Energi dan Perubahannya BAB 10

18,600 views
18,214 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
18,600
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
337
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Energi dan Perubahannya BAB 10

  1. 1. ENERGI OLEHLOGO MUHAMMAD RIZAL MUSTARI 071204155 KELAS BC ICP PHYSICS DEPARTEMENT UNIVERSITY STTATE OF MAKASSAR 2011
  2. 2. Standar Kompetensi5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.Kompetensi Dasar5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. 3. INDIKATOR : Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Mengenalkan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari. Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak. Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari.
  4. 4. TUJUAN PEMBELAJARAN :Peserta didik dapat: Menjelaskan pengertian energi. Menyebutkan satuan energi. Menyebutkan bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Menyebutkan aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengamati perubahan bentuk energi. Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial. Menyebutkan hukum kekekalan energi. Menjelaskan pengertian energi mekanik. Menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi mekanik.
  5. 5. A. Pengertian EnergiPENGERTIAN Energi adalah kemampuan untuk menyebabkan perubahan.
  6. 6. Satuan energi dalam Sistem Internasional(SI) adalah joule (J). Satuan energi dalamsistem yang lain adalah kalori, erg, dan kWh(kilo watt hours). Kesetaraan joule dengan kalor adalahsebagai berikut. 1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori
  7. 7. B. Bentuk-Bentuk EnergiEnergi Kimia Energi yang tersimpan dalam persenyawaan kimia.Energi Listrik Energi yang dipindahkan dalam bentuk aliran muatan listrik melalui kawat logam konduktor yang disebut arus listrik.Energi Panas Merupakan hasil perubahan energi yang lain, seperti dari energi listrik, energi gerak, dan energi kimia.
  8. 8. Energi Otot Energi yang dihasilkan oleh otot tubuhEnergi Bunyi Enegi yang dihasilkan oleh getaran benda
  9. 9. C. Perubahan Bentuk Energi Energi Otot Energi Gerak Energi Panas Energi kimia di dalam kayu berubah menjadi energi cahaya dan energi panas. Selama perubahan bentuk, misalnya saat cahaya berubah menjadi panas, banyaknya energi tetap sama. Tak ada energi yang hilang atau bertambah. Hanya bentuk energi yang berubah, bukan banyaknya energi.
  10. 10. D. Energi Kinetik dan Energi Potensial1. Energi Kinetik Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak
  11. 11. Contoh Soal 1Sebuah kelereng yang massanya 10 g mula-mula diam,kemudian bergerak dengan kecepatan 5 m/s.Berapakah energi kinetik yang dimiliki kelereng yangsedang bergerak?
  12. 12. 2. Energi Potensial Energi yang dimiliki suatu benda karena letaknya
  13. 13. Contoh Soal 2Sebuah buku bermassa 0,5 kg berada di atas rak lemaripada ketinggian 2 m. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2,berapakah energi potensial yang dimiliki buku padaketinggian tersebut?
  14. 14. E. Hukum Kekekalan Energi Hukum Kekekalan Energi. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain.
  15. 15. F. Energi Mekanik Energi mekanik merupakan penjumlahan dari energi potensial dan energi kinetik.
  16. 16. Latihan 11. Jelaskan pengertian energi menurut pendapatmu!2. Tuliskan satuan energi yang kamu ketahui!3. Tuliskan bentuk-bentuk energi yang kamu ketahui!4. Rizal melepaskan bola bermassa 20 g dari jendela. Berapakah ketinggian jendela tersebut jika energi potensial yang dimiliki bola sebesar 5 joule dan percepatan gravitasi 10 m/s2?5. Alex melempar bola dan ditangkap oleh Fitri. Jika massa bola tersebut 30 g dan energi kinetik bola sampai di tangan Fitri sebesar 0,5 joule, berapakah kecepatan bola ketika sampai di tangan Fitri ?
  17. 17. Tugas 11. Energi yang tersimpan dalam benda karena posisinya terhadap acuan tertentu disebut ....2. Seorang peloncat bermassa 50 kg dengan kecepatan geraknya 2 m/s. Besar energi kinetik peloncat tersebut adalah a. 1.100 J c. 150 J b. 110 J d. 100 J3. Buah kelapa bermassa 1 kg berada pada tangkai dengan ketinggian 8 meter. Jika percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s2. Tentukan energi potensi gravitasi dan kecepatan buah kelapa tepat saat menyentuh tanah?
  18. 18. SELAMAT BELAJAR TERIMA KASIH LOGOHOME

×