M e s i r

1,836 views
1,534 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,836
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
33
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

M e s i r

  1. 1. MESIR
  2. 2. Letak Daerah Mesir Mesir adalah salah satu negara berkembang yang terletak di kawasan Afrika Utara. Secara astronomis terletak di antara 22oLU – 31,5o LS dan 25oBT – 36oBT dengan luas kurang lebih 1.500.000 km2. Luas wilayahnya sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (Asia Barat Daya) dan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.
  3. 3. Latar belakang Kebangkitan Bangsa Mesir Mesir di bawah Dinasti Mamluk merupakan negara Islam yang selamat dari kehancuran yang dilakukan bangsa Mongol. Mesir yang semula merupakan daerah taklukan Turki dari tahun 1517, tiba-tiba ingin memisahkan diri dari Turki dan menjadi negara merdeka. Berbagai macam cara dilakukan Mesir agar bisa merdeka dari Turki.
  4. 4. Puncak dari pertentangan tersebut adalah meletusnya perang Mesir-Turki yang berlangsung selama dua fase yakni 1832-1833 dan 1839-1840. Dalam peperangan tersebut, pihak Mesir menang karena dibantu Prancis, sementara pihak Turki mengalami kekalahan.
  5. 5. a. Krisis Keuangan Mesir Terusan suez dibuka inggris & prancis berusaha tahun 1876, Inggris merebutnya dan Prancis telah ikut campur dalam pemerintahan di tahun 1875, yakni saat Khedive Ismail (1863–1879) membutuhkan uang sehubungan dengan krisisnya keuangan Mesir. Mesir. Inggris dan Prancis masuk ke Mesir dan Mesir meminjam memberesi hutang- uang dari Inggris hutangnya. dan Prancis. Khedive Ismail menjual saham Mesir Terusan Suez kepada Inggris.
  6. 6. Nasionalisme Mesir Adanya campur tangan Inggris dan Prancis dalam pemerintahan, khususnya pada saham-saham Terusan Suez menimbulkan kekecewaan yang kemudian muncul perlawanan rakyat. Kebangkitan nasional Mesir ditandai dengan adanya pemberontakan Arabi Pasha (1881–1882).
  7. 7. Gerakan ini timbul karena pengaruh Jamaluddin al Afghani yang ketika itu mengajar di Mesir. Perlawanan rakyat yang dipimpin oleh Arabi Pasha ini sangat membahayakan kedudukan Inggris dan Prancis di Mesir. Inggris akhirnya bertindak dan berhasil menumpas pemberontakan Arabi Pasha.
  8. 8. Sebab-sebab timbulnya nasionalisme Mesir adalah sebagai berikut : 1) Adanya gerakan Wahabi, merupakan gerakan agama yang kemudian memberontak pemerintahan Turki. 2) Adanya pengaruh Revolusi Prancis.
  9. 9. 3) Munculnya kaum intelektual yang berpaham modern. 4) Adanya Gerakan Pan Arab, yang dirintis oleh Amir Chetib Arslan dengan yang menganjurkan persatuan semua bangsa Arab dengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan bangsanya.
  10. 10. a. Ketika Perang Dunia I selesai, Partai Wafd menuntut Mesir sebagai negara merdeka konferensi perdamaian di Prancis. b. Inggris menolak, bahkan mengasingkan Zaghlul Pasha ke Malta c. Pada tahun 1919 di Mesir timbul pemberontakan dan Zaghlul Pasha dibebaskan kembali. d. Kaum nasionalise Mesir menuntut kemerdekaan penuh. e.Pemberontakan berkobar lagi, Zaghlul Pasha ditangkap lagi dan diasigkan ke Gibraltar. f. Inggris yang tidak dapat menekan nasionalisme Mesir, terpaksa mengeluarkan Pernyataan Unilateral tgl 28 febuari 1922
  11. 11. Isi Uniteral Declaration 1) Inggris mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Mesir. 2) Inggris berhak atas empat masalah pokok,seperti berikut: a) mempertahakan Terusan Suez; b) mempergunakan daerah militer untuk operasi militer; c) mempertahankan Mesir terhadap agresi bangsa lain; d) melindungi bangsa asing di Mesir dan kepentingannya.
  12. 12. Terima Kasih  Created Group 2 :  Rio putra darma  Jeane eka putri  Novriansyah  Nurselawati  Eva susanti  Faustina

×