Perkembangan openoffice

1,635 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,635
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
27
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perkembangan openoffice

  1. 1. Perkembangan
  2. 2. • Dilihat dari kebutuhan masyarakat pada saat ini, banyak sekali software yang dapat membantu pekerjaan kita.Seperti halnya membuat sebuah dokumen, membuat sebuah laporan, maupun tugas- tugas kuliah yang dapat mempermudah pekerjaan• Karena dijaman sekarang ini sudah ada software pengolah kata seperti Microsoft Office, Openoffice.org, dan masih banyak lagi software lainnya yang dapat membantu pekerjaan kita.• Kedua software ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan para user.
  3. 3. Pengenalan OpenOffice.OrgOpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen- komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database).
  4. 4. Sejarah perkembangan OpenOffice.Org• Sebelum menjadi OpenOffice.org ia merupakan software proprietari suit StarOffice yang dikembangkan oleh StarDivision, sebuah perusahan software Jerman. Kode Star Office kemudian dibeli Sun Microsystems pada tahun 1999 dan pada bulan Augustus 1999 versi StarOffice 5.2 produk bawaan dari StarDivision saat itu dibebaskan Sun untuk memenuhi kebutuhan publik.• Pada tanggal 19 Juli 2000, Sun Microsystems mengumumkan tersedianya kode sumber (source code) StarOffice untuk didownload dengan ketentuan lisensi LGPL dan lisensi Sun Industry Standards Source License (SISSL) dengan tujuan membentuk komunitas pengembang open source di sekitar software StarOffice. Menyambut halitu, padatanggal 13 Oktober 2000 terbentuk proyek yang sampai hari ini dikenal sebagai OpenOffice.org.
  5. 5. • Pekerjaan besar yang dirintis proyek ini sejak awal tahun 2003 adalah menggarap versi OpenOffice.org 2.0 dengan tujuan yang jelas yaitu: peningkatan interoperabiliti dengan Microsoft Office; meningkatkan kinerja dengan perbaikan kecepatan serta memangkas penggunaan memori. Kecuali itu kemampuan scripting diperbaiki; integrasi yang lebih baik terutama dengan GNOME; penyediaan front-end untuk sebuah database yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan, forms dan queries; termasuk menyediakan sebuah built-in SQL database; dan sudah tentu adalah perbaikan dalam halusabiliti. Alhasil, versi beta OpenOffice 2.0 dapat dirilis pada tanggal 4 Maret 2005.• Sun mengumumkan penghapusan lisensi SISSL padatanggal 2 September 2005 dan sebagai konsekuensi: OpenOffice.org mulai saat itu memberlakukan lisensi tunggal LGPL, yaitu sebuah lisensi GPL yang bebas dengan opsi yang memungkinkan komersialisasi.• Padatanggal 20 Oktober 2005, OpenOffice.org 2.0 resmi diluncurkan untuk dimanfaatkan publik secaraluas.Delapan minggu kemudian disusul dengan rilis update OpenOffice.org 2.0.1 yang langsung melibas semua kecoa (bug) yang sempat ditemukan sampai saat itu, sementara beberapa fitur baru ditambahkan.
  6. 6. • Open office.org Writer adalah program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti ms. Word pada ms. Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan ,misal surat, buku dan laporan.• Open office. Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti ms.Excell pada ms. Office.• Open office.org Impress adalah program untuk membuat presentasi sebagai mana ms. Power point pada ms. Office• Open office.org Draw, adalah program untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, dan membuat efek kewarnaan, program ini hamper sama dengan program ms.Viso pada ms. Office.• Open office.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus matematika) seperti halnya ms. Equation Editor pada ms office.• Open office.org Base, adalah program aplikasi untuk membuat data base sama halnya dengan ms.Acces pada ms. Office.
  7. 7. Keuntungan Open office1. Ketersediaan source code2. Berjalan pada banyak platform3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya4. Format OpenDocument yang terbuka dan fleksibel5. Eksporke PDF dan format lain dengan mudah6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman7. Akses database yang luas dan transparan8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office9. Sangat customizeable10. User interface yang konsisten antar komponen
  8. 8. 1. OpenOffice terkenal rakus dengan daya komputer, selalu membutuhkan komputer dengan spek yang lumayan tinggi.2. OpenOffice mampu membuka file Office, tapi Office tidak bisa membuka file OpenOffice. Namun file Office yang dibuka pun terbatas, dan tidak selalu sama tampilannya bila dibuka dengan Office 2007. Kadang malah jadi berantakan.3. Tidak ada PageArt Bordernya
  9. 9. Perbedaan ms. Office dengan open office1. Open office diperoleh secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.2. Menu dan interface pada ms. Office berbeda peletakannya dengan open office.3. Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.4. Open office dapat membuka ms. Office, sedangkan ms. Office tidak.5. Open office dapat menhasilkan file pdf, sedangkan ms. Office harus menggunakan plugin.6. Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.

×