Uploaded on

Bahan Sidang Kerja Praktek gw untuk tanggal 10 januari 2012

Bahan Sidang Kerja Praktek gw untuk tanggal 10 januari 2012

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
734
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
11
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN SUMBERDAYA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN openERP DI YAYASAN AIR PUTIH
  • 2. PendahuluanLatar Belakang “ ... Saat ini komputer telah dimanfaatkan secara luas untuk mengaturaktifitas, khususnya di dalam perusahaan dengan melalui aplikasi dan dibantudengan sistem yang terintegrasi. Sebagai aplikasi yang mempermudah untukmelakukan perencanaan dalam pengolahan sumber daya pada sebuahperusahaan maka dibuatlah sebuah sistem yang disebut ERP (EnterpriseResource Planning) ... “ “ ... Sistem ERP ini dibuat agar dapat semua kegiatan disemuadivisi bisa dimonitor oleh kepala koordinator di setiap divisi kerjapada sebuah perusahaaan khususnya Yayasan Air Putih sehinggasetiap kegiatan setiap divisi terencana dengan baik dengan tujuanmenjadikan lebih efektif dan efisien ... “
  • 3. Batasan MasalahPada laporan ini penulis membatasi ruang lingkup masalah padainstallasi dan konfigurasi openERP dengan menggunakan Linux FedoraCore 14 sebagai Operating Sistem yang open source.Tujuan Kerja PraktekTujuan dalam pelaksaan kerja praktek pada Yayaysan Air Putih dapatmenerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama menjalanikuliah dan bisa mengenal lingkungan kerja secara langsung diperusahaan atau instansi yang berkaitan dengan kebutuhan penggunaankomputer.Manfaat Kerja PraktekSecara Langsung mendapat pengetahuan dan pengalaman di lapanganbukan hanya teori sajaMenjalin interaksi yang baik terhadap pihak luar dalam dunia kerja,Dalam hal ini lingkup tempat melaksanakan kerja praktik.
  • 4. Metodologi Kerja Praktik
  • 5. Pembahasan● Operating System MenggunakanBlankOn 7 Pattimura● Installasi PostgreSQL● Installasi openERP - Server● Installasi openERP – Client● Installasi Modul openERP
  • 6. DEMO
  • 7. Kesimpulan Sistem integrasi dengan menggunaan openERP ini sangatlah berguna untukditerapkan pada perusahaaan mikro maupun makro, dimana openERP ini ialahalternatif murah dibanding dengan SAP dan sistem ERP lain yang berbayar. Laludengan openERP ini pengolahan sumber daya jadi lebih teratur dan terpusat, jaditidak terlalu merepotkan seperti mengentry data pada database secara manual,dimana kita harus masuk ke tabel tabel masing masing untuk memasukkan datainputan, dengan openERP ini yang melakukan data entri ke table ialah aplikasiopenERP itu sendiri. Jadi pengguna awam lebih mudah untuk mengentry data.
  • 8. Saran Dari hasil kerja praktek yang telah dilaksanakan oleh penulis, terdapathal yang ingin disarankan : “ ... bila ingin diterapkan pada perusahaan anda, anda harus mengerti kebutuhan perusahaan anda saat menginstall modul openERP karena untuk menghindari penginstallan modul yang tidak diperlukan, karena kerja modul tersebut memakan memory sehingga kerja openERP kurang begitu efisien ... ”
  • 9. Terima Kasih