• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Mbak
 

Mbak

on

  • 460 views

 

Statistics

Views

Total Views
460
Views on SlideShare
357
Embed Views
103

Actions

Likes
0
Downloads
6
Comments
0

3 Embeds 103

http://hamamsolecha.blogspot.com 100
http://hamamsolecha.blogspot.pt 2
http://hamamsolecha.blogspot.com.br 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Mbak Mbak Presentation Transcript

    • A. LAPORAN PENGADAAN BAHAN PUSTAKAKegiatan yang dilakukan pada bidang pengadaan ini adalahpemilihan/seleksi koleksi maupun pembelian/pengadaan bahanpustaka.1. Kegiatan pemilihan/seleksi bahan pustakaSeleksi adalah proses mengidentifikasi bahan pustaka yang akanditambahkan pada koleksi perpustakaan. Menurut Yulia, orangyang berhak melakukan seleksi bahan pustaka adalah: a. Pustakawan b. Spesialis subjek c. Toko buku d. Komisi perpustakaan e. Anggota lain2. Pengadaan bahan pustaka Pengadaan bahan pustaka dapat dilakukan melalui pembelian,hadiah dan tukar menukar.
    • B. LAPORAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKASetelah semua bahan pustaka diterima oleh perpustakaanmaka bidang pengolahan bahan pustaka mulai bekeerja.Pertama kali yang haris dikerjakan adalahmenginventarisasi bahan pustaka. Selanjutnya, membuatdeskripsi bibliografi dari bahan pustaka, memberikannomor kelas berdasarkan klasifikasi DDC, lalumemberikan subjek bahan pustaka.Hasil dari bahian pengolahan ini adalah kartu kataloguntuk yang masih manual atau tampilan katalog bagiyang sudah terkomputerisasi.
    • C. LAPORAN PELAYANAN BAHAN PUSTAKALayanan perpustakaan ini merupakan akhir rangkaian kegiatanyang ada di suatu perpustakaan.Kegiatan layanan perpustakaan perlu memperhatikan asas layanansebagai berikut.1. Berorientasi pada kebutuhan dan kepentingan pemakai.2. Layanan diberikan atas dasar keseragaman,keadilan,merata dan memandang pemakai perpustakaan.3. Layanan perpustakaan dmilandasi dengan tata aturan yang jelas dengan tujuan untuk mengoptimalkan fungsi layanan.4. Layanan dilaksanakan dengan mempertimbangkan faktor kecepatan, dan kemudahan.
    • Dari layanan tersebut, timbullah berbagai jenislayanan perpustakaan, antara lain : 1) Layanansirkulasi; 2) Layanan ruang baca; 3) layananrujukan; 4) penelusuran literatur ; 5) layananbercerita; 6) layanan jasa informasi ; 7)layanan jasadikumentasi; 8) layanan pandang dengar; 9)layanan terjemahan; 10) layanan jasa silang layan.
    • D. LAPORAN BIDANG ADMINISTRASIBukan hanya kegiatan rutin seperti pengadaan, pengilahandan pelayanan, beserta hasilnya saja yang perlu dilaporakanke atasan, melainkan bidang administrasi, seperti sumberdaya manusia, hasil kegiatan yang telah dicapai maupunkondisi keuangan juga harus dilaporkan.
    • A. PENGERTIAN DAN FUNGSI PENILAIAN LAPORANPenilaian adalah kegiatan yang d ilakukan tenagapengajar/guru/instruktur untuk menilai keberhasilankegiatan belajar yang dilaksanakan siswa baik secaraformal maupun informasl, dengan alat pengukuran yangsudah ditentukan.Fungsi penilaian laporan, antara lain dapat dijadikansebagai berikut.1. Alat pertanggungjawaban2. Alat pemantauan3. Bahan umpan balik
    • B. KRITERIA PENILAIAN LAPORANDalam rangka menilai suatu laporan maka diperlukan beberapakriteria penilaian, yaitu sebagai berikut.1. Ketepatan waktu2. Ketepatan materi3. Ketepatan formatDalam rangka menilai format laporan, perlu diperhatikan hal-halsebagai berikut.a) Ketaatan pada kerangka laporan yang sudah ditentukan.b) Pembagian bab-bab dan anak-anak bab yang logis dan sistematis.c) Keterkaitan antara judul dan isi laporan.d) Kerapian pengetikan dan perwajahan laporan.e) Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar.4. Ketepatan isi LaporanCiri utama sebuah laporan terletak pada onjektivitasnya. Hanyalaporan yang onjektif yang dapat dipercaya dan sekaligus dapatdijadikan bahan untuk menetukan tindak lanjut kegiatan.
    • Objektivitas laporan dapat ditandai melalui berbagau ciri, misalnya:a. Kelengkapan fakta dan data;b. Uraian yang disertai data lengkap dan seimbang;c. Penarikan kesimpulan yang logis.C. JENIS DAN SISTEMATIKA PENILAIAN LAPORANAda 3 jenis penilaian laporan, yaitu penilaian secara deskriptif,kuantitatif, dan kualitatif.1. Pemilaian secara deskriptif adalah penilaian yang mencocokkan materi,organisasi, dan bentuk laporan dengan ketentuan yang telah disiapkan terlebih dahulu dalam perencanaan laporan.2. Penilaian secara kuantitatif mengukur isi laporan melalui instrumen untuk memperoleh hasil yang objektif.3. Penilaian secara kualitatif berusaha memberi penilaian untuk menentukan mutu atas laporan tersebut.
    • Pada saat melakukan penilaian laporan, sistematika yangperlu diperhatikan adalah sebagai berikut.1. Judul laporan2. Unit pembuat laporan3. Dasar penilaian atau kriteria penilaian mencakup hal- hal sebagai berikut. a. Kesesuaian dengan tujuan dan kerangka laporan. b. Kelengkapan data pengunjung c. Kelengkapan sumber laporan d. Kesesuaian antara data dan masalah e. Keterkaitan antarbagian dalam laporan f. Kejelasan dalam merumuskan masalah g. Ketertiban dalam menggunakan dan menuliskan kata.
    • 4. Waktu penyerahan5. Hasil penilaianD. PROSEDUR DAN MEKANISME PELAPORANSebelum melakukan penilaian terhadap laporan, terlebih duludisusun pedoman dan instrumen penilaian yang tertuang dalamsuatu format. Penyusunan pedoman penilaian dilakukan oleh stafpenilai yang dibentuk oleh pimpinan.Instrumen penilaian memiliki beberapa persyaratan sebagaiberikut.1. Instrumen harus dapat mengukur kebenaran dan ketepatan data.2. Instrumen hasil valid.3. Instrumen dapat dipercaya dan diandalkan.4. Instrumen harus objektif.5. Instrumen harus mampu menjaring keadaan yang sebenarnya.
    • Agar dapat menerapkan instrumen dengan baik maka perludibuatkan pedoman atau petunjuk yang mencakup:1. Cara-cara pemakaian instrumen.2. Cara-cara mengukur tingkat keberhasilan suatu laporan.3. Cara-cara menilai mutu suatu laporan.Dengan adanya instrumen dan pedoman yang telah disiapkan untukpenilaian laporan maka pimpinan organisasi yang ditunjuk dapatmelaksanakan penilaian atas laporan yang tersedia.