Di susun oleh: Rangga Aditya N
Nurul Widyaningsih
Hilal Hidayatullah
Reaksi kimia adalah :
A. Suatu proses dimana dihasilkan zat-zat baru
yaitu hasil reaksi yang terbentuk dari beberapa
zat a...
1. Pembakaran : adalah suatu reaksi dimana suatu unsur atau
senyawa bergabung dengan oksigen. Misalnya
CO2, H2 O dan SO2.
...
4. Penggantian ( atau perpindahan tunggal) adalah suatu
reaksi dimana sebuah unsur memindahkan unsur lain
dalam suatu seny...
1. Suatu komponen yang menentukan kedaan larutan apakah
sebagai padatan cairan atau gas disebut pelarut atau solfent.
Komp...
Suatu reaksi kimia ditandai dengan terbentuknya
senyawa baru yang berbeda dengan senyawa
pereaksinya.
Reaksi kimia dikatak...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Reaksi kimia

226 views

Published on

tugas kimia 1

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
226
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Reaksi kimia

  1. 1. Di susun oleh: Rangga Aditya N Nurul Widyaningsih Hilal Hidayatullah
  2. 2. Reaksi kimia adalah : A. Suatu proses dimana dihasilkan zat-zat baru yaitu hasil reaksi yang terbentuk dari beberapa zat aslinya yang di sebut pereaksi. B. Biasanya suatu reaksi kimia disertai oleh kejadian kejadian fisis seperti perubahan warna, pembentukan endapan, atau timbulnya gas.
  3. 3. 1. Pembakaran : adalah suatu reaksi dimana suatu unsur atau senyawa bergabung dengan oksigen. Misalnya CO2, H2 O dan SO2. Contohnya: 2. Penggabungan (Sintesis) adalah suatu reksi di mana sebuah zat yang lebih kompleks terbentuk dari dua atau lebih zat yang lebih sederhana (baik unsur maupun senyawa). Contoh reaksi: 3. Penguraian – adalah suatu reaksi dimana suatu zat dipecah menjadi zat-zat yang lebih sederhana . Contoh reaksi penguraian perak oksida adalah :
  4. 4. 4. Penggantian ( atau perpindahan tunggal) adalah suatu reaksi dimana sebuah unsur memindahkan unsur lain dalam suatu senyawa . Contoh : 5. Metatesis ( atau perpindahan ganda ) adalah suatu reaksi imana terjadi pertukaran antara dua pereaksi . Contoh :
  5. 5. 1. Suatu komponen yang menentukan kedaan larutan apakah sebagai padatan cairan atau gas disebut pelarut atau solfent. Komponen yang lain disebut zat terlarut atau solut. 2. Jumlah zat terlarut yang dilarutkan sangat berfariasi itulah sebabnya perlu mengetahui susunan atau konsentrasi. 3. Konsentrasi molar atau molaritas adalah suatu konsentrasi larutan yang dinyatakan dengan jumlah mol zat terlarut perliter larutan . M= m/V Contoh: 0,500 mol urea dilarutkan dalam 1,000L larutan dengan pelarut air, maka konsentrasi molarnya adalah: 0,500 mol urea/1,000L = 0,500 M urea
  6. 6. Suatu reaksi kimia ditandai dengan terbentuknya senyawa baru yang berbeda dengan senyawa pereaksinya. Reaksi kimia dikatakan berlangsung apabila salah satu hal teramati diantaranya : - Reaksi tersebut mengalami perubahan warna - Ada terbentuk endapan - Terjadi perubahan suhu atau terbentuk gas

×