Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas

486 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas

  1. 1. ISTIAH – ISTILAH DALAM JARINGAN KOMPUTERBerikut adalah beberapa istilah yang biasa digunakan dalam jaringan komputer:IP Address (Internet Protocol Address)IP address adalah alamat numerik (numeric address) unik dari sebuah komputer di Internet.Angka unik tersebut berupa deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakaisebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angkaini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yangmenunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.Subnet MaskSubnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32Bit yang digunakan untuk membedakan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringanlokal atau berada di jaringan luar.GatewayGateway adalah sebuah perangkat yang dapat berupa hardware atau software yang digunakanuntuk menjembatani dua aplikasi atau dua jaringan komputer yang menggunakan protokolkomunikasi yang berbeda atau tidak kompatible atau tidak cocok, sehingga data atau informasidari satu jaringan komputer dapat ditransfer ke satu jaringan komputer yang protokolnyaberbeda.DNS (Domain Name System)DNS atau dalam bahasa indonesianya, sistem penamaan domain, adalah sebuah sistem yangmenyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk Basis data tersebar(Distributed Database) di dalam jaringan komputer. Jadi, DNS disebut juga Sistem yangmenerjemahkan domain internet.DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet. Ketika perangkat keras danjaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan danpenyaluran (Routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dannama Domain. Misalnya, ketika pengguna mengetikan www.indosat.net .id di peramban webmaka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144.Jadi, DNS adalah istilah dalam jaringan komputer yang berhubungan dengan konvensi untukpenamaan host pada internet dan cara penanganan nama-nama tersebut
  2. 2. Computer Name (nama komputer)Computer Name adalah nama dari komputer dalam jaringan. Dalam lingkungan LAN, namakomputer haruslah unik (tidak ada yang sama). Jika terjadi kesamaan, maka akan ada peringatanbahwa nama komputer sudah dipakai dan akan mempengaruhi kinerja dari komputer yangmempunyai nama sama tetapi dengan dasar IP address masih bisa diakses. Misal, dalam satujaringan ada nama PC1, PC2, PC3, dst.WorkgroupWorkgroup adalah kesatuan dari komputer yang berada di suatu jaringan tetapi menjadikandalam jaringan tersebut tidak ada server yang mengatur (semua komputer kedudukannya sama /Stand-alone computer/ komputer yang berdiri sendiri). Workgroup cocok digunakan dalamjaringan yang kecil.Network (Jaringan)Network adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapatberbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengaksesinformasi (peramban web).NIC (Network Interface Card)Network Interface Card adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapatdihubungkan dengan jaringan. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet – metodeyang sangat cepat dalam mentranfer data antara komputer. NIC memungkinkan sebuah komputeruntuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang ada di jaringan yang sama –dapat berupa Internet atau pun Local Area Network (LAN).BandwidthBandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalambanyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat,bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaanantara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakanukuran bit per second (bps).BridgeBridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan ataumembuat sebuah segmen jaringan. Network Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link padamodel OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yangberbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel seratoptik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring danEthernet.
  3. 3. EthernetEthernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasamadengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star danmedukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versiterbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau1000 Mbps.Fast EthernetFast Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebihtinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX,100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX.GPS (Global Positioning System)GPS adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earthorbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit padaketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam.Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelitdan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom denganketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapalama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lamawaktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiunpenerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak padaposisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakantiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bolaimaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPSdikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenaldengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluanyang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dandalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi danpenentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan,eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.GPS Trackeratau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater)yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalamkeadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untukmenentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
  4. 4. MASALAH YANG SERIGNG TIMBUL DI DALAM JARINGAN Mati atau tidak berfungsinya komponen pada jaringan Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) dan rusak. Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala. 1. kerusakan pada Kabel dan konektor Jaringan Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu:Ø Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST. Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringanØ Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45. Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. Jaringan menggunakan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit, karena jaringan terpasang menggunakan topologi star, workstation terpasang secara paralel dengan menggunakan swicth/hub. Sehingga yang terjadi gangguan hanya pada workstation yang kabelnya mengalami gangguan sajaØ Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC. Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor ini menyebabkan system jaringan akan down dan komunikasi antar komputer berhenti Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya kita lihat dahulu apakah kabel yang kita gunakan itu benar-benar tidak bias digunakan lagi atau masih bisa, jika tidak kita perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang baru.atau jika yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih dapat digunakan kita hanya perlu memgganti konektornya saja.
  5. 5. 2. Gangguan atau Kerusakan pada Hub/switch Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (NetworkCard). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untukberkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila terjadikerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masingmasing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besarHub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwakomputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputerworkstation tersebut.3. Tidak bisa sharing data Hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada computer masih di disable jadi kita harusmengaktifkan dengan Jadi klik pada Lalu pilih lalu ceklist lalu applySelain itu mungkin sedang terjadi hang pada computer dan yang harus ditempuh adalah merestarkomputer.Hal ini juga sering terjadi karena IP yang kita gunakan salah atau sama dengan IP komputerlainnya. Ganti dengan IP yang beda.4. Komputer tidak terdeteksi oleh komputer lain Hal ini sering terjadi dikarenakan alamat digunakan dan IP yang kosong. Lalu ganti IPaddress sehingga bisa terdeteksi oleh komputer lain. Selain itu kita jug abis mengecek apakahkomputet kita bisa terkoneksi dengan komputer orang lain lalu ketik pingà Run àcaranya adalahKlik start <> -t. misalnya ping 192.168.0.89. Nanti akan muncul balasan Jika Reply From . . . . .. berarti komputer kita sudah terkoneksi dengan baik jika muncul Request Time Out makakomputer kita tidak bisa terkoneksi dengan komputer lain.5. Tidak muncul Local Area Connection Hal ini kemungkinan besar kita lupa untuk mengisntal driver Network Adapter, jadi yangharus dilakukan adalah menginstal Driver Network Adapter. Biasanya kalu kita sudahmenginstal driver akan mucul Local Area Connetion.6. Icon Lan Area Connection tidak berkedip biruHal ini sering terjadi karena kita dalam memasang konektor kurang tepat, coba lihat lampuindicator pada konektor apakah sudah menyala atau belum. Jika belum coba cabut dan tancapkankembali, setelah itu kalau masih belum coba periksa konektor pada HUB apakah sudahdikonekan dengan HUB atau belum. Jika belum konekkan hingga lampu indicator pada HUBmenyala dan pada komputer muncul menu pesan Connetion 100 Mbps. IP yang kita gunakansama dengan komputer lain. Gunakan program IP Scan untuk melihat IP yang sedang aktif danIP yang masih kosong.
  6. 6. 7. Lambatnya Jaringan Dalam suatu infrastructure jaringan yang sangat besar, suatu jaringan yang efficientadalah suatu keharusan. Jika design infrastructure jaringan kita tidak efficient, maka applikasiatau akses ke resource jaringanpun menjadi sangat tidak efficient dan terasa sangatlambat.Performa jaringan yang sangat lambat ini biasanya disebabkan oleh congestion jaringan(banjir paket pada jaringan), dimana traffic data melebihi dari kapasitas bandwidth yang adasekarang. Kalau boleh diibaratkan seperti jalanan ibukota pada jam sibuk, kapasitas jalan tidakmencukupi dengan berjubelnya jumlah kendaraan yang memadati jalanan, akibatnya adalahkemacetan yang luar biasa.8. Kerusakan jaringan karna Serangan Trojan Virus Jika environment jaringan anda terinfeksi dengan Trojan virus yang menyebabkan systemanda dibanjiri oleh program-2 berbahaya (malicious programs), maka jaringan akan mengalamisuatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan anda, dan terkadang bisamenghentikan layanan jaringan.9. Sering Lambat jaringan waktu proses authentication Jika dalam corporate anda mempunyai banyak site yang di link bersama dan setiap site /cabang dan kantor pusat di konfigurasikan sebagai active directory site terpisah dan domaincontroller di integrasikan dengan DNS server, disaat peak hours jam sibuk user pada kantorcabang sering mengalami proses logon yang lambat sekali bahkan time-out. Hal ini akibat darimasalah bottleneck saat komunikasi interlink lewat koneksi WAN link yang menjurus lambatnyasystem.
  7. 7. Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan areanya dapat dibedakan menjadi beberapajenis yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.1. PAN (Personal Area Network)Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA,keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwadalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut.Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga seringdibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI.2. LAN (Local Area Network)Inilah jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringankomputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor,dalam rumah dan sekolah.
  8. 8. 3. MAN (Metropolitan Area Network)Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer databerkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran,pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauandari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.4. WAN (Wide Area Network)WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besarsebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapatdidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasipublik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.
  9. 9. Kenapa dikatakan mempelajari jaringan komputer sangat rumit ?Jawab:Karena jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer/banyak komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dandapat mengakses informasi. sehingga di dalam mempelajari jaringan ini sangat banyak kendalayang kita temui seperti Masalah jaringan karena kegagalan system, Masalah jaringan karenapenyebaran virus dan masih banyak yang lain nya.

×