Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aplikasi pengolah kata

386 views

Published on

@WINKAWARD

Published in: Technology
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Aplikasi pengolah kata

  1. 1. 1. WORDSTAR a. Pengertian : Wordstar adalah salah satu program paket yang dirancang sebagai program pengolah kata yang ada di Komputer atau Word Processing. Wordstar adalah program paket yang paling banyak diminati dan populer di masyarakat Indonesia. Akan tetapi keberadaan mulai berangsur-angsur ditinggalkan semenjak timbulnya Program Windows dalam hal ini program produksi dari Microsoft dengan paket Microsoft Officenya. WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroInternational. b. Kelebihan : - Word star mampu menggunakan modus non-document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menulis kode program. - Menggunakan versi DOS pertama. - Merupaka program pilihan bagi intelektual konservatif William F. Buckley Jr. - Wordstar dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga. c. Kekurangan : - Word star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai. - Word star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus.karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat. - Banyak pengguna menemukan lebih mudah untuk memanipulasi blok dengan blok perintah daripada sisem Microsoft Word menyoroti dengan mouse. - Antarmuka WordStar meninggalkan warisan besar. 2. CHIWRITER ChiWriter adalah pengolah kata multifont ilmiah. Software Development Corporation, USA. Itu dikembangkan dan, hingga 1995, komersial didistribusikan oleh Horstmann Software Development Corporation, USA. Ini dirancang untuk bekerja dalam lingkungan MS-DOS, meskipun juga dapat diluncurkan dari sebuah ikon di bawah Windows 3.xx atau Windows 95. Ini menciptakan layar grafis sendiri, dan beberapa resolusi menawarkan dukungan mouse. Namun, kurangnya dukungan Windows sejati mungkin menyebabkan jatuhnya ChiWriter. Sejak 1995 Horstmann adalah keluar dari bisnis, dan semua dukungan untuk ChiWriter telah berhenti. KELEBIHAN ChiWriter · ChiWriter merupakan program pengolah kata yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan program pengolah kata lainnya terutama dalam penulisan simbol-simbol khusus seperti notasi matematika dan huruf-huruf asing yang tidak terdapat pada keyword. ChiWriter versi 3.15 ini mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dan canggih, lebih praktis dan leluasa dalam penggunaannya. Dengan fasilitas perancangan font, anda dapat mengembangkan kreasi, menciptakan karakter-karakter yang sesuai dengan yang anda inginkan. · Kelebihan lain yang antara lain yang dimiliki ChiWriter versi 3.15 adalah kemampuannya untuk memperlebar layar sampai 254 kolom dan tersedianya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Juga tersedia fasilitas untuk merancang font, dimana anda dapat berkreasi menciptakan karakter-karakter yang sesuai dengan keinginan anda sendiri. Penyajian dalam
  2. 2. buku ini dibuat dengan ringkas namun lengkap dan mudah dimengerti.Sehingga pemakai buku ini, diharapkan dapat menguasai semaksimal mungkin fasilitas dan sarana yang dimiliki ChiWriter KEKURANGAN ChiWriter · Chiwriter hanya digunakan dalam bidang sain. · tidak ada gaya yang didukung yang dapat didefinisikan dan dimodifikasi secara global,kecuali dalam chiwriter versi 4,20 yang terakhir ada dukungan untuk gaya primitif.jika melalui menu dan keystroke pintas.Ini adalah WYSIWYG tingkat tinggi, sehingga nyaris semua yang dapat ditampilkan di print-out, juga menunjukkan di layar. Sifat ini membedakannya dari program type setting seperti LaTeX, di mana kita hanya perlu menunggu dan melihat bagaimana output diformat. 3.WORD PERFECT a. Penjelasan : WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata yang dimiliki oleh Corel dengan sejarah panjang di beberapa platform komputer pribadi. b. Kelebihan : - Tampilan dapat diatur dengan mudah, karena kita dapat mengaksesbantuan secara online. - Dapat membaca file yang dibuat di microsoft office (Word, Excrl, Powerpoint). - Harga lebih murah dibandingkan microsoft word. c. Kekurangan : - Komputer yang digunakan harus memiliki memorio minimal 128MB - Komputer yang digunakan harus memakai processor pentium3 atau sederajat. 4.MICROSOFT WORD a. Pengertian : Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office. Microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain. b. Fungsi : - Membuat surat. - Membuat tabel. - Membuat tulisan berbagai variasi (warna A+). - Memasukan gambar. - Membuat dokumen. c. Kelebihan : - Memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan.
  3. 3. - Menghemat Waktu dalam Pekerjaan. - Menghemat Kertas dan Biaya. d. Kekurangan : - Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa. - Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan. - Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat. 5. ABI WORD AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (word processor) yang mirip dengan Microsoft Word word dan OpenOffice.org writer. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas- tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya. Abi Word juga dikembangkan dengan lisensi GPL, sehingga software ini adalah software Open Source/freeware KELEBIHAN Abi Word · Free[gratis] · Multi Platform [produk keluaran dari pabrik/perusahaan yang dikeluarkan untuk banyak sistem operasi / lebih dari satu] · Open Source · Ukurannya relatif lebih kecil · Memory requirement pun cukup kecil · Tersedia dalam bentuk portable (untuk Windows) · Fitur-fitur AbiWord terintegrasi dengan layanan AbiCollab.net yang memungkinkan User untuk menyimpan dokumen secara online dan berbagi dokumen dengan teman 6. OPEN OFFICE.ORG WRITER OpenOffice.Org writer adalah software pengolah kata yang hampir sama dengan Microsoft Word. Software ini sudah dilengkapi dengan Fitur-fitur modern seperti Auto Correct, Auto Complete dll. Software ini juga dapat membuka dokumen yang dibuat dari Microsoft Word dan juga Open Source. sampai saat ini mungkin masih banyak yang menggunakan software ini. Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot- repot menginstall Adobe Acrobat. KELEBIHAN Open Office.Org Writer · ringan · Dapat membuka format dari MS Word tipe apapun termasuk tipe .docx. · Dapat mengkonvert ke bentuk .pdf secara langsung seperti save as biasa.
  4. 4. · Memiliki lebih banyak tipe file untuk penyimpanan (dapat menyimpan file dalam format yang dimiliki MS Word 2007). KEKURANGAN Open Office.Org Writer · Jika membuka file dari tipe .docx sering kali formatnya berubah. · Jika menyimpan ke bentuk .rtf, setelah dibuka di MS Word formatnya juga berubah. · Peletakan panel (tombol) untuk mengedit spasi sulit ditemukan. · Untuk membuat page break seperti di word susah ditemukan panel (tombol)nya. · Tidak dapat mempublish tulisan ke blog. · Tidak bisa menggunakan equation untuk menulis rumus.

×