Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Operasi dasar dan peralatan

347 views

Published on

rangkuman

Published in: Internet
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Operasi dasar dan peralatan

  1. 1. OPERASI DASAR DAN PERALATAN PENYUSUN KOMPUTER Nama kelompok :  Fedora Helau Nana  Puji Lestari Kusuma A. SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015-2016
  2. 2. A. Operasi Dasar Komputer Komputer pada saat awal pemakaiannya digunakan sebagai alat untuk mengetik atau menghitung, akan tetapi saat ini komputer sangat dibutuhkan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, hiburan, jaringan telekomunikasi, dan sebagainya. Komputer dalam bidang pendidikan digunakan sebagai media penunjang pembelajaran, alat analisis, alat bantu pengelolahan. Komputer dalam bidang ekonomi dan bisinisditerapkan dalam berbagai sektor usaha.
  3. 3. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Mengaktifkan Komputer Mematikan Komputer 1. Cek/pasang kabel dan stop kontak Listrik. 2. Hidupkan stavol/stabilizer 3. Hidupkan CPU 4. Hidupkan Monitor Tunggu proses Loading hingga selesai Komputer siap dioperasikan. 1. Tutup Semua aplikalsi/program yang sedang kamu kerjakan (MS.Word, Exel, Power Point, dll) 2. Pada layar toolbar dekstop, arahkan kursor mouse lalu tekan start 3. Pilih Shut down/ Turn Off kOMPUTER. 4. Tampil Pilihan = Stand by, Turn off, restart. Untuk mematikan Pilih TURN OFF/SHUT DOWN
  4. 4. a. Shut down terdiri dari submenu : 1) Shut down untuk mematikan komputer sehingga semua proses dan kinerja komputer benar-benar dihentikan dan dalam keadaan mati. 2) Switch User hanya berpindah user di mana user sebelumnya termasuk program-program aplikasi yang sedang dijalankan masih tetap aktif 3) Log Off digunakan hanya untuk menonaktifkan sementara program-program aplikasi. Ketika komputer di log off, maka komputer akan keluar dari user yang sedang aktif. 4) Lock untuk menghemat energi dengan cara menampilkan screen saver untuk menutupi layar dekstop yang sedang aktif. 5) Restart adalah proses mengaktifkan ulang sistem komputer yang sedang berjalan. 6) Sleep hampir sama dengan hibernate, komputer akan tidur sementara. Jika kompter sleep, semua program komputer akan tetap ditampilkan dengan setting terakhir yang digunakan. 7) Hibernate komputer hanya dapat tidur selama terkoneksi dengan arus listrik dan tidak diinterupsi oleh user. Ketika komputer dinyalakan kembali maka semua program yang ada akan dikembalikan ke kondisi awal.
  5. 5. 2. Perangkat Lunak Perkembangan teknologi komputer dalam perangkat keras selaludiimbangi dengan perkembangan perankat lunak sehingga penggunaan komputer dapat lebih maksimal. Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak adalah perangkat lunak menggunakan aljabar Boolean yang direpresentasikan ebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah). Seiring dengan perkembangan, penggunaan aljabar Boolean sangat menyulitkan sehingga mulai dilakukan pengelompokan bit-bit menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit). Kelompok- kelompok bit tersebut disusun ke dalam struktur instruksi, seperti penyimpanan, transfer, operasi matematika, dan perasi logika, kemudian bentuk bit diubah menjadi kode-kode yang dikenal sebagai assembler. kode-kode mesin masih cukup menyulitkan karena adanya tuntunan untuk menghafal kode dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan. Selanjutnya, masalah tersebut memicu lahirnya bahasa pemrograman tingkat tinggi, yaitu pemrograman dalam bahasa inggris.
  6. 6. Perkembangan perangkat lunak berevolusi dengan era-era tertentu, yaitu sebagai berikut : a. Era Pioner b. Era stabil  perangkat lunak awalnya berupa sambungan-sambungan kabel ke antarbagiandalam komputer. Sebuah komputer dapat diakses menggunakan punched card, yaitu kartu yang dilubangi. Perangkat lunak pada era pioner merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang telah selesai dikerjakan komputer berupa print out.  komputer pada era stabil semakin banyak digunakan, yaitu tidak hanya digunakan oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga digunakan oleh kalangan industri perusahaan. Baris-baris perintah pada perangkat lunak tidak lagi dijalankan oleh komputer secara satu-satu, tetapi dilakukan secara serempak (multi tasking). Selain itu, sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multiuser) secara cepat atau langsung (real time). Era stabil dikenal sebagai sistem basis data yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).
  7. 7. c. Era Mikro d. Era Modern  komputer dan jaringan berkembang secara meluas pada era mikro. Perangkat lunak pada era mikro dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem untuk menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.  perangkat lunak bukan hanya terdapat pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, bahkan sebuah komputer genggam telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak semakin meningkat. Selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai dapat mengenali suara dan gambar.
  8. 8. Fungsi perangkat lunak pada suatu komputer : a. Mengidentifikasi suatu progra. b. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien. c. menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer menjadi terkontrol. berdasarkan fungsinya, perangkat lunak daoat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem (system software atau operating System) dan perangkat lunak aplikasi (Aplication Software) dengan uraian sebagai berikut : a. Perangkat lunak sistem (Application software) perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan, maupun pemrogramannya secara langsung. Perangkat lunak sistem dapat dibedakan menjadi 3: 1. Sitem operasi 2. Bahasa pemrograman 3. Program utility
  9. 9. 1) Sistem operasi Perangkat lunak yang mengontrol dan melakukan manajemen terhadap perangkat keras serta operasi-operasidasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Sistem operasi yang tersedia samapi sekarang, antara lain sebagai berikut : a) DOS (Disk Operating System) merupakan sistem operasi yang awalnya dipakai untuk IBM PC. Sistem operasi DOS sering disebut PC-DOS dan PC yang kompatible dengan IBM PC disebut MC-DOS b) Windows adalah salah satu sistem operasi andalan yang dimiliki oleh microsoft. c) MACINTOSA/MAC OS adalah salah satu jenis PC berbasis power PC yang diproduksi oleh APPLE komputer. Sistem operasi MACINTOSA diluncurkan pada januari 1984 d) NOVELLNET WARE adalah sistem operasi jaringan yang paling banyak digunakan didunia. e) BeOS adalah sistem operasi untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia masa depan.
  10. 10. f) OS/2 adalah sistem operasi untuk PC yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan IBE. OS/2 dijual dan dikelola oleh IBM, kemudian diluncurkan pada tahun 1994 g) PALM OS adalah sistem operasi komputer yang menjadi platfrom dari PDA. PDA adalah komputer saku yang didesain sebagai personal organizer. h) UNIX adalah sistem operasi yang pada awalnya dikembangkan oleh Bellabs pada tahun 1969. UNIX merupakan sebuah sistem yang berkonsep interaktif time shairing. i) LINUX adalah sistem operasi yang menyerupai UNIX. LINUX merupakan implementasi independent dari POSIX yang meliputi truemultitasking virtual memory shared libraries deman-loading proper memory managemen dan multiuser. LINUX disebarkan secara luas dan gratis di bawah lisensi GNU
  11. 11. 2) Bahasa pemrograman Intruksi dan aturan dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Bahasa pemrograman digunakan untuk memberikan instruksi kepada komputer, kemudian komputer menerjemahkannya. Pengguna bahasa pemrograman adalah user khusus yang menguasai aplikasi pemrograman dan dapat membuat suatu aplikasi baru sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 kelompok : a) Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level languae) merupakan bahasa pemrograman generasi pertama. Sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya, yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isi programnya berupa kode-kode mesin. b) Bahasa pemrograman tingkat menengah (iddle level language) merupakan bahasa pemrograman di mana penggunaan instruksinya sudah mendekati bahasa sehari- hari. Sebagian instruksinya masih sulit dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya dipindahkan (MOVE) c) Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) lebih terstruktur dan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, dan lain-lain
  12. 12. 3) Program utility Perangkat lunak untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Jika digunakan sistem operasi Windows, maka program utility dibedakan menjadi dua : a) Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows diinstal. Contoh utility internal adalah Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Gamers (untuk permainan) dan sebagainya. b) Utility eksternal adalah utility yang bukan bawaan Windows. Jadi, program tersebut harus diinstal terlebih dahulu ke dalam komputer. Cntoh utility eksternal : 1. Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. 2. Burning adalah program yang digunakan untuk membakar (bum) data pada CD-RW ROM atau DVD-RW ROM. Contoh program burning adalah Ahead Nero 6.
  13. 13. b. Perangkat lunak aplikasi (aplication software) perangakt lunak aplikasi adalah program komputer yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu secara spesifik, misalnya mengetik naskah, menghitung data, menggambar desain dan sebagainya. Berikut beberapa jenis perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan dengan fungsi tertentu : i. Perangkat lunak pengolah kata Program aplikasi yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat. a) Lotus Word Pro adalah pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM (International Bussines Machine). Lotus Word Pro dikeluarkan bersamaan dengan paket Office lainnya yang dikenal dengan nama Lotus SmartSuite b) Corel WordPerfect adalah program aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi windows. Kelebihan dari Corel WordPerfect adalah harganya lebih murah daripada Microsoft Office Word dan dapat membaca file yang dibuat di Microsoft Office Word. Adapun kelemahan Corel WordPerfect adalah dapat dijalankan pada komputer dengan procesor minimal pentium lll dan memori minimal 128 MB.
  14. 14. c) StarOffice Writer d) OpenOffice Writer program aplikasi pengolah kata yang bersifat multiplatfrom atau dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, misalnya Linux, Solaris, Unix, dan Windows. Kelebihan StarOffice Writer:  Memiliki banyak contoh memo, faks, surat, resum, dan dokumen.  Harganya murah dan penggunaanya mudah  Mampu mengkonversi file dari Microsoft Office Word dan Word Perfect. program aplikasi pengolah kata yang sifatnya open source. OpenOffice Writer dapat di download dari www.openoffice.org. Open source berarti bahwa perangkat lunak tersebut dapat didownlod dari internet secara gratis. Kelebihan OpenOffice Writer :  Bersifat multiplatfrom, artinya dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, misalnya Linux, Solaris, Unix, Max OS, dan Windows.  Fitur yang dimiliki mirip dengan Microsoft Office Word sehingga memudahkan pemakaian bagi pengguna baru.  Data yang dibuat dapat dibuka dan diedit pada Microsoft Office Word maupun sebaliknya.
  15. 15. Microsoft Office Word atau Microsoft Word atau Word merupakan program aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Microsoft Word dikeluarkan bersamaan dengan paket aplikasi perkantoran lainnya, yaitu Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Acces, dan paket office lainnya. Kelemahan dari Microsoft Word adalah :  Harganya lebih mahal daripada aplikasi lainnya yang sejenis.  Satu perangkat lunak harus diinstal untuk satu komputer dengan membayar lisensi yng mahal Adapun kelebihannya :  Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan karena memiliki kemampuan dalam membuat dokumen, mulai dari surat, buku, memo, berbagai publikasi, dan dokumen-dokumen lainnya.  Mudah digunakan (user friendly).  Fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan.
  16. 16. ii. Perangkat lunak pengolah angka (Spreadsheet) saat pertama kali ditemukan, sebuah komputer memiliki fungsi sebagai pengolah angka. Fungsi komputer sebagai pengolah angka tersebut tetap dikembangkan sampai sekarang. Berikut merupakan beberapa jenis software pengolah angka : Kspread StarOffice Cacl  program pengolah angka yang di keluarkan bersamaan dengan paket Koffice lainnya. Kspread dapat didownload dari www.koffice.org secara bebas karena bersifat open source. kelebihan Kspread :  Tampilannya dilengkapi dengan menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.  Dilengkapi fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan.  Mampu melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi.  Dalam satu dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak tabel.  merupakan program aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Cacl dikeluarkan dala satu paket dengan aplikasi yg bersifat multiplatform. Kelebihan StarOffice Cacl :  Mampu mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan pada lembar kerja.ndapat ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga mempermudah komunikasi dengan orang lain.  Mampu mengkonversi data yang dihasilkan ke dalam dokumen Excel.
  17. 17.  OpenOffice Cacl adalah aplikasi pengolah angka yang dilengkapi dengan kemampuan membuat grafik, mengurutkan data, dan fungsi-fungsi untuk melakukan perhitungan. openOffice Cacl dapat didownload dari www.openOffice.org secara gratis atau bersifat open source  Gnumeric (GNOME Office) program aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh GNOME Office. Gnumeric bersifat open source sehingga dapat didownload dari internet secara gratis. Tampilan Gnumeric lebih user friendly karena dilengkapi dengan jendela menu-menu dan tombol-tombol toolbar seperti halnya pada Microsoft Office Excel. Gnumeric dilengkapi dengan menu Help yang memudahkan pengguna dalam mencari informasi dalam pengoprasian Gnumeric.  Abacus merupakan hasil proyek dari mahasiswa IST portugal di bawah bimbingan Prof. Orlindo Oliveira. Nama Abacus diambil dari nama alat hitung pada jaman Yunani dan Romawi kuno yang masih digunakan di Cina sampai saat ini. Abacus juga dilengkapi dengan menu-menu, tombol-tombol toolbar, dan scroll bar serta dilengkapi dengan fitur-fitur standar pengolah angka sehingga mudah dioperasikan.
  18. 18.  XESS adalah pengolah angka yang dikeluarkan oleh AIS (Applied Information System). XESS dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, Open VMS, dan Unix. XESS memiliki 2 versi : 1) Versi Lite digunakan ditunjukan untuk pengguna perorangan 2) Versi Enterprise yang ditunjukan untuk pengguna pada tingkat perusahaan dan dikeluarkan dengan tiga macam pilihan, yaitu XESS dilengkapi dengan fungsi- fungsi standard dan kompatibel dengan Lotus dan Excel, XESSPlus dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Macro Add-Ins, serta XESSDK dilengkapi dengan fasilitas pemrograman  Lotus 1-2-3 adalah pengolah angka tertua yang memiliki kemampuan dan fitur-fitur lengkap. Lotus SmartSuite terdiri dari Lotus Word Pro, Lotus 1-2-3, Lotus Freelance, Graphics, Lotus Approach, Lotus Organizer, Lotus FastSite, dan Lotus SmartCenter. Kelebihan Lotus SmartSuite adalah dapat menukarkan dokumen dengan aplikasi lain, misalnya Excel. Lotus SmartSuite hanya dapat dijalankan pada komputer berbasis sistem operasi Windows  Microsoft Office Excel atau Microsoft Excel atau Excel adalah pengolah angka yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft Excel memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sebagai strategi marketing Microsoft yang agresif. Kelebihan Excel adalah tampilannya user friendly, disertai menu-menu standar, dan fitur- fitur yang sangat diperlukan untuk pengolahan angka. Adapun kelemahannya adalah harus membayar lisensi yang relatif mahal untuk menggunakannya.
  19. 19. iii. Software presentasi Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan pihak lain baik yang disampaikan secara perseorangan maupun kelompok. Presentasi bertujuan untuk menyampaikan ide0ide atau hasil dari sesuatu. Presentasi sering digunakan pada seminar-seminar dikantor maupun ruang kelas. Beberapa jenis perangkat lunak :  StarOffice Impress adalah perangkat lunak presentasi yang dikeluarkan oleh Sun Microsystem bersamaan dengan aplikasi perkantoran StarOffice lainnya. Kelebihan StarOffice Impress :  Memungkinkan penggunanya dapat membuat presentasi berdasarkan template yang sudah disediakan atau membuat template sendiri.  Jendela StarOffice Impress dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu- menu sehingga pengguna dapat bekerja dengan nyaman dan mudah.  Susunan menu dan tombol didesain dengan mempertimbangkan intuisi penggunanya sehingga pengguna yang masih pemula tidak kesulitan dalam mengoperasikan StarOffice Impress.  Data yang dibuat di StarOffice Impress dapat dibuka dan diedit pada Microsoft Office Power Point
  20. 20. OpenOffice Impress KPresenter  perangkat lunak presentasi bersifat opensource atau didownload secara gratis pada internet di www.openoffice.org. Dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi. OpenOffice Impress memiliki hampir semua fitur dan menu yang diperlukan dalam membuat presentasi. Letak tombol-tombol dan menu-menu pada OpenOffice Impress hampir sama dengan Microsoft PowerPoint sehingga dapat digunakan dengn mudah.  merupakan aplikasi presentasi yang dikeluarkan bersamaan dengan paket KOffice lainnya. Kelebihan KPresenter:  Dilengkapi dengan berbagai bentuk objek, yaitu grafik, Clip Art, latar belakang, dan efek-efek khusus.  Dapat berintegrasi dengan paket KOffice lainnya  Dilengkapi dengan template presentasi untuk mempermudah pembuatan presentasi.  Presentasi yang dibuat dapat disimpan dalam bentuk HTML sehingga bisa ditempatkan pada halaman web.  Dilengkapi dengan fitur dan menu yang biasa digunakan untuk presentasi sehingga pengoperasiannya lebih mudah.
  21. 21. Microsoft Office PowerPoint atau Microsoft PowerPoint atau PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi yang digunakan untuk membuat slide presentasi. Kelemahan dari PowerPoint adalah hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Windows.  Adapun kelebihan PowerPoint :  Telah menampilkan struktur presentasi.  Grafik, gambar, Clip Art, dan bentuk lainnya dapat disertakan ke dalam slide presentasi  File presentasi dapat dikirimkan ke Word untuk diedit sebagai handout presentasi  Presentasi dapat diproses dengan mengatur color schemes, background, dan template  Multimedia dapat ditambahkan pada presentasi berupa suara, video, dan animasi ke dalam presentasi.  Catatan dan handout dapat dicetak untuk pembicara maupun pendengar.  Slide presentasi dapat dikemas dalam bentuk CD sehingga dapat dialankan secara otomatis  Presentasi dapat ditampilkan menggunakan menggunakan layar komputer, OHP (Over Head Projector), LCD, maupun melalui web.  Adanya fiturweb untukonine broardcasts, diskusi web, rapat online, web scripts, dan halaman yang lengkap.  Telah menyediakan Task Pane untuk membuat presentasi baru, mencari dokumen, menggunakan desain template, layout, serta menambahkan efek transisi maupun animasi  Data dengan ekstensi PPT dapat diubah menjadi gambar dengan format JPG.
  22. 22. iv. Perangkat lunak pengolah data (Database) software pengolah data adalah program aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengolahan database. Data tersebut berupa angka, kata, atau gabungan antara angka dan kata. Contoh software pengolah data adalah dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base, dan lain sebagainya. v. Perangkat lunak desain grafis perangkat lunak yang digunakan untuk membuat gambar atau desain grafis. Pembuatan desain grafis dibantu dengan fungsi mouse, trackball, atau digitizer. Contoh perangkat lunak desain grafis :  Corel Draw adalah program pengolah grafis berbasis vektor. Corel Draw menyediakan tool dan efek yang dapat digunakan dengan mudah dan menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.  Adobe Pagemakeradalah program aplikasi yang digunakan untuk mengatur tata letak (layout) naskah yang akan dicetak. Adobe Pagemaker digunakan untuk membuat layout buku maupun surat kabar pada perusahaan penerbitan.  Adobe Photoshop adalah program grafis berbasis bitmap. Adobe Photoshop digunakan untuk mengolah gambar atau foto yang direpresentasikan dalam format bitmap dengan ribuan titik (pixel) dimana-mana tersebut membentuk sebuah pola.
  23. 23. vi. Perangkat lunak multimedia adalah program aplikasi yang digunakan untuk keperluan multimedia, misalnya mempresentasikan atau menyampaikan informasi dengan tulisan, animasi, audio (suara), video. vii. Perangkat lunak komunikasi dan internet adalah program aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer melalui internet. Contoh software komunikasi dan internet adalah Lap Link, PC Anyware, dan procom plus. Contoh aplikasi interne adalah Internet Exploler, Mozila Firefox, Opera, MIRC,MSN, Yahoo messeger, dan sebagainya. viii.Perangkat lunak permainan (games) adalah perangkat lunak yang dibuat sebagai aplikasi permainan. Perangkat lunak permainan dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan agar lebih menarik dan menghibur.
  24. 24. Perangkat lunak jenisnya bermacam-macam. Penggunaannya juga berbeda-beda sesuai fungsi. Berikut beberapa penggunaan perangkat lunak yang biasa ditemukan . 1. Microsoft Office Word 2010 merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata (Word Processor). Microsoft Office Word 2010 dilengkapi beberapa fasilitas dengan fungsi tertentu : a. Chart untuk membuat grafik. b. Clip Art menyediakan gambar-gambar secara defalut c. Word Art menyediakan model-model dan bentuk huruf yang artistic d. Drawing untuk membuat bagan, denah, flochart, dan sebagainya e. Math Equation untuk melakukan penulisan dalam bentuk matematika Microsoft Office Word 2010, antara lain digunakan untuk membuat surat, proposal, laporan bulanan, surat penawaran serta tugas akhir.
  25. 25. Microsoft Office Word 2010 dapat mulai digunakan dengan langkah-langkah sebagai berikut : a) Klik Start, kemudian klik All Programs. b) Klik Microsoft Office dan klik Microsoft Office Word 2010 c) Selanjutnya, muncul lembar kerja Microsoft Office Word 2010 sebagai berikut
  26. 26. 2. Microsoft Office Excel 2010 Program aplikasispreadsheet (pengolah angka) yg dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Microsoft Excel memiliki fitur perhitungan dan pembuatan grafik sebagai strategi marketing Microsoft yang agresif. Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office System yg diintergrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2010. Microsoft Office Excel 2010 banyak dimanfaatkan dalam pengelolaan informasi terutama pada data-data yang berbentuk angka dengan perhitungan proyeksi, analisis, presentasi, pembuatan lembar kerja, grafik, dan manajemen database. Penggunaan Microsoft Office Excel 2010 dapat dimulai dengan langkah-langkah sebagai berikut : a) Klik Start, kemudian klik All Programs b) Klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Excel 2010 c) Selanjutnya, muncul lembar kerja Microsoft Office Excel 2010 sebagai berikut
  27. 27. Microsoft Office Excel
  28. 28. 3. Microsoft Office PowerPoint 2010 Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sebuah file presentasi. File presentasi yang dibuat menggunakan perangkat lunak presentasi dapat diisi dengan informasi berupa teks, tabel, gambar, foto, dan sebagainya. Perangkat lunak presentasi dapat ditampilkan menggunakan efek animasi maupun audiovisual. Microsoft PowerPoint 2010 banyak digunakan untuk membuat bahan ajar, membuat panduan pendidikan, membuat presentasi dalam acara resmi, membuat presentasi untuk seminar mahasiswa, pelajar, dan masyarakat. Microsoft Office PowerPoint 2010 dapat dimulai dengan langkah-langkah sebagai berikut a) Klik Start, kemudian klik All Programs. b) Klik Microsoft Office dan klik Microsoft Office PowerPoint 2010 c) Selanjutnya, muncul lembar kerja Microsoft Office PowerPoint 2010 sebagai berikut
  29. 29. Microsoft Office PowerPoint
  30. 30. 4. Adobe Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak pengolah image atau gambar Bitmap. Mode warna yang terdapat pada Adobe Photoshop ada tiga, yaitu RGB (Red, Green, Blue), CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black), dan index color. Adobe Photoshop dalam perusahaan penerbitan biasanya dipadukan dengan perangkat lunak Dekstop Publishing (DTP), misalnya Adobe Pagemaker atau Quark Express. Gambar manipulasi dari Photoshop dapat dijadikan sebagai elemen utama dokumen aplikasi Dekstop Publishing. Karya yang dihasilkan dengan Adobe Photoshop, misalnya brosur, pamflet, dan poster. Program Adobe Photoshop 7.0 dapat dimulai dengan langkah-langkah sebagai berikut : a) Klik Start pada taskbar b) Pilih All Programs, kemudian klik Adobe Photoshop 7.0 c) Selanjutnya muncul jendela kerja Adobe Photoshop 7.0 sebagai berikut
  31. 31. Adobe Photoshop
  32. 32. 5. Media Player Classic Merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk multimedia. Media Player Classic dapat digunakan untuk menampilkan file berekstensi video maupun mp3. Media Player Classic berikut contoh penggunaan Media Player Classic : a) Klik Start Menu, kemudian All Programs dan Media Player Classic b) Klik File, kemudian pilih Open File c) Klik Browse untuk memilih file video yang akan diputar d) Pilih video yang akan dibuka, kemudian klik Open e) Setelah file video yang akan dipilih, kemudian klik OK.
  33. 33. Media Player Classic
  34. 34. 3. Perangkat Keras Perangkat lunak menghubungkan hardware dengan user (pengguna) agar tercipta sistem yang dapat berfungsi sesuai dengan keinginan user. jika salah satu komponen dari perangkat- perangkat keras maupun perangkat lunak tidak berfungsi, maka dapat mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras penyusun komputer dapat dibedakan sebagai berikut: a. Alat input (input device) Alat input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke komputer dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program untuk mengolah data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Contoh alat input : o Keyboard o Mouse o Touchpad o Mikrofon danheadphone o Light pen o Joy stick dan games paddle o Barcode reader o scanner
  35. 35.  Keyboard  Mouse Toucepad Mikrofon dan headphone
  36. 36. Light pen Joy stick dan games paddle Barcode reader scanner
  37. 37. b. Alat proses adalah perangkat yang digunakan komputer untuk mengolah data Alat proses antara lain sebagai berikut : o Motherboard o Processor o RAM o Video Card o Sound Card
  38. 38. c. Alat output adalah untuk menampilkan informasi yang telah diproses oleh komputer. Informasi yang dikeluarkan berupa data, instruksi, dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Berikut ini adalah contoh alat output : o Monitor o Speaker o printer
  39. 39. d. Alat simpan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer. Alat simpan pada computer, antara lain sebagai berikut: o Harddisk o Disket o Zip drive o Keping CD dan DVD o Usb flash disk
  40. 40. B. Jaringan komputer Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. 1. Klarifikasi jaringan komputer maka jaringan komputer dapat diklarifikasikan sebagai berikut : a) Berdasarkan geografisnya, maka jaringan komputer dibedakan menjadi tiga 1) jaringan wilayah lokal (LAN) adalah jaringan milik pribadi dalam satu lokasi, biasanya dalam satu lantai disebuah gedung, kampus, atau semua komputer di dalam suatu perusahaan. 2) Jaringan wilayah metropolitan (MAN) merupakan versi yang besar dari LAN dan umumnya menggunakan teknologi yang sama. 3) Jaringan wilayah luas (WAN) memiliki jangkauan lebih besar daripada MAN. WAN menjangkau area gegrafis yang lebih besar, misalnya jaringan antarkota, antarprovinsi, antarnegara, bahkan antarbenua.
  41. 41. b. Berdasarkan fungsinya Maka jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut : 1) Jaringan Klien-server adalah jaringan komputer dimana di dalam jaringan terdapat sebuah komputer yang digunakan sebagai server. Server tersebut bertugas untuk memberikan service atau layanan yang diberikan ke komputer lainnya. (Client) dapat mengakses layanan yang diberikan oleh server tersebut. 2) Jaringan ujung ke ujung (peer-to-peer) adalah jaringan komputer di mana setiap komputer dapat menjadi server sekaligus sebagai client. 3) Hybrid Network adalah jaringan berbasis client-server di mana di dalam jaringan tersebut selain server menyediakan sumber yang dibutuhkan oleh user, tetapi user juga masih dapat mengakses sumber-sumber yang disediakan oleh user lain dalam satu workgroup.
  42. 42. c. Berdasarkan distribusinya d. Berdasarkan media transmisi data 1. Jaringan terpusat jaringan terpusat terdiri dari komputer klien dan server. 2. Jaringan terdistribusi merupakan panduan beberapa jaringan terpusat 1. Jaringan berkabel (Wired Network) untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan 2. Jaringan nirkabel (WI- FI) jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.
  43. 43. e. Berdasarkan topologi jaringan 1. Topologi bus atau daisy chain, menggunakan sebuah kabel tunggal Topologi bus memiliki karakteristik sebagai berikut : a. Kabel yang digunakan kedua ujungnya ditutup, di mana sepanjang kabel terdapat node-node. b. Lebih banyak digunakan karena sederhana dalam instalasi. c. Signal melewati kabel dalam dua arah sehingga memungkinkan terjadinya collision. d. Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti.
  44. 44. keuntungan kerugian 1. Hemat kabel 2. Layout kabel sederhana 3. Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain 1. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil 2. Terjadinya kepadatan lalu lintas pada jalur utama. 3. Jika terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan 4. Diperlukan repeater untuk jarak jauh
  45. 45. 2) Topologi star Memiliki kontrol terpusat di mana semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Karakteristik sebagai berikut : a. Setiap node dapat berkomunikasi secara langsung dengan central node dan traffic data mengalir dari node ke central node, kemudian kembali lagi. b. Mudah dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node. c. Jika sebuah node terputus maka bagian lainnya tidak terganggu. d. Dapat digunakan kabel yang lower grade karena hanya menghandel sebuah traffic node, biasanya digunakan kabel UTP.
  46. 46. Keuntungan dan kerugian topologi star : Keuntungan topologi star : kerugian topologi star : 1. Dihubungkan secara langsung ke server atau HUB 2. Adanya kabel tersendiri 3. Gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation 4. Paling fleksibel di antara topologi lainnya 5. Pemasangan sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain 6. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan pengelolahan jaringan 7. Sistem kontrolnya terpusat 1. Kebutuhan kabel yang lebih besar 2. Perlu penanganan khusus 3. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
  47. 47. 3) Topologi ring atau cincin cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran) atau cincin. Topologi ring mempunyai karakteristik sebagai berikut : a. Lingkaran tertutup berisi node-node b. Layoutnya sederhana c. Signal mengalir dalam satu arah sehingga dapat menghindari terjadinya collision (dua paket data bercampur) sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detectionnya lebih sederhana. d. Biasanya, topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan terlihat seperti topologi star.
  48. 48. Keuntungan dan kerugian topologi ring : Keuntungan topologi ring : Kerugian topologi ring : 1. Tidak terjadi collision atau tabrakan pengirim data seperti topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. 2. Hemat kabel 1. Setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu 2. Peka kesalahan 3. Pengembangan jaringan lebih kaku.
  49. 49. 4) Topologi Mesh dibangun dengan memasang link di antara station-station. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. 5) Topologi tree (pohon) dibangun seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. 6) Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dati topologi star di mana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star sebagai berikut : a. Setiap node berkomunikasi secara langsung dengan subnode, sedangkan subnode berkomunikas dengan central node. Traffic data mengalir dari node ke subnode, kemudian diteruskan ke central node dan kembali lagi. b. Dapat digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi kapasitas maksimal penghubung. c. Jika sebuah kabel subnode terputus, maka subnode yang lainnya tidak terganggu, tetapi jika central node terputus, maka semua node di setiap subnode akan terputus. d. Tidak dapat digunakan kabel yang lower grade karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antar satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.
  50. 50. 3. Komponen pada Jaringan komputer a. Server adalah komputer yang menyediakan sumber daya yang digunakan untuk bersama, misalnya disk storage dan printer b. Client adalah komputer yang digunakan oleh end user untuk mengakses sumber daya yang ada di jaringan c. Network Interface Card (NIC) merupakan kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di motherboard Jenis-jenis network interface card: 1. Tipe Jaringan, misalnya Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI) 2. Tipe Media, misalnya Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless. 3. Tipe Bus, misalnya ISA dan PCI
  51. 51. d. kabel Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda-beda sebagai berikut : 1. Kabel Coaxial, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu thick coaxial cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil). 2. Fiber Optic kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.
  52. 52. 3. Twisted Pair Ethernet, dibagi menjadi dua jenis, yaitu shield twisted pair (STP) dan unshielded twisted pair (UTP). STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan UTP tidak mempunyai selubung pembungkus. Pengabelan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : a. Kupas lapisan luar kabel UTP sepanjang ± 1 cm dari ujung, sehingga 8 urat kabel terlihat dari luar. b. Susun urutan warna kabel sesuai dengan standard internasional sebagai berikut 1) Susunan kabel straight 2) Susunan kabel cross
  53. 53. c. Masukkan ujung kabel UTP yang telah disusun menurut urutan internasional ke dalam RJ-45 d. Jepit ujung kabel UTP menggunakan crimping tool
  54. 54. e. Pasang satu sisi RJ-45 ke dalam Network Card f. Jaringan siap dioperasikan. 4. HUB atau Switch HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. e. PCMCIA Network Interface Card jaringan yang digunakan untuk terhubung ke dalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.
  55. 55. f. Modem Peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon. g. Bridge Peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama, misalnya kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber0optic. Bridge dibedakan menjadi tiga tipe dasar, yaitu Local, Remote, dan Wireless.
  56. 56. h. Router i. Jaringan wireless  Peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan lain  Jaringan wireless komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui sinyal radio
  57. 57. 4. IP Address merupakan alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan menggunakan protokol TCP/IP. 5. Domain Name System (DNS) merupakan suatu sistem yang memungkinkan nama suatu host pada jaringan komputer atau internet ditranslasikan menjadi IP address. Dalam pemberian nama sebagai berikut : a. Root-level domain adalah tingkat teratas yang ditampilkan sebagai tanda titik (.) b. Top level domain adalah kode kategori organsasi negara c. Second level domain adalah nama untuk organisasi atau perusahaan 6. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) DHCP berfungsi untuk memberikan IP address secara otomatis pada komputer yang menggunakan protokol TCP/IP.

×