Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Perangkat Keras & Akses Internet (Media Pembelajaran Ms.Power Point BAB V)

Perangkat Keras & Akses Internet (Media Pembelajaran Ms.Power Point BAB V)
SMP Negeri 18 Semarang. Kelas 9A

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

Perangkat Keras & Akses Internet (Media Pembelajaran Ms.Power Point BAB V)

  1. 1. Teknlogi Informasi dan Komunikasi Media pembelajaran M.S power point BAB 5 SMP Negeri 18 Semarang Tahun 2013/2014
  2. 2. PETA KONSEP Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet Cara melakukan koneksi Internet Fasilitas dan aplikasi dalam Internet Perangkat Keras tambahan
  3. 3. MATERI Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet Perangkat keras (Hardware) yang dibuthuhkan untuk mengakses internet dan fungsi nya antara lain: a. Komputer b. Modem c. Saluran Telepon (line telepon), TV kabel, ISDN, handphone
  4. 4. A. KOMPUTER Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi kmputer yang digunakan dalam kneki internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet begitu pula sebaliknya Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut :
  5. 5. I.Processor Merupakan otak dari komputer untuk menjalakan aplikasi-aplikasi dalam komputer.
  6. 6. II.RAM (Random Acces Memory) Berfungsi sebagai media penyimpanan sementara.
  7. 7. III.Harddisk Digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik.
  8. 8. IV.VGA card Merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor .
  9. 9. V. Monitor Merupakan perangkat output.
  10. 10. B. Modem Modem merupakanalat untuk mengubah sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan internet dihubungkan dengan saluran telepon melalui modem
  11. 11. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi 3 jenis antara lain: 1. Modem Dial Up (Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL) Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat trkoneksi internet Modem Internal Modem Eksternal
  12. 12. Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45.
  13. 13. Repeater Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater.
  14. 14. Bridges / Jembatan Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Routers Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.
  15. 15. 4. Satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.
  16. 16. 5. Handphone Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
  17. 17. Macam-Macam Metode Koneksi Internet 1. Koneksi Dial Up Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet. 2. Koneksi dengan Jaringan Leased Line Jaringan internet leased line artinya jaringan yang tersedia untuk mengakses internet selama 24 jam sehari. Hal ini berbeda dengan dial up, di mana akses internet hanya tersedia pada saat kamu melakukan hubungan ke ISP.
  18. 18. 3. Koneksi melalui Jaringan Wireless Koneksi tanpa kabel (wireless connection) merupakan inovasi baru untuk koneksi internet 24 jam. Teknologi wireless mengirimkan data menggunakan gelombang radio dalam spektrum gelombang elektromagnetik. Wireless merupakan solusi bagi para pengguna internet yang mengalami kesulitan mengakses internet dengan menggunakan kabel seperti serat optik, saluran telepon, atau jaringan kabel lainnya. 4. Koneksi melalui Telepon Genggam Koneksi internet melalui telepon genggam merupakan bentuk lain teknologi wireless yang diperuntukkan bagi peralatan bergerak (mobile wireless).
  19. 19. •World Wide Web World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. •Electronic Mail (E-Mail) E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. •Mailing List Mailing list atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melaui e-mail.
  20. 20. •Newsgroup Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. •Internet Relay Chat IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet.
  21. 21. MACAM – MACAM BROWSER 1. Chrome. Aplikasi browser ini adalah buatan Google. Meski masih terbilang baru, browser ini disebut-sebut menjadi salah satu browser tercepat yang bahkan dapat mengalahkan Mozilla Firefox. Chrome dirancang secepat mungkin mulai dari desktop, memuat laman web dengan cepat dan menjalankan aplikasi web yang rumit sekalipun dengan cepat . 2. Mozilla Firefox. Browser ini termasuk aplikasi yang populer karena paling banyak diminati dan dipakai oleh pengguna internet. Mozilla firefox juga menjadi browser default dalam sistem operasi Linux. Salah satu fitur yang mejadi kelebihan Mozilla firefox adalah fitur add-ons yang berisi fitur-fitur penunjang dalam menjelajah dunia internet.
  22. 22. 3. Flock. Browser ini merupakan browser pertama yang berbasis pada Firefox dan memiliki fitur-fitur menarik bagi pengguna jejaring sosial seperti friendster, mySpace, Facebook, Twitter dan sebagainya. Flock sesuai untuk semua sistem operasi dan berjalan dengan kecepatan yang cepat dan efisien. 4. Safari. Browser ini adalah browser default dari sistem operasi macintosh, tetapi Safari juga tersedia untuk sistem operasi windows. Bila tidak terbiasa menggunakan sistem operasi machintos, maka Anda akan mengalami kebingungan dan melakukan kesalahan klik bila menggunakan browser ini.
  23. 23. UJI KOPETENSI 1. 2. 3. Aplikasi Internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah. . . . a. www c. newsgroup b. Milis d. FTP Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektrinik disebut. . . , a. E-mail c. www b. Gopher d. Telnet Perangkat keras tambahan yang dapat membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan adalah. . . . a. Repeaters c. Workstations b. Bridges/jembatan d. File Servers
  24. 24. 4. 5. 6. Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut, kecuali. . . a.Processor c. modem b. RAM d. Monitor Koneksi yang dapat mengirimkan data menggunakan gelombang radio dalam spektrum gelombang elektromagnetik adalah. . . . a. Koneksi Jaringan Wireless c. Koneksi Jaringan Lokal (LAN) b. Koneksi Dial Up d. Koneksi dengan Jaringan Leased Line Kumpulan perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet. . . . a. Modem, internet explorer dan monitor b. Modem, line telepon dan komputer c. Modem, line telepon dan internet explorer d. Opera netscapes dan internet explorer
  25. 25. KUNCI JAWABAN 1.D 2. A 3. B 4. C 5. A 6. B 7. C 8. C 9. A 10. a
  26. 26. THANKS FOR WATCHING Disusun Oleh : 1. Adibatur Rahmawati 2. Astrid Alodia M . 3. Ayu Okta W. 4. Krismonica Dita . IX A (2013/2014) SMP 18 Semarang
  27. 27. YOU WIN GUYS!!!!

    Be the first to comment

    Login to see the comments

  • tavarel

    Nov. 9, 2014
  • syaiedpoeloengan

    Jan. 28, 2015
  • SumarmanMarman

    Nov. 6, 2015

Perangkat Keras & Akses Internet (Media Pembelajaran Ms.Power Point BAB V) SMP Negeri 18 Semarang. Kelas 9A

Views

Total views

27,202

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

17,566

Actions

Downloads

441

Shares

0

Comments

0

Likes

3

×