Analisis Peluang usaha

4,637 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,637
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
55
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Analisis Peluang usaha

  1. 1. PELUANG USAHA SOSIS BANDENG• Rencana Usaha : Membuka usaha sosis bandeng.• Alasan memilih usaha : Ikan-ikanan termasuk bandeng mengandung kolesterol yang rendah. Protein bandeng cukup tinggi. Kondisi ini menjadikan bandeng sangat mudah dicerna dan baik dikonsumsi oleh semua usia untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan serta mencegah penyakit akibat kekurangan zat gizi mikro. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam pertumbuhan otak pada janin serta pendewasaan sistem saraf. Dengan rajin mengkonsumsi ikan merupakan salah satu cara diet tepat sebagai penangkal penyakit jantung koroner. Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Ikan juga mengandung asam lemak, terutama Omega-3, yang sangat penting artinya bagi kesehatan dan perkembangan otak bayi untuk potensi kecerdasannya. Demikian besar peranan gizinya bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan yang tepat untuk diet di masa yang akan datang. Namun, karena bandeng memiliki duri yang sangat banyak para penikmat bandeng menjadi enggan untuk mengkonsumsinya. Untuk menyiasatinya, maka dibuatlah sosis bandeng tanpa duri. Bentuk Usaha :
  2. 2. Untuk mendirikan usaha sosis bandeng ini saya memilih bentuk usahaperseorangan. Alasannya karena untuk usaha ini saya rasa tidak memerlukanmodal awal yang terlalu besar, modal awal untuk usaha ini dapat saya peroleh dariuang saya sendiri dan bantuan dari orangtua. Untuk selanjutnya saya dapatmenggunakan sebagian dari laba usaha ini untuk mengembangkan usaha.a. Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) dari peluang usaha Sosis Bandeng.  Strengths (kekuatan)  Produk tergolong masih baru dan unik, sehingga pesaing masih sedikit.  Menjual produk dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.  Lokasi pemasaran produk yang mudah di dapatkan oleh konsumen.  Weakness (kelemahan)  Kurangnya pengetahuan marketing.  Karena produk masih tergolong baru, maka reputasi yang baik belum tercipta.  Belum mempunyai jaringan untuk mendapatkan bahan baku.  Opportunities (Peluang)  Produk mampu menciptakan segmen pasar yang baru.  Pesaing yang memproduksi produk sejenis masih sedikit.
  3. 3.  Threats (Ancaman)  Munculnya kompetitor baru dengan produk yang sama.  Persaingan harga dengan kompetitor.  Kompetitor memegang pangsa pasar terbesar.  Kelangkaan bahan baku.b. Strategi Pemasaran Untuk menjalankan usaha ini saya menggunakan strategi pemasaran STP (Segmentation, Targetting, and Positioning). • Segmentation : Semua kalangan. • Targetting : Untuk anak-anak, disamping dapat meningkatkan kecerdasan otak, produk ini juga aman untuk di konsumsi karena terbebas dari duri. • Positioning : Menggunakan bahan makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi dengan harga yang terjangkau.c. Konsep Pemasaran 1. Konsep Produksi : memproduksi produk yang sehat, begizi, murah dan tersedia. 2. Konsep produk : untuk kedepannya akan dilakukan variasi produk. Perusahaan
  4. 4. tidak hanya memproduksi sosis bandeng saja tetd. PERENCANAAN PRODUKSI

×