Jenis jenis paragraf

14,859 views

Published on

cuma mau berbagi
semoga bermanfaat

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
14,859
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
223
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jenis jenis paragraf

  1. 1. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menceritakan memaparkan sesuatu secara detail dan jelas. Contoh
  2. 2. DESKRIPSI INDUKTIF CAMPURAN PERSUASI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASI DEDUKTIF • Di sekolahku terdapat banyak ruang kelas,Salah satunya adalah ruang kelas tempat ku belajar,Di dalam Kelas itu Pengertian terdapat 40 kursi dan 20 meja siswa serta satu meja guru dan satu kursi guru,Selain itu ada pula gambar-gambar hasil karya teman-temanku yang di pajang di atas dinding,Ada juga beberapa alat untuk membersihkan Contoh kelas seperti sapu dan tempat sampahyang di letakkan di sudut ruang kelasku.Di depan kelas terdapat sebuah papan tulis dan di atas papan tulis itu tergantung sebuah gambar presiden dan wakil presiden. Itulah ruang kelasku yang sederhana.
  3. 3. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa, yang di dalamnya Contoh terdapat pelaku, waktu kejadian serta alur cerita.
  4. 4. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Siang itu, Andi sedang bermain di pantai, dia sangat senang sekali karena pantainya sangat indah dan Contoh sejuk dan dia pun dapat bermain air dan pasir di pantai itu. Hari itu sangat menyenangkan sekali bagi Andi meskipun terik matahari panas menyengat.
  5. 5. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Paragraf eksposisi adalah paragraf yang memaparkan tentang cara, teknik atau petunjuk Contoh agar orang yang membacanya dapat memahami bacaan tersebut dengan jelas.
  6. 6. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASI • Telah kita ketahui, banyak anak-anak yang menghabiskanPengertian waktunya untuk menonton televisi.mereka sering lupa waktu karena keasyikan menonton Televisi.Bahkan banyak orang tua yang kurang memperhatikan tidak mengetahui program apa yang di tonton oleh anak-anaknya, apakah Contoh yang ditonton itu baik atau tidak. Maka dari itu orang tua perlu melakukan tindakan agar anak tidak keseringan menonton televisi.Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, Seperti Mengawasi anak saat menonton televisi, Meluangkan waktu untuk menemani anak pada saat menonton televisi, Membatasi waktu menonton Televisi, Mengajak anak untuk menyaksikan program TV yang dapat menambah pengetahuannya.
  7. 7. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang menjelaskan suatu pendapat, atau ide beserta Contoh alasannya.
  8. 8. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Perkembangan teknologi yang berkembang di negara Indonesia ini, memang sangat mengutungkan bagi masyarakat karena dapat membantu mempermudah Contoh pekerjaan.Saya sangat setuju dengan adanya Teknologi yang berkembang pesat ini, karena dapat memberi peranan dan pandangan positif bagi masyarakat.
  9. 9. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Paragraf Persuasi adalah paragraf yang berupa ajakan atau bujukan, tujuannya agar pembaca dapat Contoh melakukan suatu tindakan.
  10. 10. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Telah kita ketahui, banyak lingkugan di sekitar kita yang mengalami kerusakan akibat ulah manusia.Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat yang peduli terhadap Contoh lingkungan, Mari kita senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita agar selalu bersih, sehat dan nyaman
  11. 11. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti Contoh dengan kalimat-kalimat penjelas
  12. 12. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Kemauannya sulit untuk diikuti. Dalam rapat sebelumnya sudah diputuskan bahwa dana itu harus Contoh disimpan dulu. Para peserta sudah menyepakati hal itu. Akan tetapi, hari ini ia memaksa menggunakannya membuka usaha baru.
  13. 13. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan Contoh kalimat topik. Paragraf induktif dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu generalisasi, analogi, dan kausalitas. Jenis
  14. 14. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Generalisasi adalah pola pengembangan paragraf yang menggunakan beberapa fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum. Contoh: Contoh • Setelah karangan anak-anak kelas tiga diperiksa, ternyata Ali, Toto, Alex, dan Burhan, mendapat nilai delapan. Anak- anak yang lain mendapat nilai tujuh. Hanya Maman yang enam dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Oleh Jenis karena itu, boleh dikatakan anak-anak kelas tiga cukup pandai mengarang.
  15. 15. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASI • Analogi adalah pola penyusunan paragraf yang berisiPengertian perbandingan dua hal yang memiliki sifat sama. Pola ini berdasarkan anggapan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi maka akan ada persamaan pula dalam bidang yang lain. Contoh: • Alam semesta berjalan dengan sangat teratur, seperti Contoh halnya mesin. Matahari, bumi, bulan, dan binatang yang berjuta-juta jumlahnya, beredar dengan teratur, seperti teraturnya roda mesin yang rumit berputar. Semua bergerak mengikuti irama tertentu. Mesin rumit itu ada Jenis penciptanya, yaitu manusia. Tidakkah alam yang Mahabesar dan beredar rapi sepanjang masa ini tidak ada penciptanya? Pencipta alam tentu adalah zat yang sangat maha. Manusia yang menciptakan mesin, sangat sayang akan ciptaannya. Pasti demikian pula dengan Tuhan, yang pasti akan sayang kepada ciptaan-ciptaan-Nya itu.
  16. 16. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Hubungan Kausal Hubungan kausal adalah pola Contoh penyusunan paragraf dengan menggunakan fakta- fakta yang memiliki pola hubungan sebab-akibat. Misalnya, jika hujan-hujanan, kita akan sakit kepala atau Rini pergi ke dokter karena ia sakit kepala. Ada Jenis tiga pola hubungan kausalitas, yaitu sebab-akibat, akibat-sebab, dan sebab-akibat 1 akibat 2.
  17. 17. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASI • Sebab-AkibatPengertian • Penalaran ini berawal dari peristiwa yang merupakan sebab, kemudian sampai pada kesimpulan sebagai akibatnya. Polanya adalah A mengakibatkan B. Contoh: • Era Reformasi tahun pertama dan tahun kedua ternyata Contoh membuahkan hasil yang membesarkan hati. Pertanian, perdagangan, dan industri, dapat direhabilitasi dan dikendalikan. Produksi nasional pun meningkat. Ekspor kayu dan naiknya harga minyak bumi di pasaran dunia Jenis menghasilkan devisa bermiliar dolar AS bagi kas negara. Dengan demikian, kedudukan rupiah menjadi kian mantap. Ekonomi Indonesia semakin mantap sekarang ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila mulai tahun ketiga Era Reformasi ini, Indonesia sudah sanggup menerima pinjaman luar negeri dengan syarat yang kurang lunak untuk membiayai pembangunan.
  18. 18. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Akibat-Sebab • Dalam pola ini kita memulai dengan peristiwa yang Contoh menjadi akibat. Peristiwa itu kemudian kita analisis untuk mencari penyebabnya. Contoh: • Kemarin Badu tidak masuk kantor. Hari ini pun tidak. Pagi tadi istrinya pergi ke apotek membeli obat. Karena itu, Jenis pasti Badu itu sedang sakit.
  19. 19. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASI • Sebab-Akibat-1 Akibat-2 • Suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat.Pengertian Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul rangkaian beberapa akibat. Contoh: • Mulai tanggal 17 Januari 2002, harga berbagai jenis Contoh minyak bumi dalam negeri naik. Minyak tanah, premium, solar, dan lain-lain dinaikkan harganya. Hal ini karena Pemerintah ingin mengurangi subsidi dengan harapan supaya ekonomi Indonesia kembali berlangsung normal. Jenis Karena harga bahan bakar naik, sudah barang tentu biaya angkutan pun akan naik pula. Jika biaya angkutan naik, harga barang-barang pasti akan ikut naik karena biaya tambahan untuk transportasi harus diperhitungkan. Naiknya harga barang-barang akan dirasakan berat oleh rakyat. Oleh karena itu, kenaikan harga barang harus diimbangi dengan usaha menaikkan pendapatan masyarakat.
  20. 20. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • paragraf yang dimulai dengan mengemukakan Contoh persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik.Kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.
  21. 21. DESKRIPSI NARASI EKSPOSISI ARGUMENTASIDEDUKTIF INDUKTIF CAMPURAN PERSUASIPengertian • Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat dilepaskan dari komunikasi. Kegiatan apa pun yang Contoh dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

×