Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
LAPORAN MAGANG
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA(KPPN)
TERNATE
O l e h :
Indah Indr...
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MAGANG
Pada abad perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi, maka kita
memerluka...
2
Magang adalah penerapan pelajaran yang sudah ada dilingkungan fakultas,
kemudian dipraktekkan dilapangan dalam hal ini d...
3
B. RUANG LINGKUP MAGANG
Magang adalah suatu sarana latihan operasi dimana seseorang ditempatkan pada
lingkungan sesunggu...
4
D. MANFAAT MAGANG
Magang kerja mempunyai manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa, perguruan
tinggi, perusahaan dan masy...
5
BAB II
DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN
A. GAMBARAN UMUM KANTOR/INSTANSI
Tempat Dan Waktu Pelaksanaan
 Tempat
Praktek Kerj...
6
a. Sejarah Umum Kantor/Instansi
Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance),
pimpinan D...
7
Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Kep-93/PB/2008
tanggal 28 April 2008 tentang Penetapan Ka...
8
2. Uraian Tugas.
 Sub Bagian Umum
Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan
kepegawaian, keuangan, tat...
9
 Seksi Pencairan Dana Mempunyai Tugas:
Melakukan pengelolaan basis data pelaksanaan anggaran,
Pengujian terhadap dokume...
10
 Seksi Bank/Giro Pos mempunyai tugas:
Melakukan pencairan dana dan penatausahaannya,
Penelitian dan penatausahaan pene...
11
o Tugas di bidang kepatuhan internal:
Pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap
kode etik ...
12
Lantai dua untuk ruang Aula, ruang Arsip, dan ruang Mini Treassury Learning Center
(TLC). Mini TLC ini dilaksanakan den...
13
Visi:
Misi:
Moto:
Menjadi pengelola perbendaharaan negara didaerah yang handal menuju
kualitas unggul ditingkat dunia.
...
14
B. PELAKSANAAN KEGIATAN PKL/MAGANG
a. Jenis dan bentuk Kegiatan Magang
Berikut ini adalah daftar kegiatan selama mengik...
15
Pencairan Dana (SP2D)
Lembar Tiga 2014
dan Akuntansi
9
Melampir Surat Perintah
Pencarian Dana (SP2D) 2014
Seksi Pencair...
16
23
Pengarsipan Surat Masuk dan
Surat Keluar
Seksi Sub Bagian
Umum
Kamis, 21 Agustus
2014
24
Pengarsipan Surat Masuk dan...
17
b. Masalah dan Pemecahan Masalah
 Masalah
Dalam pelaksanaan kegiatan Magang selama 1 bulan pada Kantor Pelayanan
Perbe...
18
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
1. Kesimpulan
Dengan mengikuti kegiatan PKL/Magang ini di KPPN Ternate selama 1 bulan
ini,...
19
Sebelum dan sesudahnya saya mohon maaf, atas kekhilafaan,dan kesalahan yang
saya perbuat, terutama bila ada kata yang k...
20
Lampiran 1.
LEMBARAN PENILAIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNKHAIR
Nama : Indah I...
21
Lampiran 2.
LEMBARAN PENILAIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNKHAIR
Nama : Indah I...
22
Lampiran 3.
DAFTAR HADIR PROGRAM MAGANG MAHASISWA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNKHAIR
Nama : Indah Indraya...
23
No Hari/Tangal
Pagi Siang
KetMasuk Keluar Masuk Keluar
Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf
15
Senin
11/8-2014 07.18...
24
Lampiran 4.
AGENDA HARIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNKHAIR
Nama : Indah Indray...
25
6 Selasa, 22
Juli 2014
1. Melampir Surat Perintah
Pencarian Dana (SP2D)
2014
2. Pengarsipan Lembar
Tiga Surat Perintah
...
26
15 Senin, 11
Agustus 2014
1. Melampir Surat Perintah
Pencarian Dana (SP2D)
2014
2. Merekam surat masuk
dan surat keluar...
27
Pencarian Dana (SP2D) 14.00-17.00
24 Jumat, 22
Agustus 2014
1. Melampir Surat Perintah
Pencarian Dana (SP2D)
2014.
2. M...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

LAPORAN MAGANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) TERNATE

Indah Indrayani Musapao

  • Be the first to comment

LAPORAN MAGANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) TERNATE

  1. 1. LAPORAN MAGANG PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA(KPPN) TERNATE O l e h : Indah Indrayani Musapao Npm: 022711012
  2. 2. 1 BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MAGANG Pada abad perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi, maka kita memerlukan peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia yang handal dan siap pakai. Dengan demikian banyak lembaga pendidikan atau universitas menerapkan suatu sistem yang dapat menciptakan tenaga kerja yang siap pakai dalam mengaplikasikan ilmunya di lapangan pekerjaan yang ahirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran di negara kita. Melihat situasi dan kondisi yang sekarang ini, kita dituntut untuk bisa menguasai ilmu yang kita terima didunia pendidikan dan dapat mengaplikasikannya didunia bisnis atau kerja. Dalam mengaplikasikan pengetahuannya mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan praktek kerja langsung ke perusahaan yang biasa disebut magang. Program magang merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi bagian integral dari kurikulum, bertujuan untuk menjembatani antara dunia kampus dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Melalui magang ini diharapkan mahasiswa dapat mengakomodasikan antara konsep-konsep atau teori yang diperoleh dari bangku kuliah dengan kenyataan operasional dilapangan kerja yang sesungguhnya sehingga pengetahuan belajar akan menjadi lebih tinggi. Semua itu akan bermuara kepada peningkatan proses belajar dan sekaligus memberi bekal kepada mahasiswa untuk terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya.
  3. 3. 2 Magang adalah penerapan pelajaran yang sudah ada dilingkungan fakultas, kemudian dipraktekkan dilapangan dalam hal ini dunia kerja nyata. Kegiatan magang berisikan unsur-unsur pendidikan dan penelitian. Pendidikan dilakukan dengan cara memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja kantor yang diperkenalkan secara langsung oleh orang yang sudah berpengalaman di dalam kantor tersebut. Magang adalah suatu mata kuliah dengan beban 3 SKS (sistem kredit semester), dan wajib dilaksanakan mahasiswa/i Strata I (SI) yang telah memenuhi syarat tertentu serta juga telah menyelesaikan jumlah SKS yang telah ditentukan. Selain hal tersebut, magang juga wajib dikarenakan muatan magang itu sendiri dalam kurikulum pendidikan merupakan tuntutan di era globalisasi dan kompetensi lulusan perguruan tinggi. Dunia usaha membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, jujur dan memuaskan, cerdik dan pintar serta mempunyai latar belakang pendidikan yang baik, maka dalam hal ini Universitas Khairun Ternate menjadikan program magang ini menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan bidang studinya. Program yang telah direncanakan pihak universitas untuk dapat menghasilkan dan menciptakan hubungan timbal balik antar dunia usaha sebagai pencipta kesempatan kerja dengan dunia pendidikan sebagai penyedia tenaga kerja terdidik. Selain itu juga dalam magang diupayakan agar mahasiswa/i benar-benar mengerti tentang tanggung jawab yang harus dilaksanakan dalam dunia kerja.
  4. 4. 3 B. RUANG LINGKUP MAGANG Magang adalah suatu sarana latihan operasi dimana seseorang ditempatkan pada lingkungan sesungguhnya untuk mengembangkan keterampilan, sikap dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas serta menerapkan ilmu yang diperoleh dari lembaga pendidikan dan merealisasikan dalam pekerjaan. Magang merupakan langkah awal sebagai alat perkenalan mahasiswa pada dunia kerja. Karena dengan adanya magang para mahasiswa tidak akan merasa canggung lagi jika bekerja nantinya, juga akan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan, tanggung jawab, dan profesionalisme dalam pekerjaan. Ruang lingkup magang adalah suatu bentuk batasan bidang bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan penulisan laporan magang . C. TUJUAN DAN MANFAAT MAGANG Dengan magang kerja ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapat dibangku kuliah ke dunia kerja dan mendapatkan ilmu serta pengalaman baru dalam dunia kerja. Tujuan dari pelaksanaan magang adalah sebagai berikut: 1. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dan menerapkannya dalam dunia kerja. 2. Melatih mahasiswa menjadi manusia yang disiplin, bertanggung jawab dan berpikir maju. 3. Untuk mengembangkan cara berfikir mahasiswa/i agar bisa lebih cepat dalam mengembangkan kemampuan diri.
  5. 5. 4 D. MANFAAT MAGANG Magang kerja mempunyai manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa, perguruan tinggi, perusahaan dan masyarakat, adapun manfaat magang kerja tersebut antara lain: Manfaat bagi mahasiswa 1. Mahasiswa dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan. 2. Menambah wawasan setiap mahasiswa mengenai dunia kerja 3. Menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian dibidang praktek. Manfaat Bagi Perguruan Tinggi 1. Terjalinya kerjasama “bilateral” antara universitas dengan instansi. 2. Universitas akan dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja magang. Manfaat Bagi Instansi 1. Membina hubungan baik dengan lembaga pendidikan atau perguruan tinggi. 2. Dapat membantu meringankan tugas-tugas karyawan. 3. Dapat bertukar ilmu dengan mahasiswa yang melakukan magang.
  6. 6. 5 BAB II DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN A. GAMBARAN UMUM KANTOR/INSTANSI Tempat Dan Waktu Pelaksanaan  Tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan yaitu pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate, yang beralamat di Jl.Yos Sudarso No.6 Telp.0921-3121655,312149Fax: 0921-3121643. Email.kppn062@perbendaharaan.go.id Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini berlangsung selama satu bulan, dimulai dari tanggal 15 juli 2014 sampai dengan tanggal 29 Agustus 2014.
  7. 7. 6 a. Sejarah Umum Kantor/Instansi Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), pimpinan Direktorat Jenderal Perbendaharaan bertekad untuk membentuk suatu kantor pelayanan yang dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, akurat, tanpa biaya serta penyelesaiannya dilakukan secara transparan. Pembentukan Kantor Pelayanan sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Departemen Keuangan yang pada prinsipnya ditujukan untuk mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik dan peningkatan kinerja pengelolaan keuangan negara. Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Direktorat Jenderal Perbendaharaan membentuk Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan di setiap ibukota propinsi yang merupakan suatu model kantor pelayanan dengan layanan prima. Keberadaaan KPPN Percontohan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara bisa memberikan kontribusi besar dalam menunjang kelancaran pembangunan nasional dengan memberikan layanan kepada para stakeholders berupa pencairan dana APBN, penatausahaan penerimaan Negara, serta penyusunan laporan keuangan yang akurat cepat dan transparan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ternate merupakan instansi vertikal. Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertangggung jawab kepada Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Maluku Utara.
  8. 8. 7 Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Kep-93/PB/2008 tanggal 28 April 2008 tentang Penetapan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tahap III di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, maka pada tanggal 3 Juni 2008 KPPN Ternate diresmi menjadi KPPN Percontohan dengan tujuan memberikan pelayanan prima bagi para pemangku kepentingan dengan prinsip dasar: Pelayanan satu tempat (one stop service); Bisnis proses yang sederhana; Pemanfaatan teknologi informasi; Memberikan informasi secara (real time); Transparan dan akuntabel. b. Struktur Organisasi KPPN Ternate dan Uraian Tugas 1. Struktur KPPN Ternate
  9. 9. 8 2. Uraian Tugas.  Sub Bagian Umum Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha, dan rumah tangga serta penyelesaian temuan hasil pemeriksaan. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Umum mempunyai rincian tugas sebagai berikut:  Melaksanakan urusan kepegawaian;  Melaksanakan urusan keuangan;  Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga;  Melaksanakan penyusunan rencana kerja dan laporan kegiatan;  Melaksanakan penyelesaian temuan hasil pemeriksaaan;  Melaksanakan urusan kehumasan; untuk melaksanakan fungsi tersebut, bagian umum terdiri dari:  Subbagian kepegawaian  Subbagian keuangan  subbagian tata usaha dan rumah tangga.
  10. 10. 9  Seksi Pencairan Dana Mempunyai Tugas: Melakukan pengelolaan basis data pelaksanaan anggaran, Pengujian terhadap dokumen Surat Perintah Membayar (SPM) Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) atas nama Menteri Keuangan (Bendahara Umum Negara), Pengelolaan basis data pembayaran gaji, Pengesahan surat keterangan penghentian pembayaran, dan Penyusunan laporan realisasi pencairan anggaran. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 169/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012, Seksi Pencairan Dana mempunyai tugas :  Melakukan pengujian resume tagihan dan SPM,  Penerbitan SP2D,  Penerbitan surat pengesahan pendapatan dan belanja Badan Layanan Umum (BLU)  Penerbitan surat pengesahan atas ralat SPM dari satuan kerja dan nota dinas kesalahan dan perbaikan SP2D hasil verifikasi pada KPPN,  Pengelolaan data kontrak, data supplier, belanja pegawai satker, dan monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satker,  Seksi Verifikasi Dan Akuntansi Mempunyai Tugas: Melakukan verifikasi transaksi keuangan dan akuntansi, Penelitian, penilaian, rekonsiliasi dan penyusunan LKPP, serta Melakukan verifikasi atas laporan pertanggungjawaban bendahara instansi.
  11. 11. 10  Seksi Bank/Giro Pos mempunyai tugas: Melakukan pencairan dana dan penatausahaannya, Penelitian dan penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara, Pelaksanaan pengelolaan kas, Pengiriman dan penerimaan kiriman uang, Pembukuan bendahara umum dan penyusunan Laporan Kas Posisi.  Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal mempunyai tugas-tugas sebagai berikut: o Tugas di bidang manajemen satker: Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan perbendaharaan. Fungsi customer service. Supervisi teknis SPAN dan helpdesk SAKTI. pemantauan standar kualitas layanan KPPN dan penyediaan layanan perbendaharaan.
  12. 12. 11 o Tugas di bidang kepatuhan internal: Pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan. Perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis. c. Bidang-Bidang Kerja KPPN Tenate Gedung KPPN Ternate terdiri dari 2 lantai yang setiap lantai terdiri dari : Lantai satu untuk ruang Kepala Kantor, ruang kepala Seksi Sub Bagian Umum, ruang kepala Seksi Pencairan Dana, ruang Seksi Bank, ruang Seksi Verifikasi dan Akuntansi, ruang Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, ruang Front Office (FO), Costumer Service Officer (CSO), ruang pegawai, gudang ATK, dan Dapur.
  13. 13. 12 Lantai dua untuk ruang Aula, ruang Arsip, dan ruang Mini Treassury Learning Center (TLC). Mini TLC ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan asistensi dan bimbingan kepada satker, baik mengenai prosedur pelayanan KPPN maupun mengenai aplikasi. Hal ini merupakan salah satu wujud pembinaan oleh KPPN kepada Satker di wilayah pembayaran. KPPN Ternate juga memiliki Poliklinik, Mushola, ruangan Layanan Pengadaan Secara Eloktronik (LPSE), kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua masing-masing sebanyak dua unit.
  14. 14. 13 Visi: Misi: Moto: Menjadi pengelola perbendaharaan negara didaerah yang handal menuju kualitas unggul ditingkat dunia.  Mengelola kas yang efisien dan optimal;  Meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran yang efektif, tepat waktu dan akuntabel;  Mewujutkan laporan keuangan negara yang akuntabel, transparan dan tepat waktu;  Menerapkan sistem perbendaharaan yang andal profesional dan modern. Pelayanan terbaik untuk anda.
  15. 15. 14 B. PELAKSANAAN KEGIATAN PKL/MAGANG a. Jenis dan bentuk Kegiatan Magang Berikut ini adalah daftar kegiatan selama mengikuti PKL/Magang pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) Ternate. No Uraian Kegiatan Bagian/Sub Bagian Hari / Tanggal 1 Pengarsipan lembar tiga Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) 2014 Seksi Verifikasi dan Akuntansi Selasa, 15 juli 2014 2 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Rabu, 16 juli 2014 3 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Kamis, 17 juli 2014 4 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Jumat, 18 juli 2014 5 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Senin, 21 juli 2014 6 Pengarsipan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014 Seksi Verifikasi dan Akuntansi Selasa, 22 juli 2014 7 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Rabu, 23 juli 2014 8 Pengarsipan Surat Perintah Seksi Verifikasi Kamis, 24 juli 2014
  16. 16. 15 Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014 dan Akuntansi 9 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Jumat, 25 juli 2014 10 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Senin, 04 Agustus 2014 11 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Selasa, 05 Agustus 2014 12 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Rabu, 06 Agustus 2014 13 Milamppir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Pencairan Dana Kamis, 07 Agustus 2014 14 Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 Seksi Ekstensifikasi Jumat, 08 Agustus 2014 15 Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Sub Bagian Umum Senin, 11 Agustus 2014 16 Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Sub Bagian Umum Selasa, 12 Agustus 2014 17 Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Sub Bagian Umum Rabu, 13 Agustus 2014 18 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Kamis, 14 Agustus 2014 19 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Jumat, 15 Agustus 2014 20 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Senin, 18 Agustus 2014 21 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Selasa, 19 Agustus 2014 22 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Rabu, 20 Agustus 2014
  17. 17. 16 23 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Kamis, 21 Agustus 2014 24 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Jumat, 22 Agustus 2014 25 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Senin, 25 Agustus 2014 26 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Selasa, 26 Agustus 2014 27 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Rabu, 27 Agustus 2014 28 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Kamis, 28 Agustus 2014 29 Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Seksi Sub Bagian Umum Jumat, 29 Agustus 2014 Ternate, 29 Agustus 2014 Mengetahui Pembimbing Kepala Seksi Sub Bagian Umum Ipansyah Irfan Zamzam, SE, M.Sc. Ak NIP : 1964882019855031002 NIP:19751102202121004
  18. 18. 17 b. Masalah dan Pemecahan Masalah  Masalah Dalam pelaksanaan kegiatan Magang selama 1 bulan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate, secara keseluruhan dapat saya interpretasikan bahwa masalah yang saya temukan yaitu:  Sering terjadi keterlambatan pengiriman surat keluar  Minimnya persediaan tempat duduk di ruang tunggu Satker sehingga sebagian Satker harus berdiri saat antrian. Pemecahannya  Kurangnya tempat duduk ini diakibatkan kondisi ruang yang kecil dan tidak memungkinkan penambahan tempat duduk. Sehingga, petugas Front Office (FO) harus lebih sigap dan cepat dalam melayani para Satker agar tidak terlalu lama antrian.  Agar tidak lagi terjadi keterlambatan pengiriman surat, maka petugas pengantar surat harus lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
  19. 19. 18 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 1. Kesimpulan Dengan mengikuti kegiatan PKL/Magang ini di KPPN Ternate selama 1 bulan ini, maka dapat memberikan pelatihan (training) kepada mahasiswa agar mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja, serta membuka wawasan dan mendorong kreatifitas mahasiswa untuk berinovasi didunia kerja terkait dengan bidang dan kemampuannya. Dan dengan adanya PKL/Magang, ini sangat mendorong para mahasiswa magang untuk memperaktekkan ilmu yang dimiliki dari pendidikan kedalam dunia kerja nyata dan menambah wawasan mahasiswa dalam berinteraksi ke dalam dunia kerja. 2. Saran a.Lebih meningkatkan sosialisasi atau kerjasama antara pimpinan, pegawai, dan mahasiswa magang serta tamu kantor/para Satker, sehingga dengan demikian mampu menumbuhkan hubungan kekeluwargaan yang harmonis dan baik. b. Kedislipinan dan tata tertib mesti lebih ditingkatkan agar dapat mencapai hasil dan tujuan yang sesuai dengan apa yang diharapkan. c. Meningkatkan semangat/etos kerja, guna pencapaian kinerja lebih baik. Demikianlah saran-saran yang dapat disampaikan, setelah melaksanakan Magang di KPPN Ternate. Semoga dapat bermanfaat bagi kemajuan kantor dan pihak Universitas.
  20. 20. 19 Sebelum dan sesudahnya saya mohon maaf, atas kekhilafaan,dan kesalahan yang saya perbuat, terutama bila ada kata yang kurang berkenan di hati dalam penulisan laporan ini.
  21. 21. 20 Lampiran 1. LEMBARAN PENILAIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNKHAIR Nama : Indah Indrayani Musapao NPM : 022 711 012 Tempat Magang : KPPN Ternate Aspek yang Dinilai Nilai (10-100) Rata-Rata Keterangan 1. Komponen Profesional a. Penguasaan Tugas b. Penguasaan tugas c. Loyalitas d. 2. Kompetensi personal a. Kedewasaan/kematangan berfikir dan bertindak b. Tanggung jawab c. Kejujuran d. Kemandirian sikap e. Disiplin f. Antusian kerja g. Atensi terhadap pekerjaan 3. Kompetensi Sosial a. Intensitas komonikasi b. Kerjasama ................. . ................. . ................. Nkpr Nkp Nks *Lembar Penilaian Oleh Instansi/Kantor Ternate, 29 Agustus 2014 Ipansyah Nip: 1964882019855031002
  22. 22. 21 Lampiran 2. LEMBARAN PENILAIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNKHAIR Nama : Indah Indrayani Musapao NPM : 022 711 012 Tempat Magang : KPPN Ternate No Aspek Yang Dinilai Nilai Keterangan 1 2 3 Sistematika / Teknik Penulisan (St) Uraian / Deskripsi (DS) Pembahasan / Analisis dan kesimpulan (PK) *Lembar penilaian pembimbing Ternate, 29 Agustus 2014 Irfan Zamzam. SE,Msc,Ak Nip: 19751102202121004
  23. 23. 22 Lampiran 3. DAFTAR HADIR PROGRAM MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNKHAIR Nama : Indah Indrayani Musapao NPM : 022 711 012 Tempat Magang : KPPN Ternate NO Hari Tanggal Pagi Siang KetMasuk Keluar Masuk Keluar Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf 1 Selasa 15/7-2014 08.00  12.00  14.00  16.00  2 Rabu 16/7-2014 07.25  12.00  14.00  16.10  3 Kamis 17/7-2014 07.27  12.00  14.00  16.00  4 Jumat 18/7-2014 07.18  12.00  14.00  16.00  5 Senin 21/7-2014 07.15  12.00  14.00  16.15  6 Selasa 22/7-2014 07.20  12.00  14.00  16.20  7 Rabu 23/7-2014 07.22  12.00  14.00  16.18  8 Kamis 24/7-2014 07.21  12.00  14.00  16.15  9 Jumat 25/7-2014 07-17  12.00  14.00  16.00  10 Senin 04/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.00  11 Selasa 05/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.10  12 Rabu 06/8-2014 07.21  12.00  14.00  17.20  13 Kamis 07/8-2014 07.18  12.00  14.00  17.10  14 Jumat 08/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.15 
  24. 24. 23 No Hari/Tangal Pagi Siang KetMasuk Keluar Masuk Keluar Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf Jam Paraf 15 Senin 11/8-2014 07.18  12.00  14.00  17.15  16 Selasa 12/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.10  17 Rabu 13/8-2014 07.19  12.00  14.00  17.10  18 Kamis 14/8-2014 07.17  12.00  14.00  17.15  19 Jumat 15/8- 2014 07.21  12.00  14.00  17.17  20 Senin 18/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.10  21 Selasa 19/8-2014 07.25  12.00  14.0  17.15  22 Rabu 20/8-2014 07.20  12.00  14.00  17.13  23 Kamis 21/8-2014 07.19  12.00  14.00  17.10  24 Jumat 22/8-2014 07.27  12.00  14.00  17.20  25 Senin 25/8-2014 07.19  12.00  14.00  17.00  26 Selasa 26/8-2014 07.21  12.00  14.00  17.18  27 Rabu 27/8-2014 07.23  12.00  14.00  17.20  28 Kamis 28/8-2014 07.22  12.00  14.00  17.23  29 Jumat 29/8-2014 07.21  12.00  14.00  17.45  Ternate, 29 Agustus 2014 Kepala Bagian Umum Ipansyah Nip: 1964882019855031002
  25. 25. 24 Lampiran 4. AGENDA HARIAN PROGRAM MAGANG MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNKHAIR Nama : Indah Indrayani Musapao NPM : 022711012 Tempat Magang : KPPN Ternate (Seksi Sub Bagian Umum Dan Verifikasi Akuntansi) No Hari/Tgl Uraian Pekerjaan Waktu Penyelesaian Paraf Infrastruktur 1 Selasa, 15 juli 2014 1. Pengenalan bagian/seksi kantor 2. Memperoleh bimbingan kerja 3. Pengarsipan lembar tiga Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 09.00-10.00 10.00-12.00 14.00-16.00 2 Rabu, 16 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30-12.00 14.00-16.00 3 Kamis, 17 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 07.30-12.00 14.00-16.00 4 Jumat, 18 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan Lembara Tiga Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 3. Pengarsipan surat masuk 07.30-12.00 14.00-16.20 5 Senin, 21 JULI 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan surat 07.30-12.00 14.00-16.00
  26. 26. 25 6 Selasa, 22 Juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan Lembar Tiga Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 07.30-12.00 14.00-16.00 7 Rabu, 23 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan lembar Tiga Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 07.30-12.00 14.00-17.00 8 Kamis, 24 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Pengarsipan Surat Masuk dan surat keluar 07.30-02.10 14.10-17.00 9 Jumat, 25 juli 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekam Surat Masuk Dan Surat Keluar 07.30-12.00 14.00-17.00 10 Senin, 04 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 07.30-11.00 14.00-17.20 11 Selasa, 05 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30-12.00 14.00-17.15 12 Rabu, 06 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 07.30 – 12.00 14.00 - 17.20 13 Kamis, 07 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30-12.00 14.00-17.00 14 Jumat, 08 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 07.30 – 12.00 14.00 – 17.20
  27. 27. 26 15 Senin, 11 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 07.30 - 12.00 14.00-17.00 16 Selasa, 12 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 07.30-12.00 14.00-17.15 17 Rabu, 13 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekam Surat Masuk Dan Surat Keluar 2014 3. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30 - 12.00 14.00-17.10 18 Kamis, 14 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 07.30 - 12.00 14.00 - 17.20 19 Jumat, 15 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 3. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30 - 12.00 14.00-17.20 20 Senin, 18 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Skip Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014 07.30 - 13.00 14.00 - 17.00 21 Selasa, 19 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perinth Pencarian Dana (SP2D) 2014 2. Merekan surat masuk dan surat keluar 2014 07.30 - 12.15 14.00 - 17.20 22 Rabu, 20 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar. 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.30 - 12.00 14.00 - 17.00 23 Kamis, 21 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Melampir Surat Perintah 07.30 - 12.00
  28. 28. 27 Pencarian Dana (SP2D) 14.00-17.00 24 Jumat, 22 Agustus 2014 1. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014. 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 07.30 – 12.15 14.00 – 17.25 25 Senis, 25 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 3. Pengarsipan SP2D 2014 07.00-11.20 14.00-17.20 26 Selasa, 26 Agustus 2014 1.Merekam surat masuk dan surat keluar 2. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 3. Pengarsipan SP2D 2014 07.30 - 12.00 14.00-17.00 27 Rabu, 27 Agustus 2014 1. Merekam Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 2014. 2. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 07.30 - 12.00 14.00-17.00 28 Kamis, 28 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Melampir Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) 3. Pengarsipan lembar tiga SP2D 2014 07.00-11.20 14.00-17.20 29 Jumat, 29 Agustus 2014 1. Merekam surat masuk dan surat keluar 2014 2. Pengarsipan lembar tiga SP2D 07.00-11.20 14.00-17.25 Kepala Bagian umum Ipansyah NIP:1964882019855031002

×