Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

AMDAL

506 views

Published on

~Analisis Mengenai Risiko Lingkungan
~Efektivitas AMDAL
~Manfaat AMDAL

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

AMDAL

  1. 1. 
  2. 2. Kerusakan alam atau sumber dayanya dapat terjadi karena beberapasebab, diantaranya adalah:1. Kerusakan karena peritiwa alam.2. Kerusakan SDA oleh manusia.3. Kerusakan SDA karena pencemaran atau polusi.4. Terjadinya pencemaran air pada aliran sungai & air tanah yang dipergunakan untuk keperluan masyarakat disekitar pertambangan.5. Terjadinya pencemaran udara, kebisingan & peningkatan suhu udara yang menggangu daerah pemukiman sekitarnya.6. Rusaknya permukaan tanah yang ditinggalkan serta genangan air yang terjadi akibat eksploitasi pertambangan.7. Perlu dilakukan reklamasai tanah, terutama usaha yang menyangkut penghijauan kembali daerah-daerah pertambangan terbuka.8. Adanya gangguan terhadap flora & fauna di lingkungan daerah pertambangan.
  3. 3. Dokumen AMDAL hanya dibuat sebagai syarat atau sekedaruntuk memenuhi ketentuan undang-undang saja. Beberapasebab tidak dipergunakannya laporan-laporan analisis mengenaidampak lingkungan adalah:1. Analisis mengenai dampak lingkungan yang dilakukan sering kali terlambat sehingga tidak dapat lagi memberikan masukan untuk pengambilan suatu keputusan.2. Tidak adanya pemantauan yang berkesinambungan, baik untuk pemantauan terhadap pelaksanaan proyek maupun pada tahap operasional proyek.3. Disalahgunakannya analisis mengenai dampak lingkungan untuk membenarkan diadakannya proyek, sehingga membuat tenaga kerja & biaya yang dikeluarkan menjadi mubazir.
  4. 4. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menaikan efektivitas analisi mengenai dampaklingkungan adalah:1. Menumbuhkan pengertian dikalangan proyek pemrakarsa proyek bahwa analisis mengenai dampak lingkungan bukanlah alat untuk menghambat pembangunan, melainkan alat untuk menyempurnakan perencanaan pembangunan.2. Sebagian besar laporan analisis mengenai dampak lingkungan mengandung banyak sekali data & masih banyak di antaranya yang tidak relevan dengan masalah yang di analisis sehingga perlu diadakan penyerdehanaan atau spesifikasi.3. Agar perencanaan pembangunan & pelaksanaan proyek dapat menggunakan hasil telah AMDAL haruslah ditulis dengan jelas & dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh perencanaan & pelaksanaan proyek atau kegiatan tersebut.4. Rekomendasi yang diberikan haruslah spesifik & jelas sehingga para perencana dapat menggunakannya.5. Persyaratan proyek yg tertera dalam laporan analisis mengenai dampak lingkungan yang telah disetujui haruslah menjadi bagian integral dari izin pelaksanaan proyek & mempunyai kekuatan hukum yang sama seperti yang termuat dalam rancangan rekayasa yang telah disetujui oleh badan yang bersangkutan.6. Adanya kemampuan yang memadai dari badan pemerintah yang berwenang untuk memeriksa laporan analisis dampak lingkungan, jika perlu dengan bantuan pakar lingkungan yang independen.7. Adanya tindakannya yang tegas terhadap pemrakarsa atau pemilik proyek yang melanggar ketentuan-ketentuan yang ada pada AMDAL
  5. 5. 1. Mengenai adanya dampak suatu rencana kegiatan terhadap kualitas lingkungan hidup yang melampaui ambang batas yang telah ditetapkan ataupun yang tidak dapat ditolerir serta membahayakan kesehatan & keselamatan manusia.2. Mengetahui adanya dampak suatu rencana kegiatan terhadap kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan pertentangan3. Memberikan masukan bagi studi kelayakan teknis & kelayakan ekonomi sehingga dapat dilakukan optimasi, terutama dalam rangka mengendalikan dampak negatif & mengembangkan dampak positifnya.4. Memberikan informasi sejauh mana keadaan lingkungan dapat menunjang perwujudan suatu rencana kegiatan, terutama informasi tentang sumber daya yang diperlukan bagi kegiatan tersebut, seperti energi, tenaga manusia, sarana & prasarana angkutan dan sebagainya.5. Pelaksanaan upaya pengelolaan lingkungan berdasarkan hasil pendugaan & evaluasi dampak lingkungan yang dilakukan dalam proses penyusunan AMDAL.6. Pelaksanaan pemantauan lingkungan yang diperlukan bagi penilaian ataupun pengawasan.

×