Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

10 wisata dan 10 kesenian

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

10 wisata dan 10 kesenian

  1. 1. Pantai Pangandaran Hamparan pasir halus dan air laut yang bersih menjadikan Pantai Pangandaran pantaiyang legendaris. Berlatarbelakang Cagar Alam Pananjung yang kaya akan flora dan fauna, pantaiini memberikan kesempatan unik untuk dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari satutempat yang sama. Gunung Tangkuban Perahu Berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, kita dapat melihat keindahan sepuluh kawahyang letaknya berdekatan. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, merupakan tiga kawahGunung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menuju kawah-kawahitu, kita dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antarkawah yang tidakbegitu jauh. Kita juga dapat menyewa kuda tunggangan khusus untuk menuju lokasi KawahRatu.
  2. 2. Arung Jeram Sungai Citarik Paculah adrenalinmu dengan berarung jeram di Sungai Citarik, salah satu sungai di KabupatenSukabumi yang dijadikan lokasi untuk kegiatan rafting. Dengan air sungai yang cukup deras, kita akan dilayani oleh sekitar lima operator arung jeram dengan pemandu yang bersertifikat dan berstandar nasional bahkan internasional.Hal ini penting karena bagi wisatawan yang berminat mengikuti kegiatan arung jeram, faktor keselamatan merupakan perhatian yang utama di samping pelayanan. Kawah PutihDi ketinggian Gunung Patuha, tersembunyi keindahan bekas kawah tua yang unik. Bau belerang akan langsung menyambut kita begitu tiba di tebing kawah, menjadikannya sajian yang takterpisahan ketika mengagumi kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi pasir putih serta riak air dalam kawah yang bertabur asap tipis. Sesekali, letupan lumpur hidup, menjadi sebuah atraksi alam yang tiada duanya. Sebagai tambahan, warna air Kawah Putih selalu berubah-ubah bila terkena sinar matahari.
  3. 3. Green Canyon (Cukang Taneuh)Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu primadona wisata di pesisir Selatan JawaBarat. Di tempat ini, kita dapat menikmati aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang masih meneteskan air. Air terus menerus dikeluarkan di tebing sehingga daerah ini disebut sebagai daerah hujan abadi. Pemandangan semakin cantik ketika menyaksikan Air Terjun Palatar yang terdapat dalam Gua Green Canyon.Kita dapat berenang di air yang dingin sambil menikmati tebing-tebing tinggi. Untuk mencapai lokasi ini, kita dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Pantai Pelabuhan RatuTerletak kurang lebih 60 km arah selatan Kota Sukabumi, pantai yang bernama asli Palabuhan Ratu ini merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Pantai yang sangat terkenal ini merupakan pantai teluk yang secara keseluruhan memiliki karakter yang unik, yaitu perpaduan antara pantai curam dan landai. Karang-karang terjal dalam hempasan gelombang dahsyat di satu sisi, dan hutan-hutan cagar alam di sisi lainnya, merupakan karakter yang melekat pada pantai ini. Keunikan itu menjadi kian menarik manakala keganasan ombak Laut Selatan itu dihubungkan dengan legenda Nyi Roro Kidul.
  4. 4. Gua LalayDi Sukabumi ada sebuah goa wisata dengan jutaan kelelawar yang hidup di dalamnya. LokasiGoa Lalay yang dekat dengan pantai wisata Pelabuhan Ratu ini menyimpan berbagai keunikan tersendiri. Barisan ratusan ribu kelelawar yang meliuk-liuk, menyerupai “awan hidup” yang keluar dari Goa Lalai, merupakan atraksi yang sangat menarik di waktu sore hari untuk kita saksikan. Taman Bunga NusantaraTaman Bunga Nusantara adalah obyek wisata agro yang merupakan aset nasional dengan skalainternasional. Taman ini dipenuhi keindahan display warna dan bentuk bunga yang indah dari berbagai belahan dunia sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia.Di taman ini disimpan sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat. Landscape taman ditata denganmendesain 10 taman bunga yang dibangun secara khusus sehingga terlihat asri dan tradisional,yaitu Taman Air, Taman Rahasia (labyrinth), Taman Mawar, Taman gaya Prancis, Taman gaya Amerika, Taman Palem, Taman gaya Bali, Taman gaya Mediteranian, Taman Bugenvil, dan Taman gaya Jepang.
  5. 5. Curug CikasoSalah satu wisata alam yang paling favorit nan megah di kabupaten Sukabumi adalah air terjunCurug Cikaso. Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memiliki 3 air terjun dan lebartebingnya hampir 100 meter. Untuk menuju ke lokasi air terjun Curug Cikaso, selain bisaditempuh dengan berjalan kaki yang menyusuri pematang sawah, juga bisa dicapai dengan naikperahu motor dengan melewati bantaran sungai. Pantai Ujung Genteng Terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Pantai Ujung Genteng menyajikanbanyak tempat menarik lainnya, seperti lokasi di mana kita bisa berselancar di atas ombak yang cukup menantang yang terkenal dengan sebutan ”ombak tujuh”. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara untuk berselancar. Bagiyang gemar memancing, Ujung Genteng merupakan surga karena di tempat ini terdapat beraneka ragam jenis ikan.
  6. 6. Tari merakTari merak merupakan tarian tradisi suku sunda yang menggambarkan burung-burung merakyang sedang menari dengan gembira , tarian ini dibawakan oleh penari wanita-wanita sunda . danbiasanya tarian merak ini dibawakan untuk acara perkawinan ataupun menyambut tamu yangdatang berkunjung ke tanah sunda . Tari jaipongTanah Sunda (Priangan) dikenal memiliki aneka budaya yang unik dan menarik, Jaiponganadalah salah satu seni budaya yang terkenal dari daerah ini. Jaipongan atau Tari Jaipongsebetulnya merupakan tarian yang sudah modern karena merupakan modifikasi ataupengembangan dari tari tradisional khas Sunda yaitu Ketuk Tilu.Tari Jaipong ini dibawakandengan iringan musik yang khas pula, yaituDegung. Musik ini merupakan kumpulan beragamalat musik seperti Kendang, Go‟ong, Saron, Kacapi, dsb. Degung bisa diibaratkan „Orkestra‟dalam musik Eropa/Amerika. Ciri khas dari Tari Jaipong ini adalah musiknya yang menghentak,dimana alat musik kendang terdengar paling menonjol selama mengiringi tarian. Tarian inibiasanya dibawakan oleh seorang, berpasangan atau berkelompok. Sebagai tarian yang menarik,Jaipong sering dipentaskan pada acara-acara hiburan, selamatan atau pesta pernikahan.
  7. 7. Kecapi sulingKacapi Sulingadalah kesenian yang berasal dari daerah Jawa Barat, yaitu permainan alat musiktradisional yang memadukan suara alunan Suling dengan Kacapi (kecapi), iramanya sangatmerdu yang biasanya diiringi oleh Mamaos (tembang) Sunda yang memerlukan cengkok/ alunantingkat tinggi khas Sunda, yang pada umumnya nyanyian atau lagunya dibawakan oleh seorangpenyanyi perempuan, yang dalam bahasa sunda disebut Sinden. Kacapi suling ini biasanyadigunakan untuk mengiringi nyanyian sunda. Sunda. Kacapi Suling berkembang pesat di daerahCianjur dan kemudian menyebar kepenjuru Parahiangan Jawa Barat dan seluruh dunia. Kuda renggongKuda Renggong atau Kuda Depok ialah salah satu jenis kesenian helaran yang terdapat diKabupaten Sumedang, Majalengka dan Karawang. Cara penyajiannya yaitu, seekor kuda ataulebih di hias warna-warni, budak sunat dinaikkan ke atas punggung kuda tersebut, Budak sunattersebut dihias seperti seorang Raja atau Satria, bisa pula meniru pakaian para Dalem Baheula,memakai Bendo, takwa dan pakai kain serta selop.
  8. 8. RengkongRengkong adalah salah satu kesenian tradisional yang diwariskan oleh leluhurmasyarakat Sunda. Muncul sekitar tahun 1964 di daerah Kabupaten Cianjur dan orangyang pertama kali memunculkan dan mempopulerkannya adalah H. Sopjan. Bentukkesenian ini sudah diambil dari tata cara masyarakat sunda dahulu ketika menanam padisampai dengan menuainya. Degung Sebuah kesenian sunda yang biasanya dimainkan pada acarahajatan. Kesenian degung inidigunakan sebagai musik pengiring/pengantar.Degung ini merupakan gabungan dari peralatanmusik khas Jawa Baratyaitu,Gendang, Goong, Kempul, Saron, Bonang, Kacapi, Suling, Rebab,dansebagainya. Degung merupakan salah-satu kesenian yang paling populer di JawaBarat,karena iringan musik degung ini selalu digunakan dalam setiap acara hajatanyang masihmenganut adat tradisional, selain itu musik degung juga digunakansebagai musik pengiringhampir pada setiap pertunjukan seni tradisional Jawa Baratlainnya. Selain seni tari, tanah Sundajuga terkenal dengan seni suaranya
  9. 9. Wayang Golek Wayang Golek merupakan kesenian tradisional dari Jawa Barat, yaitu pementasansandiwara boneka yang terbuat dari kayu dan dimainkan oleh seorang sutradara merangkappengisi suara yang disebut Dalang. Seorang Dalang memiliki keahlian dalam menirukanberbagai suara manusia. Seperti halnya Jaipong, pementasan Wayang Golek diiringimusikDegung lengkap denganSinden nya. Wayang Golek biasanya dipentaskan pada acarahiburan, pesta pernikahan atau acara lainnya. Waktu pementasannya pun unik, yaitu pada malamhari (biasanya semalam suntuk) dimulai sekitar pukul 20.00 – 21.00 hingga pukul 04.00 pagi.Cerita yang dibawakan berkisar pada pergulatan antara kebaikan dan kejahatan (tokoh baikmelawan tokoh jahat). Ceritanya banyak diilhami oleh budaya Hindu dari India,sepertiRamayana atau Perang Baratayudha. Tokoh-tokoh dalam cerita mengambil nama-namadari tanah India. Dalam Wayang Golek, ada „tokoh‟ yang sangat dinantikan pementasannya yaitukelompok yang dinamakan Purnakawan, seperti Dawala danCepot. Tokoh-tokoh ini digemarikarena mereka merupakan tokoh yang selalu memerankan peran lucu (seperti pelawak) dansering memancing gelak tawa penonton. Seorang Dalang yang pintar akan memainkan tokohtersebut dengan variasi yang lucu dan menarik. Kuda lumping Kuda Lumpingmerupakan kesenian yang beda dari yang lain, karena dimainkan dengan caramengundang roh halus sehingga orang yang akan memainkannya seperti kesurupan. Kesenian inidimainkan dengan cara orang yang sudah kesurupan itu menunggangi kayu yang dibentuk sepertikuda serta diringi dengan tabuhan gendang dan terompet. Keanehan kesenian ini adalah orangyang memerankannya akan mampu memakan kaca,rumput.Selain itu orang yangmemerankannya akan di cambuk seperti halnya menyabuk kuda.
  10. 10. Pencak SilatPencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Senibela diri ini secara luas dikenal diIndonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan,danThailand selatan sesuai dengan penyebaran suku bangsa Melayu Nusantara. Berkat perananpara pelatih asal Indonesia, kini Vietnamjuga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Indukorganisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia(IPSI). Organisasi yangmewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak SilatAntara Bangsa(Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan BruneiDarussalam. SisingaanSisingaan atau Gotong Singa (sebutan lainnya Odong-odong) merupakan salah satu jenis senipertunjukan rakyat Jawa Barat, khas Subang (di samping seni lainnyaseperti Bajidoran danGenjring Bonyok) berupa keterampilan memainkan tandu berisi bonekasinga (Sunda: sisingaan, singa tiruan) berpenunggang.Sejarah & perkembanganTerdapat beberapa keterangan tentang asal usul Sisingaan ini, di antaranya bahwa Sisingaanmemiliki hubungan dengan bentuk perlawanan rakyat terhadap penjajah lewat binatang Singakembar (Singa kembar lambang penjajah Belanda), yang pada waktu itu hanya punya sisa waktuluang dua hari dalam seminggu. Keterangan lain dikaitkan dengan semangat menampilkan jeniskesenian di Anjungan Jawa Barat sekitar tahun 70-an, ketika Bupati Subang dipegang oleh PakAtju. Pada waktu itu RAF (Rachmatulah Ading Affandi) yang juga tengah berdinas di Subang,karena ia dikenal sebagai seniman dan budayawan dimintakan kitanya. Dalam prosesnya itu,akhirnya ditampilkanlah Gotong Singa atau Sisingaan yang dalam bentuknya masih sederhana,termasuk musik pengiringnya dan kostum penari pengusung Sisingaan. Ternyata sambutannyasangat luar biasa, sejak itu Sisingaan menjadi dikenal masyarakat.

×