Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Pembukaan Prodi Perpusinfo FIP UPI ditetapkan oleh Surat Keputusan Rektor
UPI No. 4881/H.40/PP/2008 tanggal 15 Agustus 200...
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional...
Program Studi Perpusinfo FIP UPI memiliki visi untuk menjadi program studi
pelopor dan unggul dalam bidang ilmu perpustaka...
Kompetensi Umum
PSPI FIP UPI mengembangkan kompetensi untuk mendidik tenaga ahli yang
kompeten untuk bekerja dalam bidang ...
Kompetensi Khusus
1.
2.
3.
4.

Dimensi Kompetensi Sosial;
Dimensi Kompetensi Kepribadian;
Dimensi Kompetensi Kependidikan ...
Program Sarjana (S-1) Kependidikan Non-Guru untuk Pengelola Perpustakaan
Sekolah dan Madrasah.
Program Sertifikasi Tenaga ...
Perkuliahan yang dikembangkan di Prodi Perpusinfo FIP UPI berorientasi pada
pembelajaran daripada pengajaran dan berfokus ...
Lulusan dari Prodi Perpusinfo FIP UPI dapat dan berpeluang untuk
memperoleh pekerjaan sebagai tenaga profesional di
perpus...
Dosen Tetap

Dr. Laksmi Dewi, M.Pd.

Dr. Dinn Wahyudin, MA. Dr. Yooke Tj Komarudin, M.Pd. Dr. Rudi Susilana, M.Si.

Riche ...
Dosen Tetap Pustakawan

Euis Rosinar, MLIS. Hada Hidayat M, M.I.Kom.Dini Suhardini, M.I.Kom. Damayanty, M.I.Kom.

Miyarso ...
Presentasi Profil Prodi Perpusinfo FIP UPI
Presentasi Profil Prodi Perpusinfo FIP UPI
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentasi Profil Prodi Perpusinfo FIP UPI

1,280 views

Published on

Presentasi profil Program Studi Perpustakaan dan Informasi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Presentasi Profil Prodi Perpusinfo FIP UPI

  1. 1. Pembukaan Prodi Perpusinfo FIP UPI ditetapkan oleh Surat Keputusan Rektor UPI No. 4881/H.40/PP/2008 tanggal 15 Agustus 2008; Pembukaan Prodi ini merupakan keputusan strategis dalam merespon tuntutan perundang-undangan dan kebutuhan masyarakat dalam menyiapkan tenaga pengelola perpustakaan, khususnya di sekolah dan madrasah; Kekuatan utama Prodi Perpusinfo FIP UPI terletak pada core competency dan learning curve UPI dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang kelak berimbas positif terhadap prospek karier lulusan program studi, serta menjadi sumber unggulan dalam menciptakan dan menawarkan values of service kepada para mahasiswanya; Adanya Prodi Perpusinfo FIP UPI didukung oleh SDM dalam bidang Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tersebar di lingkungan UPI. Hal ini dapat membentuk suatu ekspertis yang mendorong timbulnya inisiatif dan meretas inovasi di dunia kepustakawanan di Indonesia.
  2. 2. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; UU No. 43/2007 tentang Perpustakaan; Permendiknas No. 19/2007 tentang Perpustakaan Sekolah; Permendiknas No. 25/2008 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala dan Tenaga Perpustakaan Sekolah; Kepmen PAN No. 132/KEP/M.PAN/12/2002 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya; PP RI No. 6/2004 tentang Penetapan UPI sebagai BHMN; Renstra UPI Tahun 2006 – 2010, khususnya Kebijakan Pengembangan Program Studi Baru yang Berdaya Saing Kuat; Keputusan Senat Akademik UPI No. 171/Senat Akd./UPI-TU/2006 tentang Ketentuan Pokok Pengembangan Kurikulum UPI; SK Rektor UPI BHMN No. 4881/H.40/PP/2008 tentang Pembukaan Program Studi Perpustakaan dan Informasi.
  3. 3. Program Studi Perpusinfo FIP UPI memiliki visi untuk menjadi program studi pelopor dan unggul dalam bidang ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi sebagai lembaga penyelenggara dan pengembang library science and teaching library (TLib) yang bermutu di Indonesia dan bertumpu pada asas ilmiah, edukatif, dan religius.
  4. 4. Kompetensi Umum PSPI FIP UPI mengembangkan kompetensi untuk mendidik tenaga ahli yang kompeten untuk bekerja dalam bidang Ilmu Perpustakaan, Dokumentasi, Komunikasi dan Informasi (Pusdokinfo) dan Kepustakawanan sehingga mampu melaksanakan jabatan-jabatan fungsional perpustakaan, khususnya di lembaga pendidikan (sekolah, madrasah, paket A/B/C, dan lembaga kursus) sebagai tenaga profesional perpustakaan dan umumnya di lembaga yang menyediakan layanan perpustakaan dan sumber belajar sebagai information specialist, information broker, subject specialist, penyedia informasi, dan dokumentasi, informasi serta jabatan lainnya yang relevan, baik di lembaga pemerintah maupun swasta untuk tingkat lokal, nasional dan internasional.
  5. 5. Kompetensi Khusus 1. 2. 3. 4. Dimensi Kompetensi Sosial; Dimensi Kompetensi Kepribadian; Dimensi Kompetensi Kependidikan (Pedagogi); Dimensi Kompetensi Profesional Perpustakaan dan Informasi: a. Sub Dimensi Kompetensi Manajerial/Pengelolaan Perpustakaan dan Informasi; b. Sub Dimensi Kompetensi Pelayanan Perpustakaan dan Informasi; c. Sub Dimensi Kompetensi Pengolahan Bahan Perpustakaan dan Informasi; d. Sub Dimensi Kompetensi Pengembangan Profesi Pustakawan;
  6. 6. Program Sarjana (S-1) Kependidikan Non-Guru untuk Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Madrasah. Program Sertifikasi Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Madrasah. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studi di Prodi Perpusinfo FIP UPI yang sesuai ketentuan akademik dan administratif berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan atau disingkat S.Pd. untuk Program Sarjana (S-1) dan berhak melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Adapun untuk Program Sertifikasi, para lulusan akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Pengelolaan Perpustakaan dan berhak untuk menjadi tenaga pengelola perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah dan madrasah.
  7. 7. Perkuliahan yang dikembangkan di Prodi Perpusinfo FIP UPI berorientasi pada pembelajaran daripada pengajaran dan berfokus pada mahasiswa, mengembangkan model pembelajaran yang terbuka, erat, dan akrab dengan masyarakat (konstektual dan first-hand experience), pembelajaran yang berdimensi integral-holistik bagi pengembangan pribadi dan perilaku serta kemampuan berinteraksi sosial. Fasilitas dan kegiatan penunjang perkuliahan terdiri atas gedung dan ruang perkuliahan berlantai tiga, perpustakaan sebagai laboratorium dan teaching library, peralatan multimedia, ICT, auditorium, layanan akses internet dan layanan administrasi akademik online serta fasilitas olah raga dan pengembangan kreativitas mahasiswa, antara lain: jurnal perustakaan dan informasi.
  8. 8. Lulusan dari Prodi Perpusinfo FIP UPI dapat dan berpeluang untuk memperoleh pekerjaan sebagai tenaga profesional di perpustakaan, khususnya di perpustakaan sekolah dan madrasah, di lembaga pendidikan dan pelatihan yang memiliki perpustakaan/ sumber belajar, lembaga atau instansi lain, baik negeri/ pemerintah maupun swasta yang memiliki dan mengelola perpustakaan/ sumber belajar.
  9. 9. Dosen Tetap Dr. Laksmi Dewi, M.Pd. Dr. Dinn Wahyudin, MA. Dr. Yooke Tj Komarudin, M.Pd. Dr. Rudi Susilana, M.Si. Riche Cynthia, M.Si. Dr. Doddy Rusmono, MLIS. Hana Silvana, M.Si.
  10. 10. Dosen Tetap Pustakawan Euis Rosinar, MLIS. Hada Hidayat M, M.I.Kom.Dini Suhardini, M.I.Kom. Damayanty, M.I.Kom. Miyarso Dwi Ajie, M.I.Kom. Dian Arya Susanti, S.Sos. Herli Bahtiar, S.Sos. Santi Santika, S.Sos. Ir. Nanan Hasanah, M.Sc.

×