Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Silabus Pelatihan "SMART ENTREPRENEURSHIP Jalan Menuju SUKSES WIRAUSAHA"

276 views

Published on

Contact: (Pemateri: Kanaidi, SE., M.Si., cSAP)
e-mail : kanaidi963@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com
HP. +62 812 2353 284, +62 878 2298 4716 Telp/Fax : +62 22-4267749
WA. : 0812 2353 284 Pin BB : 79D6107F
Facebook : kanaidi.kenpartii

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Silabus Pelatihan "SMART ENTREPRENEURSHIP Jalan Menuju SUKSES WIRAUSAHA"

  1. 1. Silabus Pelatihan : SMART ENTREPRENEUR Deskripsi (Durasi 3 hari) Dahulu kewirausahaan dipersepsikan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan. Sekarang ini paradigma tersebut telah bergeser. Kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin keilmuan yang mempelajari tentang nilai-nilai (values), kemampuan (ability) dan perilaku (behavior) seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Kewirausahaan dalam kenyataannya dapat dipelajari dan diajarkan, sehingga setiap individu memiliki peluang untuk tampil sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur). Bahkan untuk menjadi wirausahawan sukses, memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan berbagai aspek usaha yang akan ditekuni. Tugas dari wirausaha sangat banyak, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan modal, dll. Melalui pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk membangun rasa percaya diri yang kuat, berpikir dengan berorientasi pada tugas, hasil dan masa depan, memunculkan keberanian mengambil resiko, mendidik kematangan dan kepemimpinann dalam usaha, serta menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk atau jasa baru atau yang terkesan baru. Bagi para karyawan, di samping manfaat di atas, pelatihan ini juga akan membantu peserta mengembangkan jiwa intrapreneur yang diyakini dapat meningkatkan karir di dalam perusahaan dan perolehan side income, maupun persiapan usaha menjelang pensiun. Tujuan Pelatihan Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman kepada peserta untuk memahami konsep kewirausahaan, konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha, membangun rasa percaya diri yang kuat, strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru, mampu membedakan peran wirausaha dan manajer, meningkatkan kemampuan analisis kelayakan dan resiko usaha, kiat memajukan usaha yang sudah ada, memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha, pentingnya etika kewirausahaan, pentingnya jiwa kreatif dan inovatif, serta cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar. Sasaran Peserta  Khalayak yang ingin memulai usaha, mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaan, serta yang ingin meningkatkan kesuksesan usaha.  Karyawan/staff serta personil lainnya dalam perusahaan yang ingin mempersiapkan mental dan kemampuan kewirausahaan.
  2. 2. Materi Pelatihan Hari I  Konsep kewirausahaan - Pengertian kewirausahaan - Ciri – ciri jiwa wirausaha - Sumber kewirausahaan - Manfaat dari wirausaha - Kompetensi wirausaha  Konsep membangun jiwa dan motivasi berwirausaha, - Berbagai macam kepribadian entrepreneur - Pentingnya komitmen pribadi - Teknik membangun kepribadian entrepreneur - Proses berkelanjutan mental kewirausahaan.  Membangun rasa percaya diri dalam kewirausahaan. Hari II  Perbedaan Wirausaha dan Manajer.  Strategi memilih usaha dan cara membangun usaha baru, - Memulai usaha baru, - Meneruskan usaha keluarga yang sudah ada, - Menjalankan usaha Frenchising, - Akuisisi usaha.  Analisis kelayakan dan resiko usaha.  Kiat memajukan usaha yang sudah ada, - Mempertahankan kehidupan usaha  Faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Hari III  Memahami peluang dan tantangan dalam wirausaha.  Memahami pentingnya etika kewirausahaan, - Sistem nilai yang diyakini entrepreneur, - Norma, sopan santun, dan adat istiadat dalam usaha.  Memahami pentingnya jiwa kreatif dan inovatif,  Memahami cara memanfaatkan peluang dari sumberdaya sekitar.  Simulasi dan Role play. Biaya Pelatihan Pelatihan untuk umum (Public Training), biaya Rp.4.950.000.- per peserta, sudah meliputi training kit (makalah, tas, alat tulis), snack, lunch serta sertifikat. Tidak termasuk akomodasi dan transpot peserta. Catatan: untuk Inhouse Training dengan jumlah peserta tertentu (minimal 15 orang), biaya akan disampaikan dengan Surat Penawaran tersendiri.
  3. 3. INFORMASI Lengkap/ hubungi : Kanaidi, SE., M.Si., cSAP e-mail : kanaidi963@gmail.com atau kanaidi@yahoo.com HP. +62 812 2353 284, +62 878 2298 4716 Telp/Fax : +62 22-4267749 WA. : 0812 2353 284 Pin BB : 79D6107F Facebook : kanaidi.kenpartii --------------------------------------- http://ken-ktn1.blogspot.co.id/2016/10/smart-entrepreneur-menuju-kesuksesan.html

×