Tipe tipe mesin konvensional

9,855 views

Published on

Published in: Technology
2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
9,855
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
255
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tipe tipe mesin konvensional

  1. 1. TIPE TIPE MESIN KONVENSIONAL
  2. 2. Tipe-tipe mesin konvensional
  3. 3. Mesin Bubut adalah suatu Mesin Perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar.Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara Translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.
  4. 4. Prinsip KerjaPoros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.
  5. 5. Perkembangan Mesin Bubut
  6. 6. Nama-nama bagian mesin bubut
  7. 7. Jenis-jenis mesin bubut• Mesin Bubut Universal• Mesin Bubut Khusus• Mesin Bubut Konvensional• Mesin Bubut dengan Komputer (CNC)
  8. 8. Operasi-operasi pada mesin bubut
  9. 9. Perlegkapan Tambahan pada mesinBubut
  10. 10. Mesin Broaching• Broaching adalah operasi mesin yang menggunakan alat bergigi, yang disebut bros,ada juga yang menyebutnya mesin pembesar lubang yang biasa digunakan untuk menghilangkan material. bros yang digunakan dalam mesin broaching, kadang-kadang disingkat menjadi memulai pembicaraan mesin. Ini digunakan untuk pekerjaan presisi, terutama untuk bentuk-bentuk aneh. selesai dalam satu kali pekerjaan, biasanya broaching menguntungkan karena digunakan untuk produksi kuantitas tinggi
  11. 11. • pisau dibentuk mirip dengan gergaji, kecuali gigi meningkat tinggi atas alat panjang. Selain itu, bros berisi tiga bagian yang berbeda: satu yang awal, satu lagi untuk semi-finishing, dan yang terakhir untuk finishing. Karena semua fitur yang dibuat kompleks maka dibutuhkan tenaga terampil untuk menggunakannya.• bentuk pisau
  12. 12. Bahan-bahan Pisau Brot• Bahan common rotary broaching meliputi: * Aluminium * Brass * 12L14 * Alloy Steel * Stainless Steel * Titanium
  13. 13. FUNGSI• Broaching machine atau mesin pembesar lubang adalah suatu mesin yang berfungsi juga pekerjaan membuang geram-geram, sehingga konstruksi pahatnya mempunyai sederetan gigi- gigi pemotong dengan ukuran kecil di ujung dan semakin besar di pangkal nya. Biasanya, satu suku cadang diselesaikan hanya dalam satu langkah, oleh karena itu ukuran gigi pemotong di pangkal pahat disesuaikan dengan ukuran lubang yang diharapkan.
  14. 14. JENIS-JENIS BROACHING MACHINE(MESIN PEMBESAR LUBANG) Berdasarkan cara kerjanya, maka mesin pembesar lubang dapat dikelompokkan menjadi: • 1) Pembesar lubang tarik • 2) Pembesar lubang dorong • 3) Pembesar lubang permukaan • 4) Pembesar lubang kontinu
  15. 15. Mesin Bor (Drilling)• Mesin bor adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan Pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut BOR.
  16. 16. Jenis-Jenis BOR1.Mesin bor meja2. Mesin bor tangan (pistol)3. Mesin bor Radial4.Mesin Bor Tegak (Vertical Drilling Machine)5.Mesin bor koordinat
  17. 17. Bagian- Bagian Mesin BOR1.Base (Dudukan )2.Column (Tiang)3.Table (Meja)4.Drill (Mata B5.Spindle6.Spindle head7.Drill Feed Handle8.Kelistrikan
  18. 18. Mesin Sekrap• Mesin sekrap atau shaping machine adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk mengubah permukaan benda kerja menjadi permukaan rata baik bertingkat, menyudut, dan alur. Sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dikehendaki.
  19. 19. Prinsip Kerja Mesin Sekrap• Mesin sekrap dapat dipakai untuk mengerjakan benda kerja sampai sepanjang 800 mm, berpegang pada prinsip gerakkan mendatar. Pada langkah pemakanan akan menghasilkan beram (tatal logam) dari benda kerja, panjang langkah diatur dengan mengubah jalan keliling pasak engkol pada roda gigi penggerak, karenanya menambah ataumengurangi ayunan engkol, pemindahan ini diatur dengan memutar poros pengatur langkah yang akan memutar roda gigi kerucut dan menggerakan batang berulir yang mengatur penggerak blok engkol.
  20. 20. Bagian-Bagian Mesin Sekrap
  21. 21. MESIN FRAISMesin Frais atau bisa juga dikenal dengan nama Mesin Milling merupakan peralatan yang tujuan penggunaannya menghasilkan satu ataupun lebih permukaan benda dengan menggunakan satu ataupun lebih alat pemotong. Kata memfrais mengacu pada pengerjaan logam dengan menggunakan mesin pemotong yang berputar. Mesin ini dilengkapi dengan sejumlah pemotong khusus. Mesin Frais pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Eli Whitney di tahun 1818.
  22. 22. Bagian Utama Mesin Frais
  23. 23. Mesin Frais memiliki bagian-bagian utama sebagai berikut :Spindel utama yang merupakan bagian paling penting dari mesin frais. Bagian ini merupakan tempat mencekam alat poting. Spindel utama ini dibagi lagi ke dalam tiga jenis yakni : Universal spindle, vertical spindle, dan horizontal spindle.
  24. 24. • Table atau Bagian Meja. Area ini merupakan titik untuk menempatkan clamping device (benda kerja). Meja ini dibagi juga ke dalam tiga bagian yaitu, swivel table, fixed table, dan compound table,• Motor Drive, Bagian ini memiliki fungsi utama untuk menggerakkan bagian-bagian dari mesin yang lain seperti meja, spindle, cooler dan lain- lain. Mesin frais memiliki setidaknya tiga jenis motor yakni motor pendingin atau cooling, motor gerakan pemanakan atau feeding serta motor spindle utama.
  25. 25. • Transmisi. Adalah bagian dari mesin yang fungsinya menghubungkan motor penggerak. Terdapat dua macam tranmisi yakni transmisi spindle utama serta tansmisi feeding.• Knee. Yakni bagian mesin yang fungsinya sebagai penopang.• Tiang. Adalah badan mesin dimana bagian-bagian lain menempel dan menjadi satu kesatuan mesin.
  26. 26. • Base atau dasar mesin. Yaitu bagian paling dasar mesin frais sebagai penopang badan dan tempat cairan pendingin.• Control. Merupakan bagian pengaturan mesin yang terdiri dari kontrol mekanik dan control elektrik.
  27. 27. Jenis-jenis Mesin Frais• Pada hakekatnya mesin frais dibagi ke dalam berbagai varian antara lain : – Mesin Frais tangan – Mesin Frais Datar – Mesin Frais Universal/Horizontal – Mesin Frais Vertical – Mesin Frais Penyerut. – Mesin Frais Jenis Bangu Tetap
  28. 28. Jenis mata Pisau Frais
  29. 29. SEKIAN TERIMAKASIH

×