Peradaban Indonesia dan Dunia

9,095 views
8,770 views

Published on

yang anak sma 90 jakarta yang lagi cari presentasi tentang peradaban indonesia dan dunia, gue upload presentasinya tapi cuma bagian A doang..

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,095
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
167
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peradaban Indonesia dan Dunia

  1. 1. Peradaban Indonesia dan Dunia (Bagian A) Anggota:  Annisa Nabila  Firdha Noor  Gafia Ratna  Gladys Prita .P  Hurriyani Sekar .P  Nadira Sekar .L  Resi Parmasari  Ulfa Kelas: X-4
  2. 2. A. Kehidupan Awal Masyarakat di Kepulauan Indonesia 1. Pembagian Bumi berdasarkan Geologi a. Zaman Arkaeum • Usia sekitar 2500 juta tahun • Keadaan bumi belum stabil dan masih panas, kulit bumi dalam proses pembentukan • Belum ada tanda tanda kehidupan b. Zaman Palaeozoikum • Usia sekitar 340 juta tahun • Keadaan bumi belum stabil dan masih berubah ubah • Sudah ada tanda tanda kehidupan (seperti makhluk bersel satu atau mikroorganisme, binatang yang tidak bertulang belakang punggung, beberapa jenis ikan, amfibi, dan reptil) • Disebut juga zaman primer atau zaman pertama
  3. 3. c. Zaman Mesozoikum  Mesozoikum (Bahasa Yunani: μεσο, meso, "antara" dan ζωον, zoon, "hewan" atau berarti "hewan pertengahan") adalah salah satu dari tiga era geologi pada eon Fanerozoikum. Pembagian waktu menjadi era ini diawali oleh Giovanni Arduino pada abad ke-18, walaupun nama asli yang diberikannya untuk Mesozoikum adalah Sekunder (menjadikan era modern menjadi Tersier). Era yang berlangsung antara Paleozoikum dan Kenozoikum ini sering pula disebut Zaman Kehidupan Pertengahan atau Zaman Dinosaurus, mengikuti nama fauna yang dominan pada masa itu.  Mesozoikum ditandai dengan aktivitas tektonik, iklim, dan evolusi. Benua-benua secara perlahan mengalami pergeseran dari saling menyatu satu sama lain menjadi seperti keadaannya saat ini. Pergeseran ini menimbulkan spesiasi dan berbagai perkembangan evolusi penting lainnya. Iklim hangat yang terjadi sepanjang periode juga memegang peranan penting bagi evolusi dan diversifikasi spesies hewan baru. Yaitu munculnya binatang – binatang besar, seperti dinosaurus, atlantosaurus, serta jenis – jenis burung dalam bentuk yang besar dan adapula reptil. Pada akhir zaman ini, dasar-dasar kehidupan modern terbentuk.
  4. 4. • Mesozoikum berlangsung kurang lebih selama 180 juta tahun, antara 251 hingga 65 juta tahun yang lalu. Era ini dibagi menjadi tiga periode: Trias, Jura, dan Kapur.
  5. 5. Peninggalan benda bersejarah pada zaman Mesozoikum
  6. 6. d. Zaman Neozoikum (Kainozoikum)  Zaman Neozoikum diperkirakan berusia 60 juta tahun yang lalu. Saat itu keadaan bumi sudah semakin memungkinkan untuk mendorong munculnya makhluk hidup lainnya seperti binatang menyusui, sejenis kera dan monyet. Zaman ini terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman tersier dan zaman kuarter.
  7. 7. 1. Zaman Tersier  Zaman Tersier Pada jaman ini binatang reptil sudah mulai lenyap dan berkembang binatang menyusui.  Zaman Tersier berlangsung sekitar 60 juta tahun.  Zaman Tersier terbagi menjadi zaman Pliosen, Miosen, Oligosen, Eosen, Paleosen.
  8. 8. 2. Zaman Quarter  Zaman Kuarter berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu, yang ditandai dengan munculnya manusia purba. Zaman kuarter sendiri juga terbagi menjadi zaman Holocen (Holosin) dan zaman pleistocen.  1) Jaman Dilluvium/jaman Es/Interglasial. Pada masa ini Eropa Utara, Asia Utara dan Amerika Utara tertutup oleh es yang sangat luas. Bagian Barat Indonesia menyatu dengan Asia sedangkan bagian Timur menyatu dengan Australia. Era Pleitosen (deluvium) atau Zaman Es berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba. Zaman pleistosen ditandai dengan meluasnya lapisan es di kedua kutub Bumi (zaman glacial) dan zaman ketika es kembali mencair (zaman interglacial). Zaman pleistosin berakhir sekitar 10.000 tahun Sebelum Masehi kemudian diiringi Zaman Holosen atau Zaman Alluvium yang berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalu.
  9. 9. 2) Jaman Alluvium / Holosen Pada jaman inilah berkembangnya kehidupan manusia jenis Homo Sapiens seperti manusia sekarang ini.  Zaman Holosen atau Zaman Alluvium diperkirakan berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalu.
  10. 10. Peninggalan berbentuk fosil dan benda pada zaman neozoikum
  11. 11. 2. Pembagian Bumi berdasarkan Arkeologi Selain pembagian zaman berdasarkan kajian geologis, dikenal juga pembagian zaman berdasarkan kajian arkeologis, yaitu berdasarkan jenis peralatan atau benda-benda yang dipergunakan sebagai penopang kehidupan sehari-hari. Pembagian zaman tersebut adalah sebagai berikut. a. Zaman Batu Zaman batu adalah zaman ketika manusia menggunakan alat-alat penunjang hidup manusia yang terbuat dari kayu atau bambu, tetapi bekas-bekasnya tidak ada sama sekali. Manusia pendukung pada zaman ini memiliki daya pikir yang sangat rendah. Dengan demikian,kepandaian untuk menciptakan alat-alat hidup bjuga sangat rendah. para ahli purbakala membedakan zaman ini ke dalam zaman Batu Tua,Batu Tengah,Batu Muda,dan Batu Besar.
  12. 12. 1. Zaman Batu Tua (Palaeolithikum)  Zaman ini diperkirakan berlangsung selama 600.000 tahun silam. Selama kurun waktu tersebut, manusia hanya menggunakan alat-alat yang paling dekat dengan lingkungan hidup mereka. Seperti kayu, bambu, dan batu.
  13. 13.  Mereka menggunakan batu yang masih kasar untuk berburu binatang. Batu juga berfungsi sebagai kapak yang digenggam untuk memotong kayu atau membunuh
  14. 14.  Kehidupan manusia zaman ini masih nomaden atau berpindah- pindah dari satu tempat ke tempat lain. Kepindahan mereka bergantung pada tersedianya bahan-bahan makanan, terutama binatang buruan.  Jadi, inti kegiatan hidup sehari-hari manusia pendukung Zaman Palaeolitikum adalah mengumpulkan bahan makanan untuk dikonsumsi saat itu juga. Kegiatan seperti itu disebut peradaban food gathering atau pengumpulan makanan.

×