Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengertian zat adiktiv

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengertian zat adiktiv

  1. 1. 1. Pengertian Zat AdiktivZat adiktif adalah obat serta bahan-bahan aktif yang apabila dikonsumsi oleh organismehidup dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan ketergantungan atau adiksi yangsulit dihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus-menerus yang jikadihentikan dapat memberi efek lelah luar biasa atau rasa sakit luar biasa.2. Macam-macam zat adiktifa. GanjaGanja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasilserat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya,tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainyamengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganjabiasanya dibuat menjadi rokok mariyuana.b. OpiumOpium, apiun, atau candu (slang Bahasa Inggris: poppy) adalah getahbahanbaku narkotika yang diperoleh dari buah candu (Papaver somniferum L. atau P.paeoniflorum) yang belum matang.Opium merupakan tanaman semusim yang hanya bisa dibudidayakan di pegunungankawasan subtropis. Tinggi tanaman hanya sekitar satu meter. Daunnya jorong dengantepi bergerigi. Bunga opium bertangkai panjang dan keluar dari ujung ranting.
  2. 2. c. KokainKokain adalah zat yang adiktif yang sering disalahgunakan dan merupakan zat yangsangat berbahaya. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanamanbelukar Erythroxylon coca,yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun daritanaman belukar ini biasanya dikunyah-kunyah oleh penduduk setempat untukmendapatkan efek stimulan.d. Sedativa dan HiptonikaHipnotik atau obat-obat tidur adalah zat yang diberikan pada malam hari dalam dosisterapi dapat mempertinggi keadaan faal dan normal untuk tidur, mempermudah ataumenyebabkan tidur. Bila obat ini diberikan siang hari dan dalam dosis yang lebihrendah , dengan tujuan menenangkan disebut sedativa (obat penenang).e. Nikotin
  3. 3. Nikotin merupakan zat sangat adiktif yang terjadi secara alami di tembakau. Nikotinadalah bahan aktif dalam asap tembakau. Memiliki bau menyengat dan rasa yangtajam.f. AlkoholAlkohol sering dipakai untuk menyebut etanol, yang juga disebut grain alcohol; dankadang untukminuman yang mengandung alkohol. Hal ini disebabkan karenamemang etanol yang digunakan sebagai bahan dasar pada minuman tersebut, bukanmetanol, atau grup alkohol lainnya. Begitu juga dengan alkohol yang digunakandalam dunia famasi. Alkohol yang dimaksudkan adalah etanol. Sebenarnya alkoholdalam ilmu kimia memiliki pengertian yang lebih luas lagi.3. Dampak / Efek yang Dapat Ditimbulkan Zat Adiktifa. Efek/Dampak Penyalahgunaan Minuman AlkoholAlkohol dalam minuman keras dapat menyebabkan gangguan jantung dan otot syaraf,mengganggu metabolisme tubuh, membuat janis menjadi cacat, impoten sertagangguan seks lainnya.b. Efek/Dampak Penyalahgunaan GanjaZat kandungan dalam ganja yang berbahaya dapat menyebabkan daya tahan tubuhberkurang dan melemah sehingga mudah terserang penyakit dan infeksi sertamemperburuk aliran darah koroner.c. Efek/Dampak Penyalahgunaan HalusinogenHalusinogen dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan pendarahan otak.d. Efek/Dampak Penyalahgunaan Kokain
  4. 4. Zat adiktif kokain jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkankekurangan sel darah putih atau anemia sehingga dapat membuat badan kurus kering.Selain itu kokain menimbulkan perforesi sekat hidung (ulkus) dan aritma padajantung.e. Efek/Dampak Penyalahgunaan Opiat / OpiodaZat opioda atau opiat yang masuk ke dalam badan manusia dapat mengganggumenstruasi pada perempuan / wanita serta impotensi dan konstipasi khronuk pada pria/ laki-laki.f. Efek/Dampak Penyalahgunaan InhalasiaInhalasia memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita seperti gangguan pada fungsijantung, otak, dan lever.g. Efek/Dampak Penyalahgunaan Non ObatDalam kehidupan sehari-hari sering kita temui benda-benda yang disalahgunakan olehbanyak orang untuk mendapatkan efek tertentu yang dapat mengakibatkan gangguankesehatan. Contoh barang yang dijadikan candu antara lain seperti bensin, thiner,racun serangga, lem uhu, lem aica aibon. Efek dari penggunaan yang salah pada tubuhmanusia adalah dapat menimbulkan infeksi emboli.Efek negatif dari beberapa zat kimia yang berasal dari rokok adalah sebagai berikut :1. Karbon monoksida (CO), merupakan gas yang sangat beracun, mudah terikat padahemoglobin, sehingga mengurangi kemampuan darah mengikat oksigen. Hal itu akanmengakibatkan jantung bekerja lebih keras. Keracunan karbon monoksida dapatmenyebabkan kematian.2. PAH, merupakan zat penyebab kanker.3. Tar dan resin, suatu cairan kental berwarna kuning-cokelat. Tar dan resin juga dapatmengiritasi sistem pernapasan, sehingga menjadi sulit bernapas. Keduanya dapatmenumpuk dan mengganggu kerja paru-paru. Sekitar 30 jenis senyawa yang terdapatdalam tar diduga dapat menyebabkan kanker.4. Nikotin, zat bersifat racun dan dapat menyebabkan adiksi (ketergantungan). Nikotinmerupakan stimulansusunan saraf pusat. Dosis fatal nikotin pada manusia adalah 60mg.

×