Peranan tik dalam kehidupan sehari hari

26,973 views
26,473 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
5 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
26,973
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
49
Actions
Shares
0
Downloads
313
Comments
0
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peranan tik dalam kehidupan sehari hari

  1. 1. KEUNTUNGAN DANPERANAN TIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
  2. 2. Keuntungan penggunaan TIK Antara lain :1. Memudahkan orang dalam berkomunikasi dan memperoleh Informasi2. Membuka peluang Bisnis Baru3. Mendorong timbulnya Proses Demokrasi4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Publik5. Meningkatkan Layanan Informasi Kesehatan Jarak Jauh (Telemedicine)6. Memperbaiki Pendidikan Melalui e-Leaning7. Mengembangkan Kemampuan dan Kesadaran Masyarakat8. Memperkaya kebiudayaan9. Menunjang Pertanian10. Menciptakan lapangan Kerja
  3. 3. Dampak Negatif / Kerugian Penggunaan TIK Al :1. Mendorong munculnya kejahatan Jenis Baru2. Mempermudah masuknya nilai-nilai Budaya Asing yang Negatif3. Mempermudah penyebarluasan Karya- karya Pornografi4. Mondorong tindakan konsumtif dan pemborosan dalam masyarakat5. Mendorong Kekejaman dan kesadisan (Violence and Gore)6. Memperluas Perjudian
  4. 4. A. Peranan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam PerusahaanPenerapan Teknologi Informasi dan Komunikasibanyak digunakan para usahawan. Kebutuhanefisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiappelaku usaha merasa perlu menerapkanteknologi informasi dalam lingkungan kerja.Penerapan Teknologi Informasi dan KomunikasiMenyebabkan perubahan pada kebiasaankerja. Misalnya penerapan Enterprice ResourcePlanning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasiperangkat lunak yang mencakup sistemmanajemen dalam perusahaan, cara lamakebanyakan
  5. 5. B. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis TeknologiInformasi dan Komunikasidimanfaatkan untuk perdagangansecara elektronik atau dikenalsebagai E-Commerce. E-Commerceadalah perdagangan menggunakanjaringan komunikasi internet.
  6. 6. C. Perananpan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Perbankan Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
  7. 7. D. Peranan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-earning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
  8. 8. E. Peranan Teknologi Informasidan Komunikasi dalam KesehatanSistem berbasis kartu cerdas (smart card)dapat digunakan juru medis untukmengetahui riwayat penyakit pasien yangdatang ke rumah sakit karena dalam kartutersebut para juru medis dapatmengetahui riwayat penyakit pasien.Digunakannya robot untuk membantuproses operasi pembedahan sertapenggunaan komputer hasil pencitraantiga dimensi untuk menunjukkan letaktumor dalam tubuh pasien.
  9. 9. F. PERANAN TIK DALAM BIDANG PEMERINTAHAN Peranan TIK dalam bidang pemerintahan disebut dengan E-Government. Ada tiga macam :1. Government to Government (Pemerintah dengan Pemerintah baik daerah maupun pusat) 2. Government to Citizen (Pemerintah dengan Penduduk) 3. Government to Business ( Government dengan dunia Bisnis)
  10. 10. SOAL

×