Mengenal email

3,003 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,003
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
34
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenal email

  1. 1. Mengenal Email Hellen Fransiska XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lhokseumawe
  2. 2. Sejarah Email Email pada awalnya ditemukan oleh insinyur bernama Raymon Samuel Tomlinsonpada tahun 1971. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau suratelektronik, yang dalam KBBI disingkat menjadi surel. Sistem ini memungkinkan pesanbisa dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer. Pesan ini bisa berupateks, gambar atau gabungan keduanya yang dikirim dari satu alamat email ke alamatlainnya dalam jaringan internet. Alamat email selazimnya memiiki format namapengguna dan domain yang dipisahkan oleh tanda @.Misalnya, admin@semangatku.com. Saat ini email tak bisa lepas dari kehidupan kita. Meskipun sudah ada sosialmedia, email tetap dibutuhkan. Sebuah penelitian dari School of InformationManagement and Systems, UC Berkeley pada tahun 2001 lalu melaporkan ada 31milyar email terkirim setiap hari. Angka ini meningkat tajam pada tahun 2008 yangmenyebutkan ada sekitar 170 milyar email terkirim tiap hari. Angka ini menjadi 294milyar di tahun 2010 lalu. Jadi bisa disimpulkan bahwa email adalah hal yang pentingdan tidak bisa lepas dari internet itu sendiri meskipun sudah banyak produk internet
  3. 3. Sejarah email tak lepas dari perkembangan teknologi militer. Pada awalnya embrioteknologi ini telah dikembangkan sejak tahun 1970. Raymond Samuel Tomlinson adalahpenemunya. Pria yang lahir di New Amsterdam, New York, Amerika Serikat pada tahun1941 ini adalah pencetus penggunaan email melalui jaringan internet. Teknologi inisebenarnya tidak sepenuhnya baru, email sudah ditemukan pada era 1960-an, namun internetbelum ada. Email yang ada masih berkutat pada satu mainframe yang terbentuk jaringanlokal saja. Jadi Tomlinson mengatur perpindahan email melalui jaringan internet. Pada tahun1963, Tomlinson mendapatkan gelar Bachelor of Science dalam bidang teknik listrik dariRensselaer Polytechnic Institute. Ia lalu ikut berpartisipasi dalam program yang dijalankanoleh IBM, salah satu produsen komputer yang menjual perangkat keras dan perangkat lunakkomputer. Pada tahun 1965, ia mendapatkan gelas Master di bidang teknik elektro dari MIT.Pada tahun 1968, Tomlinson bekerja untuk sebuah proyek pengembangan sistem operasiTENEX, diantaranya ARPANET dan implementasi TELNET. ARPANET adalah cikal bakal internet saat ini, yang merupakan sarana percobaanteknologi jaringan di zaman tersebut. Tujuan ARPANET kala itu adalah menciptakanmetode komunikasi antara institusi militer. TELNET sendiri adaah sebuah protololjaringan yang digunakan pada internet untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasisteks dua arah yang memanfaatkan fasilitas koneksi virtual terminal. Di proyek iniTomlinson membuat sebuah program untuk transfer file di jaringan ARPANET yangdisebut dengan CPYNET. Kemudian dia diminta memodifikasi sebuah program, yakniSNDMSG yang berfungsi mengiriman pesan antara pengguna berbeda di komputeryang sama. Tomlinson diharuskan memodifikasi SNDMSG supaya bisa mengirimkanpesan antara dua komputer yang berbeda.
  4. 4. Dengan itu ia berpikir untuk menggabungkan program SNDMSG dan CPYNETbersamaan supaya dapat mengirimkan pesan ke kotak pos elektronik lainnya dalamsebuah jaringan. Pikiran lain Tomlinson adalah bagaimana membedakan pesan yangdiarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna didalam jaringan itu sendiri. Akhirnya eksperimen Tomlinson ini berhasil, pada bulanOktober 1971, ia berhasil mengirimkan satu pesan sederhana dari komputernya dikomputer di sebelahnya yang hanya berjarak 1 meter. Sejarah email tercatat saat itujuga. Tomlinson ternyat mempelajari tuts keyboard dan memilih simbol @ sebagaipetunjuk alamat si pengguna email. Simbol @ ini mengidentifikasi penerima dankomputer atau jaringan yang mereka gunakan. Simbol @ ini dibaca “at” atau dalambahasa Indonesia “di”. Tomlinson mengakui bahwa penemuan email itu dihasilakan hanya dari berpikirtak lebih 30-40 detik saja. Ia bahkan tak ingat apa yang ia tulis pertama kali dalamemail bersejarah tersebut, saat ditanyakan dalam sebuah wawancara dengan majalahTimes di tahun 2008 lalu. Namun ada beberapa sumber mengatakan bahwa pesanpertama itu adalah “QWERTYUIOP” yakni satu sekuen dari tuts huruf paling atas padakeyboard. Apapun itu, yang jelas pesan kecil itu adalah lompatan besar bagi umatmanusia.
  5. 5. Pengertian Email Pengertian e-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Emailmerupakan singkatan darielectronic mail atau surat elektronik. Di salah satuliteratur komputer, bahkan saya mendapatkan istilahsurel untuk suratelektronik sebagai bahasa terjemahan dari email (electronic mail). Hanya saja, bagi sayapribadi penggunaan istilah email sepertinya jauh lebih nyaman ditelinga. Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atausurat elektronik adalah salahsatu jenis layanan internetyang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik.Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internetmemiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisamemiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memilikipuluhan nomor. Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertamamerupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnyakang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakanpenyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo) Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dannon web-based. Untuk dapatmenggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitusyang disediakan, contohnya gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untukyang non web based pendaftaran dilakukan melaluiadministrator penyedia layanan.
  6. 6. Jenis Email Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikanpada bagian I. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapatbeberapa jenis sebagai berikut :1. POP Email POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah email miripdengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor posperantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah emailakan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau emailserver, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamatemail kita terdaftar.2. Web-based Email / email gratisWeb-based Email, atau email berbasis web dikembangkandengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki aksesinternet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses keemail server, tapi ke sebuah web server. Jadi, orang yang akan mengirimkan emailpertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yangpada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuahaccount email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudahditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
  7. 7. Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akanharus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yangmemberikan jasa email semacam ini. Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan emailclient, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyaksekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.3. Email Forwarder Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secaragratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untukmembayar sejumlah uang tertentu. Pengertian email forwarder adalah sebuah carauntuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamatemail saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email darimanapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli.Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukankepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya. Orang menggunakanemail forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yangsebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yangdigunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang inginanonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah emailforwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakanemail forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.
  8. 8. Manfaat Email1. Perkembangan situs jejaring sosial Bagi kita yang sudah mengenal internet keberadaan situs jejaringsosialseperti Facebook dan Twitter tidaklah asing. Bahkan hampir semua yangmengenal internet ini memiliki akun jejaring sosial tersebut. Nah, untuk registrasi ataumemiliki akun jejaring tersebut kita membutuhkan sebuah akun email sebagai syaratregistrasi yang penting.
  9. 9. 2. Akses dunia pendidikan yang lebih luas Bagi para pelajar, ilmuwan atau siapa pun yang haus ilmu, mempunyai akunemail membuat mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkanberbagai macam ilmu yang mereka butuhkan. Jurnal-jurnal, referensi ilmiah yangtersedia luas di dunia internet dapat dengan mudah bisa kita dapatkan. Nah, untukmendapatkan semuanya itu, kita memerlukan akun email untuk proses registrasi atauberlangganan.
  10. 10. 3. Akses dunia kerja secara langsung Jangan heran jika dizaman sekarang tidak ada lagi para pelamar kerja yangmenenteng Ijazah dari satu kantor ke kantor lain untuk melamar kerja. Di era internetini para pencari kerja yang sedang mencari lowongan telah menggunakan email sebagaisarana komunikasi dengan perusahaan tujuan. Penggunaan email bahkan lebih efisienkarena menghemat biaya transportasi dan tenaga. Bahkan, pengiriman curriculumvitae dan surat lamaran kerja dapat dengan mudah dilakukan melalui email, sebelumproses wawancara tatap muka dilakukan.
  11. 11. 4. Sarana promosi product barang atau jasa Seorang penjual atau agen pemasaran product atau jasa yang handal perlumemanfaatkan segala cara untuk bisa mendapatkan seorang pelanggan. Penggunaanemail dalam pemasaran langsung (direct marketing) merupakan sebuah cara efektifyang dapat membantu pemasaran produk perusahaan Anda secara lebih luas dantepat. Sekali lagi keberadaan email sangat menghemat biaya, tenaga dan waktu.
  12. 12. 5. Sebagai sarana untuk masuk ke mana saja dengan e-mail kita Dengan e-mail sebagai identitas kita, maka kita bisa masuk ke web apa saja dengan menggunakan e-mail dan password yang kita buat, mencari apa yang kita butuhkan dan mendownload software yang kita inginkan dengan mudah.6. Sebagai sarana pengiriman tugas. Ini ditujukan untuk para mahasiswa ataupun murid untuk mengirimkan tugas ke guruyang bersangkutan.7. Jika kita ingin mengirimkan data, kita bisa pake e-mail. Karena data itu akan dikirim secara elektronik, dan tentu saja sampai nya jauh lebih cepat.8. Jika kita ingin mengirim pesan, dapat dilakukan kepada lebih dari satu orang pada waktu yang bersamaan.
  13. 13. Created by : Hellen Fransiska Class : XI IPA 1 Guide Teacher :Andika Triwidada, S. Pd

×