power point ideologi pancasila
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

power point ideologi pancasila

on

  • 7,279 views

ideologi pancasila

ideologi pancasila

Statistics

Views

Total Views
7,279
Views on SlideShare
7,279
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
107
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

power point ideologi pancasila power point ideologi pancasila Presentation Transcript

  • PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM BERBAGAI BIDANG By kelompok 3Hodri Khaerul Anam
  •  Ideologi liberalis Ideologi komunisme Ideologi pancasila
  • Tujuan pembangunan nasional Pembangunan adalah proses perubahan yangterus menerus, yang merupakan kemajuan danperbaikan menuju kearah tujuan yang ingin dicapaiyaitu tujuan sebagaimana yang tercantum dalampembukaan UUD 1945 .
  • Makna pembangunan nasional Makna pembangunan nasional sebagaipengamalan pancasila . Pembangunan nasionalmerupakan rangkaian upaya pembangunan yangberkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupanmasyarakat, bangsa dan negara untk melaksanakantugas mewujudkan tujuan nasional yang tercantumdalam pembukaan UUD 1945 Demi kelestarian pancasila sebagai pandanganhidup dan dasar negara maka segenap upayapembangunan haruslah merupakan pengamalanpancasila dalam arti semua sila pancasila . Yangmeliputi sila ke-1, ke-2 , ke-3, ke-4, dan ke-5.
  • Hakekat Pembangunan Nasional Hakekat pembangunan nasional itu adalah pembangunan manusia indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat indonesia seluruhnya. Dan dengan melaksanakan pembangunan itu indonesia ingin mengejar : 1.kepuasan lahiriah 2. kepuasan batiniah 3. keselarasan Pembangunan nasional bersifat : 1.Menyeluruh 2.Berencana 3.Terpadu
  • Pancasila sebagai ideologi terbuka dan dinamis yaitu pancasila bersifat aktual, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat. Keterbukaan ideologi pancasila bukan berarti merubah nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya, namun mengeksplisitkan wawasannya secara lebih kongkrit, sehingga memiliki kemampuan yang reformatif untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang senantiasa berkembang sering dengan aspirasi rakyat, perkembangan iptek serta jaman yang semakin maju .
  • PANCASILA DITENGAH – TENGAH IDEOLOGI – IDEOLOGI BESAR DUNIA Ditengah – tengah ideologi besar dunia yang aka dibicarakan adalah ideologi liberalisme, komunisme, dan pancasila . ideologi leberalisme ideologi liberalisme adalah ideologi yang sangat mengagung – agungkan kebebasan pribadi (individu) di atas segalanya . Jadi setiap orang mementingkan hak daripada kewajibannya . ideologi komunisme ideologi komunisme adalah ideogi yang berfikir berdasarkan materealisme histories/dialektika yang berpangkal tolak merubah masyarakat menjadi masyarakat tanpa kelas, menstratakan golongan masyarakat Ideologi pancasila ialah mendasarkan pada struktur filsafat pancasila itu sendiriyang berpangkal tolak dari nilai dasar yang luhur , tidak berubah dan terdapat nilai sosial budaya bangsa itu sendiri.
  • PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN BANGSSA INDONESIA Pengertian paradigma ialah kerangka berfikir . Pancasila sebagai orientasi pembangunan artinya pembangunanan yang sedang digalakkan perlu para digma yaitu sebuah kerangka berfikir atau sebuah model mengenai hal-hal yang sangat esensial dilakukan. Pancasila sebagai kerangka acuan pembangunan artinya pancasila memberi orientasi untuk terbentuknya struktur kehidupan sosial politik dan ekonomi yang manusiawi , demokratis dan adil bagi seluruh rakyat . Pancasila sebagai paradigma pembangunan bangsa artinya mengubah keadaan yang belum baik menjadi baik atau keadaan yang lebih baik . Pancasila sebagai paradigma pembangunan ilmu pengetahuan dan pendidikan