• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Karakteristik media dua dimensi  dan nilai edukatif
 

Karakteristik media dua dimensi dan nilai edukatif

on

  • 1,415 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,415
Views on SlideShare
1,367
Embed Views
48

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
1

2 Embeds 48

http://moungil.blogspot.com 46
http://septia-lutfi-038-3.blogspot.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Karakteristik media dua dimensi  dan nilai edukatif Karakteristik media dua dimensi dan nilai edukatif Presentation Transcript

    • KARAKTERISTIK MEDIA DUADIMENSI DAN NILAI EDUKATIF KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
    • PENGERTIAN MEDIA DUA DIMENSIMedia dua dimensi adalah sebutan umum untuk alatperaga yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebaryang berada pada satu bidang datar.Media pembelajaran dua dimensi meliputi media grafis,media bentuk papan, dan media cetak
    • A. JENIS – JENIS MEDIA DUA DIMENSI Klasifikasi media dua dimensi terbagi menjadi 3 bagian yaitu: Media Grafis Media Bentuk Papan Media Cetak Dimana pada masing-masing bagian memiliki bermacam- macam media, meliputi:
    •  Media Grafik Gambar/Foto Sketsa Diagram Bagan/chart Grafik (Graphs) Kartun poster Peta dan Globe
    • Media Bentuk Papan Papan Tulis Papan Flannel/ Flanel Board Papan Bulletin/ Bulletin Board Papan magnet atau white board atau magnetik board
    • Media Cetakan Buku Pelajaran Surat kabar dan majalah Teks Terprogram
    • B. KARAKTERISTIK MEDIA DUA DIMENSI Media grafik Gambar/foto Harus autentik artinya gambar tersebut haruslah secara jujur melukiskan situasi seperti kalau orang melihat benda sebenarnya. Sederhana artinya komposisisnya hendaklah cukup jelas menunjukkan point-point pokok dalam gambar. Ukuran relative artinya gambar/foto dapat membesarkan atau memperkecil objek/benda sebenarnya. Gambar/foto sebaiknya mengandung gerak atau perbuatan. Gambar yang baik tidaklah menunjukkan objek dalam keadaan diam tetapi memperlihatkan aktivitas tertentu. Gambar yang bagus belum tentu baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun dari segi mutu kurang, gamabar/foto karya siswa sendiri seringkali lebih baik Tidak setiap gambar yang bagus merupakan media bagus. Sebagai media yang baik, gambar hendaklah bagus dari sudut seni dan sesuaia dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
    •  Sketsa Gambar dalam sketsa harus sederhana dan harus melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Diagram Beberapa ciri diagram yang perlu diketahui adalah:a. Diagram bersifat simbolis dan abstrak sehingga kadang sulit dimengerti.b. Untuk dapat membaca diagram seseorang harus mempunyai latar belakang tentang apa saja yang didiagramkan.c. Walaupun sulit dimengerti karena sifatnya yang padat, diagram dapat memperjelas arti. Diagram yang baik sebagai media pendidikan adalah yang:a. Benar, digambar rapi, diberi titel, label dan penjelasan- penjelasan yang perlu.b. Cukup besar dan ditempatkan secara strategis danc. Penyusunannya disesuaiakan dengan pola membaca yang umum: dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
    • Bagan/chart Sebagai media yang baik, bagan haruslah: Dapat dimengerti anak Sederhana dan lugas, tidak rumit atau berbelit- belit dan Diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain tetap termasa (up to date) juga tak kehilangan daya tarik.
    •  Grafik (graph) Sebagai media pendidikan grafik dapat dikatakan baik kalau memenuhi ketentuan sebagai berikut: Jelas untuk dilihat oleh seluruh kelas. Hanya menyajikan satu ide setiapa grafik. Ada jarak/ruang kosong antara kolom-kolom bagiannya. Warna yang digunakan harus kontras dan harmonis. Berjudul dan Ringkas Sederhana. Mudah dibaca Praktis, mudah diatur. Menggambarkan kenyataan. Menarik. Jelas dan tak memerlukan informasi tambahan. Teliti.
    • Kartun Gambar interpretatif yang menggunakan simbol- simbol dansifatnya mengena, pesan yang besar bisa disajikan secara ringkas dan kesannya akan tahan lama di ingatan.Poster Secara umum, poster yang baik adalah: Sederhana Menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok Berwarna Slogannya ringkas dan jitu Tulisannya jelas Motif dan disain bervariasi
    • Peta dan Globe Secara khusus peta dan globe tersebut memberikan informasi tentang: Keadaan permukaan bumi, daratan, sungai-sungai, gunung-gunung dan bentuk-bentuk daratan serta perairan lainnya Tempat-tempat serta arah dan jarak dengan tempat yang lain Data-data budaya dan kemasyarakatan seperti misalnya populasi atau pola bahasa/adat istiadat dan Data-data ekonomi, seperti misalnya hasil pertanian, industry atau perdagangan internasional.