Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas uas konveyer

248 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas uas konveyer

  1. 1. GOEAN FREDY TANAMA 1210501003
  2. 2.  Dunia industri saat ini memerlukan suatu peralatan yang dapat bekerja secara otomatis untuk meningkatkan produktivitas, mempersingkat waktu produksi, menurunkan biaya produksi dan meniadakan pekerjaan- pekerjaan rutin dan membosankan yang harus dilakukan manusia.  Tujuan dan tulisan ini adalah memaparkan sistem perajangan dengan menggunakan sensor berat dan tinggi. Manfaat yang diharapkan dari peraneangan alat ini adalah dapat membantu proses pengerjaan atau manufaktur dari produk dalam dunia industri.
  3. 3.  Sistem pemotongan kertas ini dirancang untuk bekerja secara otomatis dengan menggunakan mikrokontroler AT1280 sebagai pengendali. Alat yang dirancang dilengkapi sensor yang bertugas menggerakan, mengendalikan, dan mematikan motor berdasarkan berat ,tebal dan tipisnya bahan yang dikehendaki.  Beberapa komponen utama yang dipergunakan dalam alat ini adalah catu daya, sensor, mikrokontroler dan motor DC.
  4. 4.  Catu daya digunakan sebagai pemasok tegangan. Catu daya DC dapat dibangun dengan menggunakan trafo step-down, dioda penyearah, kapasitor, serta regulator.  Sensor digunakan untuk menangkap masukan pada rangkaian dan mengubah besaran fisik tertentu menjadi suatu besaran listrik.  Mikrokontroler adalah chip komputer yang bisa diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kontrol.  Motor DC dipergunakan untuk menggerakan conveyor belt. Motor dapat bergerak ke arah kanan dan kiri. Pada saat motor ini beroperasi, biasanya terjadi induksi yang mengakibatkan tegangan menjadi sangat tinggi sehingga diperlukan motor driver untuk mengatur motor agar tidak mengganggu rangkaian lain yang berhubungan dengan motor.
  5. 5.  Pembuatan alat pemotongan kertas otomatis ini memerlukan program untuk mengendalikan semua proses kerja.  Mesin pemotong kertas ialah sebuah mesin yang digunakan untuk memotong kertas dimana pada umumnya mesin ini digerakan oleh konveyor. Konveyor bergerak untuk mengukur kertas. Pada mesin ini yang paling diutamakan adalah safety, Karena mesin ini berhubungan dengan pisau pemotong. Pada mesin pemotong kertas di Industri percetakan masih menggunakan konvensional, artinya pada mesin itu pengoperasiannya masih dibantu dengan tangan manusia. Tentu hal ini memiliki kekurangan terutama pada safety. Proyek akhir ini bertujuan untuk membuat prototype mesin pemotong kertas dimana cara pengopersiannya telah menggunakan PLC sehingga bisa menekan cost dan meningkatkan safety dalam suatu proses industri .
  6. 6. Mesin pemotong kertas ini menggunakan rotary encoder sebagai sensor ukuran kertas dan juga untuk pergerakan pisau pemotongnya. Saat kertas dimasukan, operator memasukan ukuran kertas pada touchscreen. Data pada touchscreen akan dikirim ke PLC. Dan PLC berfungsi sebagai pengolah data, dan memberikan perintah pada motor sehingga konveyor bergerak sesuai ukuran kertas. Perangkat yang digunakan adalah PLC OMRON, Touchscreen OMRON, Motor AC tiga phase, Rotary encoder, sensor photodiode, serta software yang digunakan cx programer dan GT. Designer 2. Hasil keluaran yang diinginkan adalah sebuah mesin pemotong kertas yang dapat digerakan menggunakan PLC. Kata Kunci : PLC, Encrimental Rotary Encoder, Touchscreen, Inverter.

×