Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Real Photography

1,213 views

Published on

Real Photography by Daniel Oscar Baskoro

Published in: Art & Photos
  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Real Photography

  1. 1. BIOGRAFINama : Daniel Oscar Baskoro (Oscar)TTL : Yogyakarta, 10 Juli 1992Office/Studio : XP Creative Studio, Podang 1 Demangan Baru YogyakartaEmail : oscarbaskoro @ yahoo.comTwitter : @oscarxpiWeb : xpcreativestudio.com (under construction)Penghargaan :Oracle International Achievment 2010Microsoft Imagine Cup Finalsit 2012Juara 1 Web Design Dinas Pendidikan 2007Juara 2 Lomba Foto Media Indonesia dan Pocari SweatJuara 1 Lomba Foto Tingkat DIY-Jawa Tengah UPN Veteran 2010Juara 1 Foto Ekonomi Tingkat Nasional ECC 2010Juara 3 Foto Tingkat Nasional Ekonomi UII 2011Juara 1 Foto Piala Gubernur 2010Juara 1 Foto Dinas Kebudayaan 2010Juara Favorit Lomba Foto Dinas Kebudayaan 2010Juara 1 Lomba Foto Kebudayaan Delayota 2009dll.Project :Film Dinas Kesehatan, Lembaga Indonesia PerancisFoto di media (Metro TV,HAI, ocari Sweat, Detikcom, dll)Pameran Foto Internasional dan NasionalAmsterdam Fashion Week , kolaborasi dengan FOAM Museum AmsterdamFrance Wedding Projectdll.
  2. 2. PHOTO PROJECT Wedding Photo Project , France
  3. 3. Amsterdam International Fashion Week
  4. 4. Juara 1 Lomba Foto Dinas Kebudayaan
  5. 5. Netherland Panorama
  6. 6. CHAPTER 1INTRODUCTION
  7. 7. FOTOGRAFI NYATAFotografi Nyata, merupakan suatu bentuk pemahaman akan sebuahesensi fotografi yang dimana foto mengandung sebuah cerita atauinformasi suatu kejadian nyata dalam kehidupan. Fotografi nyata dapatdiibaratkan sebuah prinsip dari mata mendapatkan suatu informasi, matamendapatkan suatu pandangan nyata dan kemudian diterjemahkan diotak menjadi suatu informasi. Suatu foto akan semakin nyata jika sebuahfoto mengandung banyak informasi.
  8. 8. FOTOGRAFI JURNALISTIKFotografi Jurnalistik adalah foto yang palingsering dijadikan untuk sebagai tema suatulomba, foto jurnalistik memberikan suatu aspekjurnalistik yang memberikan suatu esensi bobot KATEGORIakan suatu informasi, fotografi jurnalistikmenggambarkan kondisi natural/nyata dari 1. Spot Newssebuah kejadian, situasi, atau personal. Fotografi 2. General NewsJurnalistik menggunakaan suatu gambar nyata 3. Natureuntuk menceritakan sebuah kejadian yang 4. Prortraitsinformatif bagi masyarakat luas secara cepatsesuai nilai esensi dari suatu kejadian. 5. Contemporary issues 6. People in the News 7. Science and technology 8. Daily life 9. Arts 10. Sports
  9. 9. CHAPTER 2PREPARATION
  10. 10. PENGUMPULAN INFORMASIMengumpulkan informasi atau penentuan objek yang mengandung suatunilai berita/tema. Informasi yang dikumpulkan sebelum meliput suatu temameliputi kapan waktu, lokasi, siapa saja yang terlibat dalam peristiwatersebut, dalam rangka atau tentang apa peristiwa tersebut. Hal tersebutpenting untuk diketahui agar fotografer lebih mudah ketika berada dilapangan. Pencarian informasi tidak terbatas di awal saja, melainkan jugaketika di lapangan, dengan aktif menjalin komunikasi dengan subjek-subjekdi lapangan untuk mendapatkan informasi.
  11. 11. PERIJINANPerijinan menjadi hal yang sangatpenting dalam peliputan suatu berita,perijinan adalah salah satu bagian darietika fotografi, ketika tidakmendapatkan suatu ijin, seorangfotografer akan sulit mendapatkansuatu foto berkualitas karenalangkahnya bisa terbatas, kemudianfotografer tidak memiliki status yangjelas dalam peliputan, dan tentunyadapat pula menimbulkankesalahpahaman dengan objek yangdifoto.
  12. 12. PEMILIHAN LENSADAN KAMERADalam melakukan suatu pengambilanfoto diperlukan suatu peralatan yangsesuai dengan konsep foto yang ingindiambil. Dalam fotografi jurnalistikkonsep foto yang diambil bersesuaiandengan esensi berita yang ingindiceritakan.Semisal :Penggunaaan Lensa Tele,Agar ekspresi yang didapatkan lebih natural , selain itu dapat pula untuk menjaga jarakdengan situasi yang terjadiPenggunaan Lensa LebarKetika ingin mendapatkan suatu berita yang objeknya sangat luasPenggunaan Kamera ISO Tinggi dan Diafragma Besar Ketika melakukan suatu peliputanyang kondisinya minim cahayaPenggunaan Kamera Shock Resistant , Water Resistant Ketika melakukan peliputan padatempat yang bermedan berat.Dll.
  13. 13. PERALATAN PENDUKUNGFlash EksternalKetika cahaya yang ada sangat minimCamera Backpack + Rain CoatUntuk menempatkan kamera aga dalam kondisiyang amanTripodKetika berada dalam kondisi medan yang tidakstabilDouble Battery + Double MemoriAgar tidak kehilangan momen dikarenakankehabisan baterai atau memoriPembersih Lensa / Pembersih KameraMembersihkan lensa/kamera agar jangan sampaifoto dengan momen yang baik ternodai oleh nodakotoran di foto.Sepatu khususGunakan sepatu yang dapat kuat di segala medanseperti sepatu gunung, agar tetap nyaman ketikamelakukan pengambilan gambar di segala medan
  14. 14. CHAPTER 3PHOTO ETHICS
  15. 15. PRIVASIKetika melakukan suatu pengambilan fotoharuslah dapat pula mengetahui danmenjaga privasi dari objek yang ada didalamfoto, apakah sekiranya privat atau tidak bagiobjek foto. Agar ketika foto tersebutdipublikasikan tidak mengandung unsur-unsur yang sekiranya dapat merugikan dariobjek yang ada di dalam foto.AKURATFoto yang diambil adalah foto yang sesuaidengan keadaan situasi sebenarnya, tidakmerekayasa suatu kejadian sehinggainformasi yang dihasilkan dari suatu fotomenyimpang dari situasi aslinya.
  16. 16. RESPEKSolider terhadap seluruh objek yang bersangkutpautan melalui pendekatan-pendekatan sosial,entah objek yang ada di dalam foto ataupun yangberada di luar foto ( lokasi kejadian). Memangfotografer media dituntut untuk mendapatkansuatu foto agar dapat dipublikasikan padamasyarakat luas akan tetapi tetap harusmenonjolkan solidaritas ketika sedang mengambilgambar.DAMPAKPerhatikan dampak luas dan jangka panjang yangditimbulkan dari foto yang diambil.Foto merupakan suatu karya seni yangmultiinterpesepsi, dapat diinterpesepsikan setiaporang dan setiap waktu berbeda-beda, bisasekarang memiliki suatu informasi yang bergunadan bisa juga beberapa waktu kemudian menjadisebuah foto yang destruktif.
  17. 17. CHAPTER 4JOURNALISM CONCEPT
  18. 18. AKTUAL DAN FAKTUALSesuai dengan prasyarat umumnya sebuah berita,subyeknya bukan merupakan hal basi, sehinggabetapapun suksesnya pengambilan sebuah fotobila tidak secepatnya dipublikasikan, sebuah fotobelumlah memiliki nilai berita. Subyek foto puntidak dibuat-buat atau dalam pengertian diatursedemikian rupa. Rekaman peristiwa terjadispontan sesuai dengan kenyataan yangsesungguhnya.INFORMATIFFoto mampu tampil dalam gambaran situasi apayang ingin diceritakan dari suatu kejadian, tanpaharus dibebani oleh tambahan kata-kata penjelas.Pengertian informatif bagi tiap foto perlu ukurankhas. Sedikit berbeda dengan sebuah penulisanyang menuntut unsur 5W + 1H dalam suatu paketyang kompak. Keterangan selanjutnya untukmelengkapi unsur 5W + 1H (sebagai pelengkapinformasi) bisa ditulis pada keterangan foto(caption).
  19. 19. GEMAGema adalah sejauh mana topik beritamemiliki suatu pengaruh,bisa menjadipengetahuan umum,dan punya pengaruhterhadap kehidupan sehari-hari dalam skalatertentu. Apakah satu peristiwa ataukejadian cuma bersifat lokal, nasional.regional atau internasional.ATRAKTIFMenyangkut sosok grafis foto itu sendiriyang mampu tampil secara mengigit ataumencekam, baik karena komposisi garisatau warna yang begitu terampil maupunekspresif dari subyek utamanya yang amatdramatis.
  20. 20. CHAPTER 4VISUAL CONCEPT
  21. 21. THE RULE OF THIRDMerupakan pembentukan sebuah komposisi foto yang menggunakangaris-garis grid untuk mendapatkan suatu objek dominan atau yangpaling ditonjolkan dari sebuah foto. Garis grid digunakan terdiri dari 9ruang, objek dapat dikatakan dominan jika masuk ke dalam lebih dari 5atau lebih dari 9 ruang tersedia.
  22. 22. WARNAMenkalibrasi warna yang ditangkap olehkamera dengan warna sesungguhnya agarinformasi pada foto dapat sesuai dengankeadaan atau situasi aslinya. Semisal ketikamemotret buah,jangan sampai salah dalampengaturan sehingga warna yang diapatkanmenjadi terlalu gelap , terlalu terang,ataupun bisa pula terlalu kebiruan karenapengaruh white balanceGARISYaitu memperhatikan suatu konsistensiposisi objek pada dunia nyata dengan yangditangkap oleh kamera denganmemanfaatkan garis dimensi dari sebuahfoto. Contoh mudahnya ketika memfotolaut, maka garis laut haruslah lurus sejajardengan bingkai atas dan bawah, tidak dalamposisi miring.
  23. 23. DEPTH OF FIELDTitik ketajaman foto, titik ketajamanberpengaruh pada objek sentralmana yang akan ditonjolkan dalamsebuah foto sesuai esensi maknadari foto, sehingga ketika matamelihat pada sebuah foto akanlangsung tertuju pada objek yangtajam saja.
  24. 24. GENERAL & DETAIL Pemilihan objek-objek yang diambil pada awalnya adalah objek yang luas atau umum sesuai dengan tema berita yang ingin didapatkan, kemudian pengambilan gambar dilanjutkan pada objek- objek yang lebih spesifik atau detail, semisal berita tentang kebakaran, pertama yang diambil adalah kondisi rumah yang terbakar, kemudian dilanjutkan pengambilan objek-objek detail seperti ekspresi korban kebakaran,alat-alat pemadam kebakaran FRAMEFrame atau bingkai, dimana menyusun objek-objek yang ada agar dapat terangkai secara baikdalam suatu foto sehingga foto menjadi makininformatif karena objek sumber informasi tidakhanya satu melainkan terdiri dari banyak objekdalam suatu frame.
  25. 25. ANGLEPemilihan sudut pandang dari suatu foto,sudut pandang dapat berupa bird view (dariatas) , frog view (dari bawah), eye view(sejajar dengan mata), masing-masing sudutpandang dapat berpengaruh pada kesanesensi dari suatu foto, semisal bird viewakan menggambarkan kondisi yang luas,kemudian frog view akan menggambarkansuatu kondisi yang lebih tinggi, dsb.TIMEPenentuan waktu pengambilan merupakanhal yang sangat esensial dalam pengambilangambar, dimana waktu akan berpengaruhpada momen yang terjadi pada suatukejadian. Momen foto yang tepat adalahketika terjadi suatu kejadian didalam suatukejadian yang benar-benar dapatmerepresentasikan suatu kejadian secaramendalam.
  26. 26. CHAPTER 5POST PROCESSING
  27. 27. KURASITahapan penyeleksian foto-foto yang sudahdiapatkan di lapangan. Tahapan kurasi foto adalahtahapan yang sulit, diperlukan suatu analisamendalam akan foto-foto yang ada agar didapatfoto yang paling berkualitas dari segi esensi danvisual. Dalam tahapan kurasi digital ,sebaiknyamenggunakan tampilan browser yang lebar,sehingga seluruh foto dapat tampak dan dapatuntuk dikomparasi antara satu foto dengan fotoyang lain.EDITINGDalam tujuan jurnalistik, foto merupakan fotoyang nyata dan real terjadi sesuai dengantangkapan mata manusia. Oleh karena itu secaramudahnya filosofi foto yang diedit tidaklah bolehterlalu jauh dengan apa yang bisa ditangkap olehmata manusia. Editing dalam foto jurnalistik jugatidak boleh mengubah esensi informasi yangdikandung oleh suatu foto.
  28. 28. CAPTIONPembentukan kata-kata untuk menambah informasi dari suatu foto, biasanyacaption akan sangat berguna ketika tampak visual pada foto tidak dapatmerepresentasikan banyak informasi sehingga diperlukan suatu caption.Dalam membentuk suatu caption haruslah dapat merangkum unsur-unsurdalam suatu pemberitaan yang sering disebut dengan 5W+1H. 5W+1H adalahWho, What, When, Where, Why,dan How. Oleh karena itu ketika melakukansuatu peliputan foto, fotografer tidak hanya melakukan pemotretan saja,melainkan juga mengumpulkan informasi-informasi lain yang sekiranya akanberguna ketika akan dibuat caption.
  29. 29. F.A.Q?Foto jurnalistik yang sering menang lomba foto? Pada dasarnya esensi dari sebuah foto jurnalistik adalah foto yang tidak hanya sekedar foto melainkan banyak mengandung suatu informasi kejadian atau peristiwa aktual. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan dalam suatu kejadian aka ada banyak fotografer dan banyak foto pula, oleh karena itu dalam melakukan pengambilan foto diperlukan kreatifitas setinggi mungkin untuk mendapatkan foto yang berbeda (entah dari segi makna ataupun visual) dibanding foto-foto yang lain akan tetapi tetap kaya akan informasi suatu kejadian.
  30. 30. F.A.Q?Mood = Kunci Foto ?Mood atau suasana pikiran akan sangat berpengaruh padasuatu pengambilan foto, untuk membentuk suatu foto yangberkualitas haruslah memiliki suasana pikiran yang baik, janganterpaku pada tekanan harus memenangkan lomba foto. Suasanapikiran yang penuh tekanan akan menghambat kreativitas. Jikamemfoto objek berupa manusia juga haruslah kitamenkondisikan mood manusia tersebut sesuai dengan konsepyang kita buat, selain itu perhatikan mood untuk terusbereksplorasi jangan terlalu puas jika misalnya sudah pernahmenang suatu lomba.
  31. 31. “Which of my photographs is my favorite?The one I’m going to take tomorrow.” Imogen Cunningham THANK YOU All Photos & Content Copyright Daniel Oscar Baskoro

×