Sosiologi

557 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
557
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
17
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sosiologi

  1. 1. 4) a. Sebutkan dampak positif dari konflik sosial ! b. Sebutkan dampak negatif dari konflik sosial !
  2. 2. Penjelas Penyesuai Dampak Positif Peningkat Solidaritas Pengurang Ketergantungan KONFLIK Dst Harfiah Keretakan Para Ahli Segi Positif & Negatif Dampak Negatif Kerusakan Dst Kesimpulan
  3. 3.  Pengertian Konflik Secara Harfiah Konflik berasal dari bahasa latin configere yang artinya saling memukul. 2. Menurut Para Ahli a. Soerjono Soekanto Konflik adalah suatu proses sosial individu atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menantang pihak lawan, yang disertai dengan ancaman atau kekerasan. 1.
  4. 4. b. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin Konflik adalah bagian dari sebuah proses interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaanperbedaan fisik, emosi, kebudayaan dan perilaku. 3. Pengertian konflik dari segi positif dan negatif - Segi Positif Konflik adalah persaingan sehat, dimana pihakpihak yang bersaing secara sadar bersikap sprotif untuk mencapai suatu tujuan. - Segi Negatif Konflik adalah emosi tanpa kontrol, demonstrasi, kekerasan, penghancuran,hura-hura dan pemogokan. 4. Kesimpulan Konflik adalah bagian dari sebuah proses interaksi sosial manusia untuk mencapai tujuan atau harapannya.
  5. 5.  Dampak Positif Konflik Sosial Konflik dapat memperjelas aspekaspek kehidupan yang belum jelas atau masih belum tuntas ditelaah. 2. Konflik dapat memungkinkan adanya penyesuaian kembali norma-norma, nilai-nilai dan hubungan-hubungan sosial dalam kelompok yang bersangkutan dengan kebutuhan individu atau kelompok. 3. Konflik meningkatkan solidaritas 1.
  6. 6. TERIMA KASIH

×