pasar uang dan pasar barang

14,792 views
14,100 views

Published on

mantap

1 Comment
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
14,792
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
418
Comments
1
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

pasar uang dan pasar barang

  1. 1. 4 Pasar Uang dan Pasar Barang:Model IS-LM
  2. 2. PASAR BARANG DAN KURVA IS Keseimbangan di pasar barang terjadi ketika produksi barang (Y) sama dengan permintaan terhadap barang (Z). Kondisi ini disebut juga sebagai hubungan IS. Pada pertemuan sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa tingkat suku bunga tidak mempengaruhi permintaan terhadap barang. Kondisi keseimbangannya adalah: Y  C(Y  T )  I  G
  3. 3. Investasi, Penjualan, dan Tingkat Suku Bunga ◦ Investasi dipengaruhi oleh dua faktor: a. Tingkat Penjualan (+) b. Tingkat suku bunga (-) I  I (Y , i ) [2] (  , ) ◦ Dengan memasukkan fungsi investasi ini ke dalam persamaan [1], maka kondisi keseimbangan pasar barang akan menjadi: Y  C(Y  T )  I (Y , i )  G ◦ Pada tingkat suku bunga tertentu, permintaan akan berhubungan positif dengan output. Hal ini terjadi karena: a. Peningkatan output akan mendorong peningkatan pendapatan dan juga peningkatan disposable income b. Peningkatan output nantinya juga akan meningkatkan investasi
  4. 4. Penentuan OutputGambar 5 - 1Keseimbangan di PasarBarangPermintaan barangberhubungan positif denganoutput.Kondisi yang dibutuhkan akantercipta keseimbangan/ekuilibrium adalah permintaanbarang sama dengan jumlahoutputnya.
  5. 5. Penentuan OutputGambar 1Terdapat dua karakteristika dari ZZ:  Karena diasumsikan bahwa konsumsi dan investasi berhubungan secara linier, maka kurva ZZ secara umum lebih tepat dikatakan sebagai sebuah kurva daripada sebagai sebuah garis.  ZZ digambarkan lebih landai dari garis 45- derajat karena diasumsikan bahwa peningkatan output akan mendorong peningkatan permintaan, namun nilai peningkatan permintaan yang terjadi lebih kecil dari nilai peningkatan output (kurang dari one-for-one relation).
  6. 6. Penurunan Kurva ISGambar 2Dampak peningkatantingkat suku bungaterhadap outputPeningkatan tingkat sukubunga akan menurunkanpermintaan terhadap barang,berapa pun tingkatoutputnya.
  7. 7. Gambar 3 Dengan mengamati gambarPenurunan Kurva IS di samping, kita dapat mengamati hubungan antara output keseimbangan danKeseimbangan di pasar tingkat suku bunga.barang menunjukkan  Gambar 3(a): tingkat suku bunga i menunjukkan kondisi dimanabahwa peningkatan tingkat output sama dengan Y.tingkat suku bunga akan  Gambar 3(b) menggambarkan keseimbangan output Y sebagaimendorong penurunan sumbu horizontal dan tingkat suku bunga sebagai sumbuoutput. vertikal.Kurva IS memiliki  Hubungan antara tingkat suku bunga dan output ini ditunjukkankemiringan negatif oleh kurva yang memiliki kemiringan negatif pada gambar(downward sloping) 3(b). Kurva ini disebut juga sebagai kurva IS.
  8. 8. Gambar 4 Pergeseran Kurva IS Peningkatan pajak akan menggeser kurva IS ke kiri.Let’s summarize: Keseimbangan di pasar barang menunjukkan bahwa peningkatan tingkat suku bunga akan mendorong penurunan output. Jika terjadi penurunan faktor-faktor yang mempengaruhi kurva permintaan, pada tingkat suku bunga berapa pun, pada tingkat suku bunga tertentu, kurva IS akan bergeser ke kiri.
  9. 9. PASAR UANG DAN KURVA LM Tingkat suku bunga ditentukan oleh keseimbangan antara permintaan dan penawaran uang: M  $YL(i ) dimana M= stok uang nominal $YL (i) = permintaan terhadap uang $ Y = pendapatan nominal i tingkat suku bunga riil.
  10. 10. Uang Riil, Pendapatan Riil, dan TingkatSuku BungaHubungan LM: pada saat keseimbangan, permintaan uang riil akan sama dengan penawaran uang riil, yang tergantung dari pendapatan riil (Y) dan tingkat suku bunga. M  YL(i ) PPada bab 2 diketahui bahwa: GDP $Y  YP= GDP Riil x GDP Deflator. nasional $Y YDengan kata lain: P
  11. 11. Penurunan Kurva LMGambar 5Dampak PeningkatanPendapatan terhadapTingkat Suku BungaPeningkatan pendapatan,pada tingkat suku bungatertentu, akan mendorongpeningkatan permintaanterhadap uang.Ketika tingkat penawaranuang yang tetap, hal iniakan mendorong terjadinyapeningkatan tingkat sukubunga keseimbangan .
  12. 12. Penurunan Kurva LM Gambar 6 Penurunan Kurva LM Keseimbangan di pasar keuangan menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan akan mendorong peningkatan tingkat suku bunga. Kemiringan kurva LM adalah positif (upward-sloping).Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa:  Gambar 5 (a) merupakan penulisan kembali dari gambar 5  Gambar 6 (b) menggambarkan tingkat suku bunga keseimbangan I di sumbu vertikal dan pendapatan di sumbu horizontal  Hubungan antara output dan tingkat suku bunga ditunjukkan oleh kurva dengan kemiringan positif (upward-sloping curve) pada gambar6(b). Kurva ini dikenal juga sebagai kurva LM.
  13. 13. Gambar 7 Pergeseran Kurva LM Peningkatan jumlah uang akan menggeser kurva LM ke bawah.Let’s summarize:  Keseimbangan di pasar uang menunjukkan bahwa di saat tingkat penawaran uang riil tertentu, terjadinya peningkatan pendapatan (yang meningkatakan permintaan terhadap uang) akan menyebabkan terjadinya peningkatan tingkat suku bunga.  Peningkatan penawaran uang akan menggeser kurva LM ke bawah, dan sebaliknya
  14. 14. Meletakkan IS dan LM secara Bersama-SamaGambar 8Model IS-LM IS relation: Y  C(Y  T )  I (Y , i )  GKeseimbangan di pasar barang M LM relation:  YL(i )menunjukkan bahwa peningkatan Ptingkat suku bunga akanmendorong terjadinya penurunanoutput.Keseimbangan pasar uangmenunjukkan bahwa peningkatanoutput akan mendorongpeningkatan tingkat suku bunga.Ketika kurva IS berpotongandengan kurva LM, maka akantercipta kondisi keseimbangan.
  15. 15. Kebijakan Fiskal, Kegiatan Fiskal, danTingkat Suku Bunga Kontraksi Fiskal (konsolidasi fiskal) merujuk pada kebijakan fiskal yang bertujuan untuk mengurangi defisit anggaran Ketika kebijakan fiskal yang dilakukan mendorong terjadinya peningkatan defisit anggaran dikenal juga sebagai ekspansi fiskal. Pajak mempengaruhi kurva IS, bukan kurva LM.
  16. 16. Kebijakan Fiskal, Kegiatan Fiskal, danTingkat Suku Bunga Gambar 9 Dampak Peningkatan Pajak Peningkatan pajak akan menggeser kurva IS ke kiri, dan mendorong terjadinya penurunan tingkat output keseimbangan dan tingkat suku bunga keseimbangan.
  17. 17. Pengurangan Defisit:Baik atau Burukuntuk Investasi?Investasi = Private saving + Public saving I = S + (T – G)Kontraksi fiskal dapat menurunkan investasi. Atau dengankata lain, kebijakan ekspansi fiskal akan mendorongpeningkatan investasi.
  18. 18. Kebijakan Moneter, Aktivitas Moneter, danTingkat Suku Bunga Kontraksi moneter, atau pengetatan moneter berhubungan dengan penurunan penawaran uang Ketika terjadi peningkatan penawaran uang, dikenal juga sebagai ekspansi moneter. Kebijakan moneter tidak mempengaruhi kurva IS, tapi hanya mempengaruhi kurva LM. Misalnya, ketika terjadi peningkatan penawaran uang, kurva LM akan bergeser ke bawah.
  19. 19. Kebijakan Moneter, Aktivitas Moneter, danTingkat Suku BungaGambar 10Dampak dari EkspansiMoneterEkspansi moneter akanmendorong terjadinyapeningkatan output danpenurunan tingkat sukubunga.
  20. 20. Penggunaan Kombinasi Kebijakan Kombinasi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter diketahui juga sebagai monetary-fiscal policy mix, atau policy mix. Tabel 1 Dampak Kebijakan Fiskal dan Moneter Pergesera Perubahan Perubahan Pergeseran n Kurva Output Tingkat Suku kurva IS LM Bunga Increase in taxes Kiri - Kebawah kebawah Decrease in taxes Kanan - Keatas Keatas Increase in spending Kanan - Keatas Keatas Decrease in spending Kiri - Kebawah Kebawah Increase in money - Kebawah Keatas Kebawah Decrease in money - Keatas kebawah Keatas
  21. 21. Ilustrasi Aplikasi KebijakanResesi Amerika Serikat Tahun 2001Gambar 11TingkatPertumbuhanEkonomi AmerikaSerikat, 1999:1-2002:4
  22. 22. FOKUS:Resesi Amerika Serikat Tahun 2001Gambar 12Federal Funds Rate,1999:1-2002:4
  23. 23. FOKUS:Resesi Amerika Serikat Tahun 2001Gambar 13Pendapatan danPengeluaranPemerinta AS (rasioterhadap GDP),1999:1-2002:4
  24. 24. FOKUS:Resesi Amerika Serikat Tahun 2001Gambar 14Resesi AS Tahun2001
  25. 25. FOKUS:Resesi Amerika Serikat Tahun 2001 Hal yang terjadi pada tahun 2001 adalah sebagai berikut: ◦ Penurunan permintaan investasi mendorong pergeseran kurva IS secara tajam ke arah kiri, dari IS ke IS’ ◦ Peningkatan penawaran uang mendorong kurva LM bergeser ke bawah, dari LM ke LM’ ◦ Penurunan tingkat pajak dan peningkatan pengeluaran mendorong pergeseran kurva IS ke kanan, dari IS’ ke IS’’
  26. 26. Bagaimana Model IS-LM Berkesesuaiandengan Fakta? Memperkenalkan konsep dinamis pada kuliah ini adalah sesuatu yang sulit, namun secara sederhana, mekanisme dasarnya adalah sebagai berikut: ◦ Konsumen cenderung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan konsumsinya ketika terjadi perubahan pendapatan disposable. ◦ Perusahaan akan cendrung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pengeluaran investasinya ketika terjadi perubahan penjualannya ◦ Perusahaan akan cendrung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pengeluaran investasinya ketika terjadi perubahan tingkat suku bunga ◦ Perusahaan akan cendrung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan produksinya ketika terjadi perubahan penjualannya
  27. 27. Bagaimana Model IS-LM Berkesesuaian dengan Fakta?Gambar 15Dampak EmpirisPeningkatan FederalFunds RateDalam jangka pendek,peningkatan federalfunds rate akanmendorong penurunanoutput dan peningkatanpengangguran, dandampaknya terhadaptingkat harga kecil.
  28. 28. Bagaimana Model IS-LM Berkesesuaiandengan Fakta? Dua garis putus-putus dan ruang yang diarsir diantara kedua garis putus-putus ini menunjukkan daerah kepercayaan, daerah probabilitas 60%. ◦ Gambar 15(a) menunjukkan dampak peningkatan federal fund rate sebesar 1% terhadap penjualan eceran sepanjang waktu. ◦ Gambar 15(b) menunjukkan bagaimana penjualan yang lebih rendah akan mendorong output yang lebih rendah ◦ Gambar 15(c) menunjukkan bagaimana output yang lebih rendah akan mendorong tingkat bekerja yang lebih rendah ◦ Gambar 15(d) mengamati perilaku dari tingkat harga

×