Metode pencarian dan pelacakan

2,068 views

Published on

Published in: Technology, Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • bang saya bagi modul yg ini dong kira-kira saya bisa download dimna yaa
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,068
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
201
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Metode pencarian dan pelacakan

  1. 1. Ali NardiDepth-firstHill-climbingSome path Breadth-firstBeamBest-firstBritish museumSEARCH Optimal path Branch and boundDynamic ProgrammingA*MinimaxAlpha-beta pruningGames Progressive deepeningHeuristic PruningHeuristik continuationMetode Pencarian dan PelacakanA. Teknik PelacakanPelacakan adalah teknik untuk pencarian :sesuatu”. Didalam pencarian ada dua kemungkinanhasil yang didapat yaitu menemukan dan tidak menemukan. Sehingga pencarian merupakan teknik yangpenting dalam AI. Hal penting dalam menentukan keberhasilan sistem berdasar kecerdasan adalahkesuksesan dalam pencarian dan pencocokan.Keberhasilan dan kualitas pencarian diukur adari empat cara yaitu:1. KelengkapanApakah algoritma pencarian menjamin untuk mendapatkan sebuah penyelesaian jikaada penyelesaian ?2. OptimalApakah algoritma pencarian akan mendapatkan penyeleaian optimal (Misal:penyelesaian dengan biaya lintasan minimum)3. Kekompleksan waktuBerapa lama waktu yang digunakan untuk menyelesaian permasalahan ?4. Kekompleksan RuangBerapa banyak memori yang dibutuhkan untuk melakukan pencarianAda beberapa teknik pelacakan:
  2. 2. Ali NardiB. Pencarian Buta Melebar Pertama (Breadth First Search)Pada metode ini semua node pada level n akan dikunjungi terlebih dahulu sebelum mengunjungi node-node pada level n+1. Pencarian dimulai dari node akar terus ke level ke-1 dari kiri ke kanan, kemudianberpindah ke level berikutnya demikian pula dari kiri ke kanan hingga ditemukan solusi. ( lihat gambar)Algoritma Breadth First:1. Buat suatu variable Node_list dan tetapkan sebagai keadaan awal.2. Kerjakan langkag-langkah berikut ini sampai tujuan tercapai atau Node_lIst dalam keadaankosong:a. Hapus elemen pertama dari Node_list, sebut dengan nama E. Jika Node_list kosong, makaKeluar.b. Pada setiap langkah yang aturannya cocok dengan E, kerjakan:- Aplikasikan aturan tersebut untuk membentuk sustu keadaan baru.- Jika keadaan awal adalah tujuan yang diharapkan, sukses, dan keluar- Jika tidak demikian, tambahkan keadaan awal yang baru tersebut pada akhir Node_listKeuntungan:1. Tidak akan menemui jalan buntu.2. Jika ada satu solusi, maka breadth first search akan menemukan. Jika ada lebih dari satusolusi, maka solusi minimum akan ditemukan.Kelemahan:1. Membutuhkan memori yang besar, karena menyimpan semua node dalam satu pohon.2. Membutuhkan waktu yang lama, karena akan menguji n level untuk mendapatkan solusipada level yang ke- (n+1).Analisis Ruang dan Waktu1. Diasumsikan: Ada satu solusi (I tujuan ditemukan) pada pohon. Pohon pelacakan memilikicabang yang selalu sama, yaitu sebanyak b. Tujuan dicapai pada level ke-d. Tujuan dicapai padapertengahan pohon ( kondisi rata-rata)
  3. 3. Ali Nardi2. Analisis Ruang- Antrian pertama memiliki 1 keadaan.- Setelah mencapai langkah pertama, antrian akan berisi b keadaan.- Pemrosesan setiap b keadaan pada level ke-0 akan menambahkan b keadaan lagi padaantrian.- Sehingga setelah dilakukan pemrosesan semua keadaan pada level ke-d, maka antrianakan menyimpan keadaan sebanyak b d −1 .- Karena diasumsikan bahwa tujuan terletak di tengah, maka antrian akan menyimpan bd −1 /2 keadaan (Lihat Gambar)c. 3. Analisis WaktuUkuran waktu diambil dari banyaknya keadaan yang dikunjungi. Jika tujuan diasumsikan bahwasetiap node membutuhkan waktu yang sama dalam pemrosesan maka:Waktu = waktu untuk memproses node-node di level 1 +Waktu untuk memproses node-node di level 2 +…+Waktu untuk memproses node-node di level ke-(d-1) +Waktu untuk memproses node-node di level ke-(d)/2= 1 + b + b 2 + b 3 +…….+ b d −1 + b d /2= 0 (b d )C. Pencarian Mendalam Pertama ( Depth First Search)Pada Depth First Search, Proses pencarian akan dilakukan pada semua anak sebelum dilakukanpencarian ke node-node yang selevel. Pencarian dimulai dari dari node akarke level yang lebihtinggi. Proses ini diulangi terus hingga ditemukan solusi.• termasuk teknik pelacakan sistematis• ruang keadaan direpresentasikan dg. diagram pohon mapun grafik• asumsi one path is as good as any other• ambil salah satu cabang ( left-to-right order)
  4. 4. Ali Nardi• simpul-simpul paling dalam diperiksa lebih dahulu• lebih efektif digunakan jika simpul sasaran (Goal) terletak pada lokasi yanglebih dalam. KeuntunganMembutuhkan memori yang relative kecil, karena hanya node-node pada lintasan yangaktif saja yang disimpan. Secara kebetulan, metode ini akan menemukan solusi tanpa harusmenguji lebih banyak lagi yang lain. Kelemahan:Memungkinkan tidak ditemukannya tujuan yang diharapkan. Hanya akan mendapatkan 1solusi pada setiap pencarian Analisis Ruang dan Waktu1. Analisis RuangSetelah berjalan 1 langkah, stack akan berisi b node.Setelah berjalan 2 langkah, stack akan berisi (b-1)+b nodeSetelah berjalan 3 langkah, stack akan berisi (b-1)+(b-1)+b nodeSetelah berjalan d langkah, stack akan berisi (b-1)x d+1, mencapai maksimum2. Analisis WaktuPada kasus terbaik, depth-first-search akan mencapai tujuan pada kedalaman dpertama, sehingga dibutuhkan pencarian sebanyak d+1 node. Pada kasus terburuk ,depth-first-search akan mencapai tujuan pada kedalaman d pada node terakhir,sehingga dibutuhkan pencarian sebanyak : 1+b+b 2 +b 3 +….+bd = (bd 1 -1)/(b-1)

×