Mesin Konvensional

1,942 views

Published on

Published in: Engineering
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,942
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
12
Actions
Shares
0
Downloads
61
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mesin Konvensional

  1. 1. Mesin Konvensional Ahmada Wildan Khadziq 111910101058
  2. 2. Tipe Mesin Konvensional
  3. 3. MESIN BUBUT (Turning Machine) Mesin Bubut adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses penghilangan bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.
  4. 4. Bagian-bagian mesin bubut
  5. 5. Prinsip kerja mesin bubut Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada deretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.
  6. 6. Jenis mesin bubut a. Mesin Bubut Universal dapat mengerjakan berbagai jenis fungsi pembubutan dalam satu unit mesin, seperti penghalusan, pengirisan, pelobangan. b. Mesin Bubut Khusus untuk membubut material tertentu seperti logam. c. Mesin Bubut Konvensional dioperasikan secara manual dan setiap mesin berbeda fungsi, seperti penghalus tidak bisa digunakan untuk pengebor dan sebaliknya. d. Mesin Bubut dengan Komputer (CNC) untuk memproduksi benda kerja dalam jumlah besar, misalnya industri benda kerja.
  7. 7. Perlengkapan tambahan mesin bubut
  8. 8. Perkembangan mesin bubut
  9. 9. MESIN BROACHING Broaching adalah operasi mesin yang menggunakan alat bergigi, yang disebut bros, ada juga yang menyebutnya mesin pembesar lubang yang biasa digunakan untuk menghilangkan material. Bros yang digunakan untuk pekerjaan presisi, terutama untuk bentuk-bentuk aneh. Proses Broaching pada dasarnya hampir sama dengan proses gergaji. Jika pada mesin gergaji pemotong benda kerja oleh satu sisi pahat, tetapi pada mesin broaching pada keseluruhan dari sisi pahat potong.
  10. 10. Prinsip kerja mesin broaching Spline Broaching secara sederhana proses broaching terjadi dimana sebuah tool (broaching cutter) bergerak mengikis bagian dalam benda kerja secara simultan. Gerakan proses broaching adalah vertical & horizontal. Bentuk pola yang dihasilkan dari proses broaching tergantung dari bentuk pada cutter broaching.
  11. 11. Bagian-bagian mesin broaching
  12. 12. Jenis mesin broaching Berdasarkan cara kerjanya, maka mesin pembesar lubang dapat dikelompokkan menjadi: a. Pembesar lubang tarik b. Pembesar lubang dorong c. Pembesar lubang permukaan d. Pembesar lubang kontinu
  13. 13. MESIN BOR (Drilling Machine) Mesin bor adalah suatu jenis mesin gerakanya memutarkan alat pemotong yang arah pemakanan mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan). Sedangkan Pengeboran adalah operasi menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam lembaran-kerja dengan menggunakan pemotong berputar yang disebut BOR.
  14. 14. Bagian-bagian mesin bor
  15. 15. Jenis-Jenis mesin bor 1.Mesin bor meja 2. Mesin bor tangan (pistol) 3.Mesin bor Radial 4.Mesin Bor Tegak (Vertical Drilling Machine) 5.Mesin bor koordinat
  16. 16. MESIN SEKRAP (Shaping Machine) Mesin sekrap atau shaping machine adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk mengubah permukaan benda kerja menjadi permukaan rata baik bertingkat, menyudut, dan alur sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dikehendaki.
  17. 17. Bagian-Bagian Mesin Sekrap
  18. 18. Prinsip Kerja Mesin Sekrap Prinsip pengerjaan pada mesin sekrap adalah benda yang disayat dalam keadaan diam (dijepit pada ragum) lalu pahat bergerak lurus bolak-balik (maju mundur). Gerakan maju mundur pahat diperoleh dari motor yang dihubungkan dengan roda bertingkat melalui sabuk (belt). Dari roda bertingkat, putaran diteruskan ke roda gigi antara dan dihubungkan ke roda gigi penggerak engkol yang besar. Roda gigi tersebut beralur dan dipasang engkol melalui tap. Jika roda gigi berputar maka tap engkol berputar eksentrik menghasilkan gerakan maju mundur lengan.
  19. 19. Jenis Mesin Sekrap Mesin skrap dibedakan menjadi dua, yaitu: 1. Horizontal Mesin sekrap datar atau horizontal (shaper) umum dipakai untuk produksi dan pekerjaan serbaguna terdiri atas rangka dasar dan rangka yang mendukung lengan horizontal. 2. Vertikal Mesin sekrap vertikal (slotter) digunakan untuk pemotongan dalam, menyerut dan bersudut serta untuk pengerjaan permukaan- permukaan yang sukar dijangkau. Selain itu mesin ini juga bisa digunakan untuk operasi yang memerlukan pemotongan vertikal.
  20. 20. MESIN FRAIS (Milling Machine) Mesin frais adalah mesin perkakas yang dalam proses kerja pemotongannya dengan menyayat/memakan benda kerja menggunakan alat potong bermata banyak yang berputar. Mesin ini dapat digunakan untuk membentuk dan meratakan permukaan, membuat alur, membuat roda gigi dan ulir, dan bahkan dapat dipergunakan untuk mengebor dan meluaskan lubang.
  21. 21. Bagian-bagian Mesin Frais
  22. 22. Prinsip kerja mesin frais Tenaga untuk pemotongan berasal dari energi listrik yang diubah menjadi gerak, selanjutnya gerakan utama tersebut akan diteruskan melalui suatu transmisi untuk menghasilkan gerakan putar pada spindel yang bertugas untuk memegang dan memutar cutter hingga menghasilkan putaran atau gerakan pemotongan pada bagian benda kerja.
  23. 23. Jenis-jenis Mesin Frais Beberapa jenis mesin frais antara lain : – Mesin Frais tangan – Mesin Frais Datar – Mesin Frais Universal/Horizontal – Mesin Frais Vertical – Mesin Frais Penyerut. – Mesin Frais Jenis Bangu Tetap
  24. 24. Jenis mata pisau mesin frais
  25. 25. TERIMAKASIH

×