node-node dimana komponen- komponen di deploy.
  11. 11. Data Warehouse Physical Design Di gambar 1 kami sudah menjelaskan metode design untuk membangun sebuah DW. Dalam metode ini kami menggunakan component dan deployment diagram untuk memodelkan physical level dari sebuah DW. Untuk mencapai tujuan di atas kami mengajukan lima diagram yang berhubungan dengan lima tahapan berikut ini:
  12. 12. Data Warehouse Physical Design …..  Source Physical Schema (SPS), yang menunjukkan konfigurasi fisik dari sumber data yang membentuk DW.  Integration Transportation Diagram (ITD): yang menunjukkan struktur fisik dari ETL proses yaitu meng-extract, transform dan load data ke DW. Diagram ini akan menghubungkan SPS dengan diagram berikutnya.
  13. 13. Data Warehouse Physical Design …..  Data Warehouse Physical Schema (DWPS): menunjukkan struktur fisik dari DW.  Customization Transportation Diagram (CTD): menunjukkan struktur fisik dari proses perubahan dari DW struktur spesifik yang digunakan oleh client. Diagram ini menghubungkan DWPS dengan diagram berikutnya.
  14. 14. Data Warehouse Physical Design …..  Client Physical Schema (CPS): menunjukkan konfigurasi fisik dari struktur yang digunakan oleh client untuk mengakses DW. SPS, DWPS dan CPS menggunakan component diagram, ITD dan CTD menggunakan deployment diagram.
  15. 15. Data Warehouse Physical Design ….. Diagram-diagram ini menunjukkan aspek pemodelan dari penyimpanan data, seperti ukuran database, informasi mengenai dimana database akan berada (hardware dan software), pemartisian data, pemilihan DBMS dlsb. Dalam paper ini kami akan menggunakan contoh dimana final user memerlukan DW yang memiliki penjualan harian dari sebuah perusahaan yang berbisnis automobiles (mobil dan truk).
  16. 16. Data Warehouse Physical Design ….. Terdapat dua sumber data yaitu server yang berisi data transaksi dan penjualan, dan CRM (Customer Relationship Management) server yang berisi data mengenai konsumen yang membeli produk. Pendekatan yang kami lakukan, kami melakukan model konseptual ke dalam tiga level, yaitu:
  17. 17. Data Warehouse Physical Design …..
  18. 18. Data Warehouse Physical Design …..
  19. 19. Data Warehouse Physical Design ….. Level 1 : Model definisi. Menunjukkan skema star dari model konseptual multidimensional data. Ketergantungan antara dua package pada level ini menunjukkan bahwa skema star sedikitnya berbadi satu dimensi, memperlihatkan kepada kita mengenai conformed dimensions.
  20. 20. Data Warehouse Physical Design ….. Level dua: Definisi dari skema star. Menunjukkan fact atau dimensi dari skema star. Ketergantungan antara dua dimensi pada level ini menunjukkan bahwa package sedikitnya berbagi satu level dimensi hirarki. Level tiga: Dimensi/fact definisi. Package sudah dijabarkan ke dalam kelas-kelas yang menunjukkan level hirarki dalam dimensi, atau semua skema star dalam package fact.
  21. 21. Data Warehouse Physical Design ….. Dalam gambar 6, kami menunjukkan level pertama dari DWCS, yang menunjukkan model konseptual dari DW. Di dalam contoh yang kami gunakan level pertama ini menunjukkan satu package yang bernama Auto-sales schema. Dalam gambar 7, kami menunjukkan level kedua dari DWCS. Package Auto-sales fact yang berada di tengah dan dimensi-dimensi package yang berada di sekitar fact.
  22. 22. Data Warehouse Physical Design ….. Dalam gambar 8, kami menunjukkan level tiga dari DWCS, kami hanya menunjukkan atribute-atribute dari dua dimensi saja yaitu Salesperson dan Customer. Kemudian kami akan menunjukkan Data Warehouse Logical Schema (DWLS) yang menunjukkan model logical dari DW. Dalam contoh ini kami menggunakan ROLAP (Relational Online Analytical Processing) sistem, yang berarti penggunaan model relasional dalam mendesign model logika dari DW.
  23. 23. Data Warehouse Physical Design …..
  24. 24. Source Physical Schema
  25. 25. Data Warehouse Physical Schema
  26. 26. Data Warehouse Physical Schema
  27. 27. Data Warehouse Physical Schema
  28. 28. Integration Transportation Diagram
  29. 29. Customization Transportation Diagram
  30. 30. Kesimpulan Dalam paper ini kami telah menunjukkan penggunaan dari component dan deployment diagram dari UML, yang merupakan standar pemodelan physical design dari DW. Pendekatan yang kami gunakan menggunakan framework yang memfasilitasi pengintegrasian beberapa model yang berbeda untuk memodelkan DW. Keuntungan dari pendekatan yang kami gunakan adalah:
  31. 31. Kesimpulan …...........  Ini merupakan pendekatan yang terintegrasi dimana penggunaan beberapa diagram dan selalu menggunakan standar notasi yang sama berdasarkan UML untuk memodelkan semua aspek yang terkait dengan DW.  Mudahnya untuk memahami design dari DW karena kami memodelkan dari level konseptual sampai dengan fisik.  Mengurangi biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah DW karena kami sudah memperlihatkan level implementasi fisik sejak level awal.
  32. 32. Kesimpulan …...........  Memperlihatkan beberapa level abstraksi dengan menyediakan beberapa level detail untuk diagram yang sama.

×