7 tools

1,081 views
956 views

Published on

Published in: Education, Business, Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,081
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

7 tools

  1. 1. 01 WINTER Template7 TOOLSPSKE 10ie56 10ie12
  2. 2. 02 “ Istilah 7 Qc tools adalah nama alat yang digunakan oleh seorang pahlawan terkenal bernama BENKEI. Benkei telah menggunakan semua senjatanya iniuntuk memenangi semua peperangan yang dilaluinya. Dari pengalaman saya Anda akan mendapati bahwaAnda boleh menyelesaikan 95 % masalah di sekeliling Anda jika Anda menggunakan 7 QC tools secara matang “KAORU ISHIKAWAProfessor Emeritus, University of Tokyo
  3. 3. Kegunaan 7 tools 02• Membantu untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan masalah dengan cepat dan lebih efektif.• Membantu proses pengambilan keputusan.• Menyediakan alat-alat sederhana namun kuat untuk digunakan dalam kegiatanperbaikan terus-menerus.• Menyediakan kendaraan untuk berkomunikasi masalah dan resolusi seluruh bisnis.• Menyediakan cara penggalian informasi dari data yang dikumpulkan.
  4. 4. 7 TOOLS 02• Pareto Chart• Histogram• Fishbone Diagram• Scatter Diagram• Control Chart• Check-sheet• Flow Chart
  5. 5. Pareto Chart 02 Tujuan dari bagan Pareto adalah untukmemprioritaskan masalah - untuk memutuskanmasalah-masalah apa yang harus dibahas. Melalui Pareto Chart, dipaparkan bahwasebagian kecil dari sumber masalah akanmenghasilkan sebagian besar dari masalahAnda. Pareto ini biasa disebut juga dengan 80/20Rule.
  6. 6. Pareto Chart 02
  7. 7. Histogram 03Secara umum, histogram digunakan untuk :• memantau pengembangan produk baru• penggunaan alat atau teknologi produksi yang baru• memprediksi kondisi pengendalian proses, hasil penjualan• manajemen lingkungan dan lain sebagainya.
  8. 8. Prediksi yang dapat di tampilkan 03  Bila bentuk Histogram pada sisi kiri dan kanan berbentuk SIMETRI dapat diprediksi proses berjalan KONSISTEN ( seluruh faktor dalam proses memenuhi syarat yang ditentukan )  Bila Histogram berbentuk sisir kemungkinannya adalah Ketidaktepatan dalam pengukuran atau pembulatan nilai data sehingga berpengaruh pada penetapan batas-batas kelas.
  9. 9. Prediksi yang dapat di tampilkan 03  Bila sebaran data melampaui batas-batas spesifikasi, maka dapat dikatakan bahwa ada bagian dari hasil produk yang tidak memenuhi spesifikasi mutu. Begitu juga sebaliknya.
  10. 10. Histogram 03
  11. 11. Cause-effect diagram 03 Diagram ini adalah satu-satunya alat bantuyang menggunakan data verbal atau datakualitatif dalam penyajiannya. Alat bantu ini menggambarkan tentangsuatu kondisi penyimpangan mutu yangdipengaruhi oleh bermacam-macam penyebabyang saling berhubungan.
  12. 12. Cause-effect diagram 04
  13. 13. Scatter diagram 04 Scatter diagram merupakan diagramyang biasanya digunakan untuk mengukurjenis maupun besar hubungan sebab-akibatdiantara kedua variabel. Diagram yang juga biasa disebutscattergram atau scatterplot ini biasanyadibentuk menggunakan software di komputer.
  14. 14. Scatter diagram 04
  15. 15. Control Chart 04 Tujuannya adalah untuk memastikan bahwaproses dalam kendali dan untuk memonitor variasiproses secara terus-menerus. Chart ini menggambarkan nilai rata-rata, sertalimit atas dan limit bawah dari suatu proses.
  16. 16. Check-sheet 04 Check-sheet merupakan dokumensederhana yang digunakan untuk mengumpulkandata secara real-time di lokasi data tersebutberada. Dokumen ini didesain supaya dapatmengumpulkan informasi yang diinginkan secaramudah, baik kualitatif dan kuantitatif.
  17. 17. 4 tipe utama yang digunakan untukmemeriksa lembar pengumpulan data: 04 Defective item check sheet : Digunakan untuk mengidentifikasi jenis masalah atau cacat yang terjadi dalam proses. Biasanya lembar cek ini akan memiliki daftar cacat atau masalah yang mungkin terjadi dalam proses. Defective Location Check Sheet Digunakan untuk mengidentifikasi lokasi cacat pada produk. Digunakan saat penampilan eksternal dari produk itu penting.
  18. 18. 4 tipe utama yang digunakan untukmemeriksa lembar pengumpulan data: 05 Defective Cause Check Sheet DIgunakan untuk mengidentifikasi penyebab masalah atau cacat. Terdapat lebih dari satu variabel yang dipantau saat mengumpulkan data untuk jenis lembaran cek. Checkup Confirmation Check Sheet Digunakan untuk memastikan bahwa prosedur yang tepat sedang diikuti. Lembar cek ini biasanya akan memiliki daftar tugas yang harus diselesaikan sebelum tindakan dapat diambil.
  19. 19. Check-sheet 05
  20. 20. Flow Chart 05 Merupakan alat bantu yang memberikangambaran visual urutan operasi yang diperlukanuntuk menyelesaikan suatu tugas. Flowchart seringkali pula disebut denganFlow Diagram, Process Deployment Flow, danProcess Flowchart.
  21. 21. Flow Chart 05 Elemen-elemen yang terdapatpada flowchart diantaranya adalah:serangkaian langkah, input danoutput, keputusan yangdiambil, orang yang terlibat, waktuhingga evaluasi
  22. 22. Flow Chart 05
  23. 23. Kesimpulan 05The 7 Quality Tools are used as the basis for ProblemSolving. However, it is NOT important just to use anytool, it is important to know HOW and WHEN to usethem!
  24. 24. 01 WINTER TemplateTHANKS 10ie56Annisa Adilasri 10ie12Ayunda Annisa

×