Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

What is passio1

165 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

What is passio1

  1. 1. 1 What is Passion? Apa makna passion itu? Inilah pertanyaan yang selama ini belum pernah terjawab tuntas. Saya benar-benar penasaran. Dari literatur yang telah saya baca, saya temukan salah satu definisinya. Passion is the energy that comes from bringing more of you into what you do”. Passion adalah ‘gairah’, yaitu energi yang datang dan membawa diri Anda lebih daripada keberadaan diri Anda pada apa yang Anda lakukan.  Passion adalah sesuatu yang membuat diri kita tidak pernah bosan untuk melakukannya.  Passion adalah sesuatu yang menjadikan diri kita akan selalu bersedia mengorbankan segala hal untuk mencapai sesuatu yang kita cita-citakan.  Passion adalah sesuatu yang membuat ‘sesuatu’ bisa kita kerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia  Passion adalah sesuatu yang membuat diri kita tidak memikirkan untung dan rugi  Passion adalah sesuatu yang menjadikan diri kita, ketika melakukan sesuatu begitu saja ‘melenggang' dan seolah-olah lupa dengan hal yang lain.  Passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa menjadikan diri melakukan sesuatu tanpa batas waktu, seolah- olah tanpa lelah Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan, built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan seseorang tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi. Tiada hari tanpa memikirkannya, day and night, setiap saat, never without it. dia tidak akan pernah menyerah, never give-up. Ia akan melakukan yang terbaik. Setiap hari merupakan hari baru yang membawa kesempatan, bring an opportunity, opportunity to do the best. Berikut ini kita mau menjelajah 3 (tiga) jalan yang mungkin akan amat membantu kita untuk paham apa itu passsion; dan juga paham bagaimana cara menemukannya.
  2. 2. 2 Jalan # 1: Most Probably, Your Hobby is Your Passion. Sejatinya ada sebuah cara yang amat sederhana untuk mengetahui passion Anda. Cukup tanyakan pada diri anda: “apa hobi yang selama ini saya senangi?” Begitulah; kita kemudian mendapatkan serangkaian jawaban yang luas:" ada yang hobi bersepeda ke gunung, ada yang suka membaca, ada yang senang browsing internet (hingga berjam-jam), ada yang suka mengoleksi barang-barang kuno dan jadul; ada yang punya hobi traveling; dan ada pula yang jatuh cinta dengan burung perkutut (melebihi cintanya pada isterinya). Hobi atau kesenangan itu pada dasarnya memberikan sinyal atau indikasi apa sebenarnya passion Anda. Namun sayangnya selama ini hobi diperlakukan hanya sebatas just for fun. Dan memang, agar hobi Anda itu bisa disebut the real passion, maka kita 'mesti' melewati jalan kedua. Jalan # 2: Passion = Transforming Your Hobby into Meaningful Creation. Yak benar, agar bisa disebut the real passion, maka hobi itu harus ditransformasikan menjadi sesuatu yang produktif, yang menghasilkan. Sebab tanpa karya yang produktif, maka hobby will be just hobby. Maka begitulah: "jika ada orang yang senang (memelihara) burung perkutut, maka mestinya 'ia' bisa membangun usaha peternakan burung perkutut yang kondang." Jika ada yang suka traveling, maka mestinya ia bisa berinovasi merancang paket wisata kuliner ke wilayah-wilayah paling eksotis di Nusantara. Dan kalau ada orang yang punya hobi 'koleksi barang jadul', maka ia bisa membuka bisnis seperti ini: Hobi-Jadul-Shop. Kalau Anda punya hobi 'menulis', ya ... 'menulislah' dengan serius, insyaallah Anda akan menjadi penulis yang hebat. Ringkasnya mungkin begini. Passion adalah hobi yang menghasilkan. Dan mungkin benar kalau ada orang yang bilang: “tak ada yang lebih indah selain bisa menjalani profesi yang berkaitan erat dengan hobi kita.” Jalan # 3: Passion = Freedom. Pengalaman yang saya temui, passion biasanya hanya akan menyeruak ketika kita memeroleh freedom; atau kebebasan berkreasi yang relatif luas. Batasan-batasan
  3. 3. 3 aturan atau prosedur yang terlalu ketat biasanya akan membuat passion kita redup. Freedom adalah kata kunci yang membuat kita bisa menjalani hobi kita menjadi sebuah karya yang produktif. Dan kemudian menjelma menjadi passion yang mengasyikkan. Demikianlah tiga jalan yang bisa kita racik untuk menemukan passion yang selama ini mungkin lenyap, 'entah ke mana'. Rumusnya sederhana: “Passion = Hobby + Productive Results + Freedom.” Mudah-mudahan dengan rumus simple (sederhana) ini, Anda semua bisa menemukan dan mewujudkan passion Anda. So, “Discover Your Passion. Commercialize Your Hobby. And Have a Happy Life!” Be Your Self, Now and Forever!

×