BAB 4

DASAR JARINGAN KOMPUTER
Disusun Oleh :
AYU
KRISMANITA

M. ASRAF
NOVIYANTO

DIANA RIZKI
HAPSARI

NUR
FATMAWATI
MENU
MATERI

SK DAN KD
UJI KOMPETENSI
KUNCI JAWABAN
Standar kompetensi :
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet dan
Intranet.
Kompetensi dasar :
• Menjelaskan pengertian In...
1.1. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah
kumpulan dua atau lebih komputer
beserta dengan peralatan
pendukungnya yan...
1.2. Sejarah Jaringan Komputer
Pada tahun 1969, ketika Departemen
Pertahanan Amerika, membentuk Defense
Advance Research P...
1.3 Macam-macam Jaringan Komputer
1. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data.
a. Jaringan Terpusat (Host Based Networ...
c. WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan yang mencakup wilayah
geografis luas.`
d. Intranet
Merupakan suatu jaringan ...
3. Berdasarkan Peranan dan Hubungan tiap Komputer
dalam Proses Pertukaran Data

a. Client Server
Merupakan jaringan yang m...
4. Berdasarkan Media Transmisi yang Digunakan
a. Jaringan Berkabel
Setiap komputer hanya dapat berkomunikasi
dengan komput...
1.4 Bentuk Jaringan Komputer/Topologi
Jaringan
Topologi adalah suatu cara menghubungkan perangkat
telekomunikasi yang satu...
c. Topologi RING (Cincin)
Adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang
terhubung membuat lingkaran.
d. Topologi ME...
1.5 Mengenal Internet
Internet (interconnected-networking) adalah jaringan (network)
komputer yang saling terhubung satu ...
Uji Kompetensi
1. Internet adalah singkatan dari...
a. Interconected networking
c. Intermedia networking
b. Internasional ...
Kunci Jawaban
•
•
•
•
•

1. A
2. B
3. B
4. D
5. C
Bab 4
Bab 4
Bab 4
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Bab 4

459 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
459
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
105
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 4

  1. 1. BAB 4 DASAR JARINGAN KOMPUTER
  2. 2. Disusun Oleh : AYU KRISMANITA M. ASRAF NOVIYANTO DIANA RIZKI HAPSARI NUR FATMAWATI
  3. 3. MENU MATERI SK DAN KD UJI KOMPETENSI KUNCI JAWABAN
  4. 4. Standar kompetensi : Memahami dasar-dasar penggunaan Internet dan Intranet. Kompetensi dasar : • Menjelaskan pengertian Internet dan Intranet. • Sistem jaringan Internet dan Intranet.
  5. 5. 1.1. Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer beserta dengan peralatan pendukungnya yang salig terhubung dan memungkinkan terjadinya pertukaran data atau informasi tanpa harus memindahkan media penyimpan secara fisik.
  6. 6. 1.2. Sejarah Jaringan Komputer Pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahanan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) yang bertujuan mengadakan riset mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik yang dikenal dengan nama ARPANET (Advance Research Projects Agency Network). Tahun 1970, lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan satu dengan yang lainnya, saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. .
  7. 7. 1.3 Macam-macam Jaringan Komputer 1. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data. a. Jaringan Terpusat (Host Based Network) b. Jaringan Terdistribusi (Distributed Network) 2. Berdasarkan Jangkauan Wilayah Geografis a. LAN (Local Area Network) Merupakan bentuk jaringan komputer berjangkauan kecil. b. MAN (Metropolitan Area Network) Merupakan jaringan komputer berjangkauan yang merentang di suatu wilayah metropolitan.
  8. 8. c. WAN (Wide Area Network) Merupakan jaringan yang mencakup wilayah geografis luas.` d. Intranet Merupakan suatu jaringan komputer yang terdiri dari jaringan LAN maupun WAN serta internet. e. Internet Merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan komputer di dunia.
  9. 9. 3. Berdasarkan Peranan dan Hubungan tiap Komputer dalam Proses Pertukaran Data a. Client Server Merupakan jaringan yang memisahkan antara komputer client (yang mengajukan permintaan data/informasi atau menjalankan program yang tersimpan di server) dan server (yang menyediakan data/informasi). b. Peer to Peer (P 2 P) Setiap komputer dapat bertindak sebagai klien ataupun server dan mempunyai fungsi yang sepadan. Biasanya digunakan untuk berbagi (sharing) dokumen dan ruang penyimpan (storage) atau sumber daya lain.
  10. 10. 4. Berdasarkan Media Transmisi yang Digunakan a. Jaringan Berkabel Setiap komputer hanya dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang secara fisik terhubung. b. Jaringan Nirkabel Sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan kabel, sehingga dapat diterima oleh siapapun yang mampu menangkapnya.
  11. 11. 1.4 Bentuk Jaringan Komputer/Topologi Jaringan Topologi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Jenis-jenis Topologi : a. Topologi BUS Adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. b. Topologi STAR (Bintang) Adalah topologi yang sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer.
  12. 12. c. Topologi RING (Cincin) Adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. d. Topologi MESH Adalah jaringan yang menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. e. Topologi Jaringan Pohon (Tree) Adalah jaringan yang bertingkat. f. Topologi Jaringan Hybrid Adalah jaringan yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi.
  13. 13. 1.5 Mengenal Internet Internet (interconnected-networking) adalah jaringan (network) komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dengan cakupan wilayah yang sangat luas sehingga dapat saling berkomunikasi. Internet mempunyai 2 peranan penting yaitu: sebagai sumber informasi dan sebagai pertukaran data dan informasi. Sejarah internet bermula ketika beroperasinya jaringan ARPAnet di Amerika Serikat pada tahun 1969 yg digunakan sbg pendukung di bidang militer Departemen Pertahanan Amerika Serikat. NSFnet merupakan jaringan komputer internasional yang dioperasikan oleh lembaga yang bernama National Science Foundation. Jaringan ini menghubungkan ratusan universitas dan lembaga-lembaga penelitian.
  14. 14. Uji Kompetensi 1. Internet adalah singkatan dari... a. Interconected networking c. Intermedia networking b. Internasional networking d. Incomunication networking 2. Internet berasal dari kata net yang berarti... a. Hubungan c. Jalur b. Koneksi d. Sambungan 3. Dibawah ini media yang digunakan untuk menghubungkan internet, kecuali... a. Kanal satelit c. Gelombang inframerah b. Frekuensi radio d. Kabel 4. Berikut adalah jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan kecuali... a. LAN c. MAN b WAN d. Host terminal 5. Jaringan komputer mulai diperkenalkan pada tahun ... a. 1940 c. 1969 b. 1950 d.1970
  15. 15. Kunci Jawaban • • • • • 1. A 2. B 3. B 4. D 5. C

×