PPT Kewarganegaraan penegakan HAM kelas X

16,365 views

Published on

0 Comments
9 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
16,365
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
768
Comments
0
Likes
9
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

PPT Kewarganegaraan penegakan HAM kelas X

  1. 1. Oleh: Latifa Syifa Safitri Penegakan Hak Asasi Manusia.
  2. 2. A. Hak Asasi Manusia Hak asasi manusia adalah hak dasar atau pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, bersifat universal dan abadi. Hak asasi manusia dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang.
  3. 3. 1. Hak Asasi Manusia Menurut Koentjara Poerba Pranoto, hak asasi adalah hak yang bersifat asasi. Artinya, hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga bersifat suci.
  4. 4. 2. Sejarah Hak Asasi Manusia Sejarah hak asasi manusia dimulai dari gagasan hak asasi manusia. Gagasan hak asasi muncul sebagai reaksi atas kesewenang-wenangan penguasa yang memerintah secara otoriter. Perjuangan hak asasi manusia terdapat dalam suatu gerakan, dokumen, dan teori yang dikemukakan oleh pemikir.
  5. 5. a. Gerakan Hak Asasi Gerakan has asasi yang bertujuan memperjuangkan hak asasi manusia adalah: 1. Gerakan Renaisance (abad XV) 2. Gerakan Reformasi (abad XVI) 3. Revolusi Amerika 4. Revolusi Prancis
  6. 6. 1. Gerakan Renaisme Gerakan ini muncul di eropa dan bertujuan mengugah kembali kesadaran manusia akan martabat sebagai makhluk berakal 2. Gerakan Reformasi Gerakan ini terjadi di lingkungan agama Kristen pada tahun 1517, dipimpin oleh Martin Luther. Tujuan gerakan ini adalah membebaskan diri dari ikatan kepausan dan melahirkan agama Kristen Protestan.
  7. 7. 3. Revolusi Amerika Gerakan ini muncul pada tahun 1776 dengan tujuan memerdekakan negara dari penjajah dan kesewenangan. 4. Revolusi Prancis Gerakan ini muncul pada tahun 1792 dengan tujuan membebaskan diri dari kesewenangwenangan Kaisar Prancis.
  8. 8. b. Teori Hak Asasi Manusia Selain gerakan hak asasi, ada beberapa teori dari para ahli yang mendukung perkembangan hak asasi manusia. Teori hak asasi manusia adalah sebagai berikut: 1. Teori Perjanjian Masyarakat (1632-1704) 2. Teori Trias Politika (1688-1765) 3. Teori Kedaulatan Rakyat (1912-1778) 4. Teori Negara Hukum (1724-1904)
  9. 9. 1. Teori Perjanjian Masyarakat Teori ini dikemukakan oleh John Locke. Teori ini menyebutkan bahwa ketika manusia berkeinginan membentuk negara maka semua hak yang ada pada manusia harus dijamin dalam undang-undang. 2. Teori Trias Politika Teori ini dikemukakan oleh Montesquieu. Teori ini mengatakan bahwa kekuasaan negara dipisahkan menjadi 3, yaitu legislatif, yudikatif, dan eksekutif. Pemisahan ini untuk melindungi hak asasi dan kekuasaan penguasa
  10. 10. 3. Teori Kedaulatan Rakyat Teori ini dikemukakan oleh J.J Rousseau. Teori ini menyatakan bahwa penguasa diangkat oleh rakyat untuk melindungi kepentingan rakyat, termasuk hak asasi. 4. Teori Negara Hukum Teori ini dikemukakan oleh Immanuel Kant. Teori ini menyatakan bahwa negara bertujuan untuk melindungi hak asasi dan kewajiban warga negara.
  11. 11. c. Dokumen Hak Asasi Manusia Sejarah perjuangan hak asasi manusia dapat dibuktikan dengan adanya beberapa dokumen sebagai berikut : 1. Magna Charta (1215) di Inggris Dokumen ini mencatat beberapa hak yang diberikan oelh Raja John kepada bangsawan untuk membatasi kekuasaan raja.
  12. 12. 2. Bill of Rights (1689) di Inggris Dokumen ini adalah undang-undang hak yang diterima parlemen inggris setelah mengadakan perlawanan terhadap Raja James II. 3. Bill of Rights (1789) di Amerika Serikat Dokumen ini merupakan undang-undang hak yang disusun oleh rakyat amerika. 4. Konstitusi Perancis (1791) Konstitusi ini mengandung hak asasi manusia sejumlah 15 hak asasi.
  13. 13. 5. Doktrin Roosevelt (1941) Doktrin ini dikemukakan oleh Franklin D. Rosevelt dan dikenal dengan “The four Freedom” yang terdiri atas : a. Freedom of speak and expression every where in the world. b. Freedom of every person of to worship in own way. c. Freedom from want with ecomonomic understanding which will give every nation a healthy peacetime life for its in habitat. d. Freedom from fear.
  14. 14. Macam Hak Asasi Manusia Hak asasi manusia terdiri atas hak hidup, hak memiliki sesuatu, dan hak kemerdekaan. Macam hak asasi manusia adalah sebagai berikut : a.Hak Asasi Pribadi Contoh : Hak kemerdekaan memeluk agama, beribadah, menyatakan pendapat & kebebasan berorganisasi.
  15. 15. b. Hak Asasi Ekonomi Contoh : Hak memiliki sesuatu, hak membeli dan menjual sesuatu. c. Hak Persamaan Hukum Contoh : Hak mendapatkan pengayoman dan perlakuan yang sama dalam keadilan hukum dan pemerintahan. d. Hak Asasi Politik Contoh : Hak memilih dan dipilih dalam pemilu, hak mendirikan partai.
  16. 16. e. Hak Asasi Sosial dan Kebudayaan Contoh : Hak mendapatkan pendidikan, hak memilih pendidikan, hak mengembangkan kebudayaan. f.Hak Asasi Tata Cara Perlindungan Hukum Peradilan & Contoh : Hak mendapatkan perlakuan yang wajar dan adil dalam penggeledahan.
  17. 17. B. Hak Asasi Manusia di Indonesia Istilah hak asasi manusia memang tidak tercantum dalam UUD 1945. namun, substansi hak asasi manusia tersebut dalam beberapa dokumen hak asasi manusia di Indonesia. Beberapa dokumen hak asasi manusia di Indonesia seperti Pancasila dan UUD 1945.
  18. 18. Pancasila Sebagai Dasar Negara Memuat Hak Asasi Dalam Sila-Silanya : 1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pengabdian ini dapat dilaksanakan jika ada penghormatan dan jaminan hak asasi manusia untuk beragam dan beribadah. 2. Sila Kemanusian Yang Adil dan Beradab mengandung makna adanya sikap yang menghendaki terlaksananya nilai kemanusiaan dalam arti pengakuan martabat manusia, hak asasi manusia, dan kemerdekaan manusia.
  19. 19. 3. Sila Persatuan Indonesia mengandung makna adanya sikap mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi, suku, golongan atau partai. 4. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan mengandung makna yang berisi pengakuan akan harkat dan martabat manusia. 5. Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia memberikan jaminan hak hidup layak, hak milik, hak atas jaminan sosial, dan hak atas pekerjaan dengan sistem pengupahan.
  20. 20. Jaminan Hak Asasi Manusia Terdapat Dalam UUD 1945, yaitu: 1. Pembukaan UUD 1945 Alinea 1 mengandung hak kemerdekaan dan kebebasan 2. Batang Tubuh UUD 1945 Pasal 27-34 mengandung hak dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
  21. 21. Beberapa Dokumen HAM di Indonesia : 1. Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998 2. Ketetapan MPR No. IV/MPR/1999 3. Undang-Undang RI No. 39 Tahun 1999 4. Undang-Undang RI No. 5 Tahun 1998 5. Undang-Undang RI No. 26 Tahun 2000 6. Keputusan Presiden RI No. 50 Tahun 1993 7. Keputusan Presiden RI No. 181 Tahun 1998 8. Keputusan Presiden RI No. 129 Tahun 1998
  22. 22. Hambatan dan Tantangan HAM di Indonesia Hambatan dan tantangan utama dalam penegakan hak asasi manusia di Indonesia adalah masalah ketertiban dan keamanan nasional, rendahnya kesadaran hak asasi manusia, dan minimnya perangkat hukum dan perundang-undangan. Namun secara umum hambatan dan tantangan tersebut dikelompokan menjadi 3 macam, yaitu secara ideologis, ekonomis, dan teknis.
  23. 23. a. Secara Ideologis Perbedaan ideologi sosialis dengan liberalis membuat perbedaan yang tajam dalam memandang hak asasi manusia. Pandangan ideologi liberal lebih mengutamakan penghormatan terhadap hak pribadi, sipil, dan politik. Pandangan sosialis mengutamakan peran negara dan masyarakat.
  24. 24. b. Secara Ekonomis Penegakan hak asasi manusia memiliki hubungan dengan kondisi ekonomi masyarakat. makin tinggi ekonomi masyarakat maka makin tinggi pula upaya penegakan hak asasi manusia.
  25. 25. C. Secara Teknis Penegakan hak asasi manusia secara teknis mengalami kendala karena belum diratifikasinya berbagai instrumen hak asasi manusia internasional.
  26. 26. Proses Penegakan HAM di Indonesia Penegakan hak asasi manusia merupakan kewajiban moral setiap manusia dan kewajiban dari perangkat hukum. Usaha penegakan hak asasi manusia di Indonesia dilaksanakan oleh beberapa unsur sebagai berikut :
  27. 27. A. Pemerintah Pemerintah wajib bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia yang diatur dalam peraturan hukum internasional. B. Komisi Nasional HAM Komnas HAM dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan HAM di Indonesia. C. Lembaga Peradilan Lembaga peradilan yang khusus menangani pelanggaran HAM adalah Pengadilan HAM dan Pengadilan Ad Hoc HAM.
  28. 28. D. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Komisi ini merupakan komisi yang menyelesaikan kasus HAM di luar pengadilan HAM. Langkah atau upaya penegakan HAM di Indonesia adalah sebagai berikut : a. Sosialisasi HAM kepada masyarakat. b. Pemberian pendidikan HAM kepada masyarakat c. Advokasi HAM. d. Pembentukan lembaga-lembaga penegakan HAM. e. Pemberdayaan hukum dari lembaga-lembaga hukum yang ada.
  29. 29. Partisipasi Penegakan HAM Penegakan hak asasi manusia tidak akan berhasil baik tanpa adanya partisipasi dari masyarakat. Artinya, meskipun bangsa Indonesia telah membentuk lembaga HAM dan peraturan-peraturan, jika tidak ada partisipasi maka penegakan HAM tidak akan terwujud. Dalam dokumen HAM juga dinyatakan bahwa kewajiban individu dan pemerintah untuk tidak melanggar hak sesorang. Negara memiliki tanggung jawab melindungi HAM dan setiap individu memiliki hak agar hak asasinya dijamin. Jika negara gagal melindungi HAM maka negara akan kehilangan kekuasaanya, dan pelanggaran HAM terjadi dimana-mana begitu beratnya penegakan HAM, maka negara dan rakyat memiliki kewajiban untuk menegakkan HAM. Jadi, partisipasi rakyat untuk menegakan HAM sangat penting.

×