tugas TIK

670 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
670
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
209
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

tugas TIK

  1. 1. Nama kelompok1. Adelia lestari2. Kedot andayani3. Rika eliyana Nama kelompok: 1. Adelia Lestari 2.Kedot andayani 3.Rika eliyana
  2. 2. Sebelum membangun suatu jaringankomputer, perlu diperhatikanperangkat-perangkat keras yangdibutuhkan. Perangkat kerasmerupakan alat yang mendukungberfungsinya suatu jaringan. Perangkatkeras ini antara lain terdiri atasNIC(Network InterfaceCard), Hub, Kabel, Bridges, danRouter. Perangkat keras ini jugasebagai saluran komunikasi dalammembangun jaringan. Berikut ini akan diuraikan perangkatkeras tersebut beserta fungsi-fungsinya.
  3. 3. NIC (Network Interface Card)Disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan perangkatpenghubung yang dipasang pada tiap komputer. Kartu jaringanyang paling banyak digunakan adalah kartuEthernet, Konektor localtalk, dan kartu jaringan Token Ring.
  4. 4. HUBBerfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiapkomputer workstation atau client, server dan perangkatlainnya seperti kabel modem. HUB terdiri dari beberapa portatau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. HUBdibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switchhub). HUB yang beredar mulai dari HUB port 8, 12, 24 dan 32dengan konektor RJ-45. biasanya HUB digunakan untuktopologi star.
  5. 5. KabelBerfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengankomputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuanatau spesifikasi yang berbeda. Ada dua jenis atau tipekabel, yaitu: twisted pair yang terdiri dari UTP (UnshieldedTwisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) dan kabelkoaksial yang terdiri dari Tick Koaksial dan Thin Koaksial.Penggunaan kabel dalam jaringan menggunakan konektorBNC T-Connector.
  6. 6. ConnectorKonektor digunakan untuk membuat jaringan adalahkonektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNCdengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 PIN.Teknik pemasangan kabel tersebut ada 2 cara, yaitu:A. Straight CableDigunakan untuk menghubungkan workstation komputerdengan HUB. Pemasangan kabel pada konektor RJ-45 denganmenghubungkan ujung masing-masing konektor dengan warnayang samaB. Crossover CableUntuk menghubungkan antar Client atau komputer antarkomputer satu dengan komputer lainya tanpa menggunakanHUB atau menghubungkan antar HUB. Pemasangan kabel inipada RJ-45 menggunakan pin 1, 2, 3 dan 6 yang dipasangsecara silang
  7. 7. Straight CableCrossover Cable
  8. 8. RepeaterPerangkat ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel,misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi staryang menggunakan kabel UTP. Panjang kabel tersebutadalah +100 meter. Untuk dapat menguatkan dari kabeltersebut dapat digunakan perangkat tambahan repeater.
  9. 9. BridgesBerfungsi untuk membagi sebuah jaringan hinggamenjadi dua buah jaringan. Bridge mengaturinformasi di antara kedua sisi network agar dapatberjalan dengan baik dan tereatur. KemampuanBridge lainnya adalah untuk mengkoneksi networkdengan tipe kabel atau topologi yang berbeda.
  10. 10. RouterRouter adalah perangkat jaringan yang digunakanuntuk membagi protocol kepada anggota jaringan yanglainnya. Dalam OSI Layer, Router berjalan/bekerja diLayer 3 (Network Layer) dengan adanya router makasebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkatjaringan lain.

×