• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
bahasa indonesia pragraf
 

bahasa indonesia pragraf

on

  • 348 views

Tugas Bahasa Indonesia Tentang Paragraf

Tugas Bahasa Indonesia Tentang Paragraf

Statistics

Views

Total Views
348
Views on SlideShare
348
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
5
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    bahasa indonesia pragraf bahasa indonesia pragraf Presentation Transcript

    • TUGAS KELOMPOK ENAM PARAGRAFNAMA KELOMPOK :1. WIWIN HENDRAWAN 121082490692. DASMIWATI 121082490723. LIDIA UTU LENDI 121082490664. MARLIN LIKA INGA 121082490745. YOLANDAYUNITA MNUOM 12108249064
    • PARGRAFA. Pengertian paragrafParagraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitanantara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilahpenulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atautema pembicaraan
    • Dalam 1 paragraf terdapat beberapa bentuk kalimat,kalimat-kalimat itu ialah:1. kalimat pengenal2. kalimat utama (kalimat topik)3. kalimat penjelas, dan4. kalimat penutupKalimat-kalimat ini terangkai menjadi satu kesatuan yang dapat membentuksuatu gagasan. Panjang pendeknya suatu paragraf dapat menjadi penentu seberapabanyak ide pokok paragraf yang dapat diungkapkan.
    • B. Jenis-jenis paragraf1. Jenis Paragraf Berdasarkan Sifat dan Tujuannyaa. Paragraf PembukaTiap jenis karangan akan mempunyai paragraf yang membuka ataumenghantar karangan itu, atau menghantar pokok pikiran dalambagian karangan itu.b. Paragraf PenghubungYang dimaksud dengan paragraf penghubung adalah semua paragrafyang terdapat di antara paragraf pembuka dan paragraf penutup.c. Paragraf PenutupParagraf penutup adalah paragraf yang dimaksudkan untukmengakhiri karangan atau bagian karangan.
    • 2. Jenis parrgraf berdasarkan Letak Kalimat UtamaLetak kalimat utama juga turut menentukan jenis paragraf, dari dasar tersebut penulismenetapkan letak kalimat utama dalam paragraf sebagai salah satu criteria penjenisanparagraf.a. Paragraf DeduktifParagraf dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat utama.Kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskankalimat utama.b. Paragraf InduktifParagraf ini dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan atau perincian-perincian, kemudian ditutup dengan kalimat utama.c. Paragraf Gabungan atau CampuranPada paragraf ini kalimat topik ditempatkan pada bagian awal dan akhir paragraf.
    • 3. Jenis kalimat berdasarkan isi atu pemaparanya1. NarasiNarasi atau cerita adalah jenis karangan yang menceritakan suatu pokokpersoalan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam narasi adalah: Biasanya ceritadisampaikan secara kronologis, Mengandung plot atau rangkaian peristiwa, Adatokoh yang menceritakan, baik manusia maupun bukan.2. DiskripsiDiskripsi adalah jenis karangan yang dibuat untuk menyampaikan gambaransecara objektif suatu keadaan sehingga pembaca memiliki pemahaman yangsamadengan informasi yang disampaikan.
    • 3. EksposisiEksposisi adalah karangan yang dibuat untuk menerangkan suatu pokokpersoalan yang dapat meperluas wawasan pembaca. Untuk mempertegas masalahyang disampaikan biasanya dilengkapi dengan gambar, data, dan statistik.4. ArgumentasiArgumentasi adalah jenis karangan yang berisi gagasan lengkap dengan buktidan alasan serta dijalin dengan proses penalaran yang kritis dan logis. Argumentasidibuat untuk mempengaruhi atau meyakinkan pembaca untuk menyatakanpersetujuannya.5. PersuasiPersuasi meruoakan jenis karangan yang disampaikan dengan menggunakanbahasa yang singkat, padat, dan menarik untuk mempengaruhi pembaca sehinggapembaca terhanyut oleh siratan isimya.
    • C. Ciri-ciri dari paragraf1. Kalimat pertama bertakuk (block style) ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karanganbiasa, misalnya surat, dan delapan ketukan untuk jenis karangan ilmiah formal, misalnya:makalah, skripsi, desertasi, dll. Karangan berbentuk lurus dan tidak bertakuk ditandai dengan jarakspasi merenggang, satu spasi lebih banyak daripada antar baris lainnya2. Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topik3. Setiap paragraf menggunakan sebuah kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembangyang berfungsi menjelaskan, menguraikan, atau menerangkan pikiran utama yang ada dalam kalimattopik4. Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimatpenjelas. Kalimat ini berisi detail - detail kalimat topik. Paragraf bukan kumpulan kalimat - kalimattopik. Paragraf hanya besiri satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Setiap kalimatpenjelas berisi detail yang sangat spesifik, dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.
    • Ciri-ciri paragraf yang baik.1. Hanya mengandung satu ide pokok atau gagasan2. Ada kepaduan dan kesatuan antar kalimat pembentuk paragraf3. Paragraf dikatakan padu (kohesif) jika kalimat pembentuknya berkaitan satusama lain.4. Paragraf dikatakan ada kesatuan (koherensif) jika kalimat-kalimatpembentuknya tidak terlepas dari ide pokok.5. Berunsur kalimat topik (kalimat utama) dan kalimat pengembang (kalimatpendukudukung yang berisi ide pokok ide pokok yang terbentang dalamkalimat topik)
    • D. Struktur pargrafKalimat-kalimat yang membangun paragraf pada umumnya dapatdiklasifikasikan atas dua macam, yaitu:1. kalimat topik atau kalimat utama, dan2. kalimat penjelas atau kalimat pendukung.Paragraf yang efektif memenuhi dua syarat, yaitu:1. adanya kesatuan makna (koherensi),2. adanya kesatuan bentuk (kohesi), dan hanya memiliki satu pikiranutama.E. Persaratan paragraf
    • F. Fungsi pargraf
    • DAFTAR PUSTAKADepdiknas. 2002. Kamus Besar Bahsa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta :Depdiknasa.Dini, Dahlia dan Sitorus. 2004. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia.Bandung : CV Yrama Widya.(www.susandi.wordpress.com/2010/02/09/paragraf, diakses 12 maret 2013)Pujiono, Setyawan.2013.Terampil Menulis Cara Mudah dan Praktis dalamMenulis. Jogjakarta : graha ilmu