Analisis swot

8,170 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
8,170
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
400
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Analisis swot

  1. 1. Apa Itu Analisis SWOT? SWOT adalah salah satu teknik analisis organisasi untuk mengetahui bagaimana kondisi organisasi yang bersangkutan saat ini, serta bagaimana pula kondisi yang akan dihadapinya ke depan, dengan mempertimbangkan faktor kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman.
  2. 2. Diketahuinya faktor pendukung dan penghambat organisasi, pemahaman terhadap kondisi organisasi lebih baik, perencanaan tindakan jadi lebih mudah dan tepat sasaranManfaat Analisis SWOT
  3. 3. Setiap faktor/kondisi positif yangberasal dari dalam organisasi yangmemungkinkan organisasi tersebutdapat terus tumbuh, berkembang, ataumencapai kondisi yang lebih baik.
  4. 4. Setiap faktor/kondisi negatif yang berasal daridalam organisasi yang memungkinkan organisasitersebut mengalami kehancuran, kekalahan,degradasi atau penurunan keadaan.
  5. 5. Setiap faktor/kondisi positif yang berasaldari luar organisasi yang memungkinkanorganisasi tersebut mengalami kemajuan,perkembangan, atau pencapaian kondisiyang lebih baik.
  6. 6. Setiap faktor/kondisi negatif yang berasal dari luarorganisasi yang dapat mengakibatkan organisasitersebut mengalami kehancuran, kemunduran, ataujatuh ke kondisi yang lebih buruk.
  7. 7. Kesimpulan Hasil Analisis• GO: Jalankan rencana sesuai agenda/program yang telah disusun. Kekuatan dan peluang yang dimiliki organisasi relatif lebih besar ketimbang kelemahan dan ancaman yang ada, sehingga kemungkinan sukses terbuka lebar.• CANCEL: Rencana sebaiknya dibatalkan karena tidak ada daya dukung yang memungkinkan organisasi dapat sukses menjalankan organisasi tersebut. Terlalu besar kelemahan ketimbang kekuatan, dan terlalu banyak ancaman ketimbang peluang.
  8. 8. • HELP: Lakukan penguatan terlebih dahulu sebelum rencana dilaksanakan. Perbaiki kelemahan yang ada, dan susun terlebih dahulu rencana antisipasi ancaman dengan lebih baik. Jika ini bisa dilakukan, baru rencana bisa dilaksanakan.• RECOUNT: Pertimbangkan kembali. Rencana bisa dilaksanakan, jika sejumlah kelemahan dan ancaman bisa diantisipasi atau diperbaiki. Atau, bisa juga pelaksanaan rencana tersebut ditunda atau dibatalkan sama sekali jika waktu dan potensi yang ada tidak memungkinkan buat melakukan perbaikan.

×